Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Buku Siswa Pai Sd Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Download file format PDF.
Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas  Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas  Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018:

Pendahuluan
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan mencar ilmu aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, pemerintah telah melaksanakan pembiasaan beberapa nama mata pelajaran, antara lain yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Secara khusus, dalam Kurikulum 2013 disusunlah kompetensi inti.

Kompetensi inti yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap kelas atau acara (Pasal 1 (1), PP No. 32 Tahun 2013). Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan sikap dalam pengamalan anutan agama dan akal pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan buku ini yaitu untuk menunjukkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat enam hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu: pengembangan materi, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial dan interaksi guru dan orang tua.

Dengan demikian, tujuan pembelajaran diperlukan sanggup tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu membuatkan potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, sanggup bangun diatas kaki sendiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Petunjuk Penggunaan Buku
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah tahapan berikut ini.
  1. Pertama, bacalah belahan pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
  2. Setiap belahan berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran (indikator pembelajaran), pengembangan materi, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, serta interaksi guru dan orang tua.
  3. Pada subbab tertentu, penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu diubahsuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
  4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut. a. Ayo, Bekerja Sama: acara penerima didik dengan memakai pendekatan scientific. b. Tugasku: kegiatan khusus penerima didik membaca teks, dilanjutkan dengan presentasi mengemukakan kembali apa yang telah dibacanya. c. Sikapku: menguatkan penerima didik semoga sanggup mewujudkan pengetahuan dalam perilaku. d. Ayo, Kerjakan: kegiatan yang harus penerima didik kerjakan untuk memahami materi.  e. Kegiatanku: kegiatan yang harus dilakukan penerima didik secara berkelompok dengan cara berdiskusi untuk menunjukkan pemahaman yang lebih dalam. f. Ayo, Berkreasi: bentuk kreativitas dalam upaya membuatkan potensi penerima didik sesuai dengan ruang lingkup materi. g. Ayo, Bernyanyi: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan penerima didik. h. Insya Allah Aku Bisa: tantangan semoga penerima didik bisa melakukannya. i. Ayo, Berlatih: pengukuran penguasaan penerima didik terhadap materi yang dibahas. j. Tugas Kelompok: kiprah yang harus dikerjakan penerima didik secara kelompok untuk menindaklanjuti dan penguatan terhadap materi pembelajaran. k. Ayo, Renungkan: refleksi nilai dan sikap sebagai efek dari proses dan hasil pembelajaran. l. Belajar di Rumah: kegiatan penerima didik bersama orang renta di rumah sebagai tindak lanjut dari pembelajaran di kelas. m. Komentar Orang Tua: bentuk partisipasi orang renta ihwal kegiatan anak di sekolah dan di rumah yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang diubahsuaikan dengan potensi penerima didik, guru, sumber mencar ilmu dan lingkungan.

Petunjuk evaluasi dengan memakai Permendikbud No. 53 Tahun 2015 ihwal Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik beserta panduan evaluasi SD (SD) Tahun 2015.

Penilaian di sekolah dasar, meliputi semua kompetensi dasar yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan memakai angka 0-100. Penilaian kompetensi sikap memakai skala Sangat Baik (A), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (D). Ketuntasan kompetensi sikap setiap pelajaran minimal B

Ketuntasan mencar ilmu kompetensi pengetahuan dan keterampilan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.

Ketuntasan mencar ilmu setiap mata pelajaraan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan semoga ditulis dalam Dokumen 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan diberitahukan kepada penerima didik dan orang tuanya pada setiap awal tahun pelajaran.

Materi pelajaran pada Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini antara lain:

Pelajaran 1     Nabi Muhammad saw. Panutanku
A. Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad saw.
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua
B. Sikap Mandiri Nabi Muhammad saw.
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua

Pelajaran 2 Senangnya Belajar Surat An-Nasr
A. Membaca Kalimat dalam Surat An-Nasr
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua
B. Menghafal Surat An-Nasr
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua
C. Menulis Kalimat dalam Surat An-Nasr
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua
D. Pesan Surat An-Nasr
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua

Pelajaran 3 Yakin Allah itu Maha Esa dan Maha Pemberi
A. Allah itu Maha Esa
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua
B. Allah itu Maha Pemberi
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Pengembangan Materi
  5. Proses Pembelajaran
  6. Penilaian
  7. Pengayaan
  8. Remedial
  9. Interaksi Guru dan Orang Tua

    Download Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini silahkan lihat preview dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Guru PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018



    Download File:

    Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018.pdf
    Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Buku Siswa Pai Sd Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018"