Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas Iii (3) Kurikulum 2013

Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013. Buku sekolah elektronik atau buku sekolah digital ini merupakan buku pegangan guru mata pelajaran dan pegangan siswa sebagai salah satu sumber media pembelajaran pada Kurikulum 2013 SD.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas III  Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013
Buku Guru SD Kelas III (3) Kurikulum 2013

 Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas III  Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013
Buku Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar dalam Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013:

Tentang Buku Panduan Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator dari aneka macam mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik evaluasi siswa.
  6. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk menyebarkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui kegiatan yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, ibarat membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya semoga siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi kiprah yang sanggup menyebarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru?
Buku Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai contoh kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memperlihatkan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar dan sebagainya. Demikian juga pada ketika menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
  7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
  8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga sanggup melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  9. Kembangkanlah keterampilan berikut ini: a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  10. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  11. Pada semester I terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema dan Kegiatan Berbasis Proyek. Setiap subtema maupun kegiatan berbasis proyek diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  12. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
  13. Pada selesai subtema buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumber-sumber yang lain.
  14. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti evaluasi sanggup berfungsi sebagai portofolio siswa.
  15. Buatlah catatan refleksi sesudah satu subtema selesai, sebagai materi untuk melaksanakan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor-faktor yang menimbulkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  16. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman wacana kecerdasan majemuk, gaya berguru siswa serta bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan berguru siswa, sangat dibutuhkan.
  17. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan janji guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap selesai pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang renta dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi informasi wacana kegiatan berguru yang sanggup dilakukan siswa bersama orang renta di rumah. Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam kegiatan berguru siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang renta sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang renta dan siswa di rumah.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
  1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
  3. Buku siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci wacana isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa menyebarkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif- alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam buku panduan guru, atau menyebarkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Buku Kelas III terdiri dari delapan tema. Setiap tema terdiri dari tiga subtema dan satu kegiatan berbasis proyek. Tiap subtema dan kegiatan berbasis proyek diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci wacana kegiatan pembelajaran dituangkan pada buku panduan guru.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman berguru yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdasarkan pendekatan saintifik sebagai berikut: • Mengamati: Ayo amati, Ayo membaca, Ayo mendengarkan, Ayo menyimak. • Menanya: Ayo cari tahu. • Mencoba: Ayo lakukan, Ayo berlatih, Ayo berkreasi, Ayo berkarya, Ayo bernyanyi, Ayo bermain peran, Ayo peragakan. • Menalar: Ayo berdiskusi, Ayo pikirkan, Ayo renungkan, Ayo simpulkan, Ayo cari tahu. • Mengomunikasikan : Ayo ceritakan, Ayo presentasikan, Ayo sajikan.
  7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) semoga sanggup dipakai oleh siswa secara berdikari di rumah.
  8. Buku siswa berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari aneka macam sumber.
  9. Di setiap selesai pembelajaran, terdapat kolom untuk orang renta dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi kegiatan berguru yang sanggup dilakukan siswa bersama orang renta di rumah. Orang renta diharapkan terlibat aktif dalam proses berguru siswa sesuai dengan pengalaman yang dimilikinya.
  10. Pada setiap selesai subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
  11. Lembar latihan merupakan pecahan selesai subtema yang sanggup dipakai untuk melatih daya pikir siswa. Guru sanggup menyebarkan materi latihan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Download Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013

Selengkapnya mengenai Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh file melalui link di bawah ini:

Download File:

Buku Guru:

Buku Siswa:

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa SD Kelas III (3) Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas Iii (3) Kurikulum 2013"