Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mencar Ilmu Matematika & Trik Mencar Ilmu Matematika Dengan Cepat

Bagaimana cara berguru matematika yang benar Cara Cepat Belajar Matematika & Trik Belajar Matematika Dengan Cepat
Trik Belajar Matematika
“Bagaimana cara berguru matematika yang benar?”
“Belajar matematika yaitu berguru hidup. Matematika yaitu jalan hidup.”
Trachtenberg mempertaruhkan jiwanya menentang Hitler. Trachtenberg, sesudah menyelami prinsip-prinsip matematika, menyimpulkan bahwa prinsip kehidupan yaitu keharmonisan. Peperangan yang terus berkobar, menyulut kebencian tidak sesuai dengan prinsip-prinsip matematika. Matematika yaitu keindahan.
Atas penentangannya ini, Hitler menghadiahi Trachtenberg eksekusi penjara. Bagi Trachtenberg, perjara bukan apa-apa. Di dalam penjara, beliau justru mempunyai kesempatan memikirkan matematika tanpa banyak gangguan. Karena sulit mendapat alat tulis-menulis, Trachtenberg membuatkan pendekatan matematika yang berbasis mental-imajinasi.

Seribu tahun sebelum itu, AlKhawaritzmi membuatkan disiplin matematika baru: aljabar. AlKharitzmi beruntung hidup dalam lingkungan agama Islam yang kuat. Ajaran Islam, secara inheren, menuntut keterampilan matematika tingkat tinggi. Misalnya, Islam menetapkan hukum pembagian waris yang detil. Pembagian waris sistem Islam melibatkan banyak variabel matematis. Variabel-variabel yang bermacam-macam ini menantang penganut Islam – termasuk AlKhawaritzmi – untuk mencari pemecahan yang elegan.

Pemecahan terhadap sistem persamaan yang melibatkan banyak variabel ini membawa ke arah disiplin gres matematika: aljabar. AlKhawaritzmi menulis buku khusus perihal aljabar yang sangat fenomenal. Buku yang berjudul Aljabar ini menjadi panutan bagi matematikawan seluruh dunia. Sehingga nama AlKhawaritzmi menjadi dikenal sebagai Aljabar AlKhawaritzmi (Algebra Algorithm).
Sistem kalender Islam yang berbasis pada komariah (bulan, lunar) memperlihatkan tantangan tersendiri. Penetapan awal bulan menjadi krusial di dalam Islam. Berbeda dengan kalender syamsiah (matahari, solar). Dalam kalender syamsiah, kita tidak begitu sensitif apa berbedaan tanggal 1 Juni dengan 2 Juni. Tetapi pada sistem komariah, perbedaan 1 Ramadhan denga 2 Ramadhan berdampak besar.
Itulah sebabnya, astronomi Islam sanggup maju lebih awal. Astronomi memicu lebih berkembangnya teori trigonometri. Aturan sinus, cosinus, dan kawan-kawan berkembang pesat di tangan para astronom Islam waktu itu.

Ajaran agama Islam yaitu jalan hidup. Untuk sanggup melakukan pemikiran Islam dibutuhkan matematika. Matematika menjadi jalan hidup.
Sehebat itukah tugas matematika?
Haruskah kita mengambil matematika sebagai jalan hidup?
Tidak selalu! Tidak semua orang perlu mengambil matematika sebagai jalan hidup. Tidak harus semua orang menjiplak AlKhawaritzmi dan Trachtenberg.

Beberapa orang berguru matematika hanya untuk kesenangan. Beberapa orang yang lain berguru lantaran kewajiban. Ada pula yang berguru matematika semoga naik jabatan. Ada juga semoga lulus UN, SPMB, UMPTN. Ada juga untuk menjadi juara.
Masing-masing tujuan, berimplikasi kepada cara berguru matematika yang berbeda. Misalnya jika Anda berguru matematika untuk kepentingan lulus UN, SPMB, UMPTN 2008 akan berbeda dengan berguru untuk memenangkan olimpiade matematika.

Matematika UN, SPMB, UMPTN 2008 hanya menerapkan soal pilihan ganda. Implikasinya Anda hanya dinilai dari tanggapan final Anda. Proses Anda menemukan tanggapan itu tidak penting. Makara Anda harus menentukan siasat yang cepat dan tepat.

Gunakan aneka macam macam rumus cepat dalam matematika. Rumus cepat ampuh Anda gunakan untuk UN, SPMB, UMPTN. Tetapi rumus cepat matematika tidak akan mempunyai kegunaan untuk olimpiade atau kuliah kalkulus kelak di perguruan tinggi tinggi. Anda harus sadar itu.

Contoh rumus cepat matematika yang sering (hampir selalu) mempunyai kegunaan saat UN, SPMB, UMPTN yaitu rumus perihal deret aritmetika.
Contoh soal:
Jumlah n suku pertama dari suatu deret yaitu Sn = 3n^2 + n. Maka suku ke-11 dari deret tersebut adalah…
Tentu ada banyak cara untuk menuntaskan soal ini.

Cara pertama, tentukan dulu rumus Un kemudian hitung U11. Cara ini cukup panjang. Tetapi anggun Anda coba untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konsep deret. Rumus Un sanggup kita peroleh dari selisih Sn – S(n-1) .
Cara kedua, sedikit lebih pintar dari cara pertama. Kita tidak perlu menentukan rumus Un. Karena kita memang tidak ditanya rumus tersebut. Kita pribadi menghitung U11 dengan cara menghitung selisih
S11 – S10 = U11
[3(11^2) + 11] – [3(10^2) + 10]
= 3.121 – 3.100 + 11 – 10
= 3.21 + 1
= 64


Cara ketiga, yaitu rumus matematika paling cepat dari kedua rumus di atas. Tetapi sebelum menerapkan cara ketiga, kita harus memahami konsepnya terlebih dahulu dengan baik.
Are you ready?
Bentuk baku dari n suku pertama deret aritmetika adalah
Sn = (b/2)n^2 + k.n
Un = b(n-1) + a
a = S1 = U1


Anda harus pahami konsep di atas dengan baik. Cobalah untuk beberapa soal yang berbeda-beda. Tanpa pemahaman konsep yang baik, rumus cepat ini akan bermetamorfosis rumus berat.
Dengan hanya melihat soal (tanpa menghitung di kertas) bahwa
Sn = 3n^2 + n
Kita peroleh
b = 6 (dari 3 x 2)
a = 4 (dari S1 = 3 + 1)
U11 = 6.10 + 4 = 64 (Selesai)

Semua perhitungan di atas sanggup kita lakukan tanpa memakai alat tulis. Semua kita lakukan hanya dalam imajinasi kita. Ulangi beberapa kali. Anda niscaya akan menguasainya dengan baik.
Trik untuk menguasai rumus cepat matematika yaitu kuasai pula rumus standarnya – rumus biasanya. Dengan menguasai dua cara ini Anda akan semakin terampil memakai rumus cepat matematika.

Sumber: teknosgenius

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Mencar Ilmu Matematika & Trik Mencar Ilmu Matematika Dengan Cepat"