Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine Dan Unit Alat Berat

Berikut ini yakni berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Semester 5. Download file format PDF.

 Berikut ini yakni berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum  Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat
Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine Dan Unit Alat Berat

Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Semester 5:

Pendahuluan
Kurikulum 2013 yakni kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai akseptor didik serta rumusan proses pembelajaran dan evaluasi yang diharapkan oleh akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan.

Faktor pendukung terhadap keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013 yakni ketersediaan Buku Siswa dan Buku Guru, sebagai materi didik dan sumber mencar ilmu yang ditulis dengan mengacu pada Kurikulum 2013. Buku Siswa ini dirancang dengan memakai proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang telah dirumuskan dan diukur dengan proses evaluasi yang sesuai.

Sejalan dengan itu, kompetensi keterampilan yang diharapkan dari seorang lulusan Sekolah Menengah kejuruan yakni kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abnormal dan konkret. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis inovasi (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk kiprah (project based learning), dan penyelesaian persoalan (problem solving based learning) yang meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Khusus untuk Sekolah Menengah kejuruan ditambah dengan kemampuan mencipta.

Sebagaimana lazimnya buku teks pembelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Buku ini memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan akseptor didik. Buku ini mengarahkan hal-hal yang harus dilakukan akseptor didik bersama guru dan sobat sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.

Buku ini merupakan klasifikasi hal-hal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan kurikulum 2013, akseptor didik diajak berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Buku ini merupakan edisi ke-1.

Deskripsi
Modul ini menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dari dasar-dasar diesel engine. Penjelasan dari modul ini memudahkan para siswa untuk bisa mengidentifikasi dan menjelaskan tujuan dan fungsi dari komponen mesin diesel, menjelaskan prinsip dasar pengoperasian dari suatu mesin diesel, mengidentifikasi dan menjelaskan fungsi utama dari komponen di sistem pemasukkan udara dan pengeluaran gas buang, sistem pendingin dan sistem materi bakar pada engine diesel.

Prasyarat
Module berikut ini merupakan prasyarat yang harus diikuti sebelum pelaksanaan dari modul ini:
  1. Occupational Health & Safety
  2. Perlengkapan kawasan kerja
  3. Prinsip mekanikal

Petunjuk Penggunaan Modul
Pada Pembelajaran Klasikal, Guru akan:
  1. Menyediakan modul yang sanggup dipakai siswa pembinaan sebagai sumber pelatihan;
  2. Menyediakan lembaran kegiatan kepada setiap siswa;
  3. Menggunakan modul sebagai sumber utama dalam penyelenggaraan pembelajaran;
  4. Memastikan setiap siswa menunjukkan jawaban/tanggapan pada lembar kegiatan (LK) yang ada pada materi dan benar 100%;
  5. Melaporkan hasil tanggapan dan tanggapan kegiatan kepada guru;
  6. Setelah materi teori simpulan gres melakukan praktik;
  7. Menuliskan hasil kiprah praktiknya; dan
  8. Menyelesaikan evaluasi praktik (Uji Kompetensi)

Pada Pembelajarn Individual/Mandiri, Siswa akan:
  1. Menggunakan buku ini sebagai sumber utama pelatihan;
  2. Menyelesaikan setiap kegiatan lembar kegiatan (LK) yang ada pada buku;
  3. Memberikan tanggapan pada lembar kegiatan (LK) dan benar 100%, gres melanjutkan ke materi berikutnya;
  4. Mengisi hasil kiprah praktik;
  5. Melaporkan hasil materi teori dan materi praktik;
  6. Mengikuti evaluasi yang diberikan. 

Tujuan Akhir
Setelah menuntaskan materi mencar ilmu yang ada pada buku ini siswa dapat; Menjelaskan proses perawatan sistem engine, turbocharger, sistem materi bakar disel, investigasi grup kepala silinder, dan grup blok silinder.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Semester 5

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Semester 5 ini silahkan lihat preview dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Semester 5



    Download File:
    Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan -Perawatan Engine dan Unit Alat Berat XI-5.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Semester 5. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perawatan Engine Dan Unit Alat Berat"