Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Formulir Supervisi Kelas Terbaru Gratis

ownload Formulir Supervisi Kelas Terbaru Gratis Download Formulir Supervisi Kelas Terbaru Gratis
Supervisi Kelas
Pengertian Supervisi Kelas

Menurut Wajowasito dan Poerwadarminta,  secara etimologis supervisi dialih bahasakan dari bahasa Inggris, yaitu “Supervision” artinya pengawasan.

Sedangkan berdasarkan Ametembun, menyebutkan bahwa dilihat dari bentuk perkataannya, supervisi terdiri dari dua buah kata super + vision : Super = atas, lebih, Vision = lihat, tilik, awasi. Makna yang terkandung dari pengertian tersebut, bahwa seorang supervisor mempunyai kedudukan atau posisi lebih dari orang yang disupervisi, tugasnya yaitu melihat, memeriksa atau mengawasi orang-orang yang disupervisi. Demikian pula para hebat dalam bidang manajemen pendidikan menunjukkan kesepakatan bahwa supervisi pendidikan merupakan disiplin ilmu yang memfokuskan diri pada pengkajian peningkatan situasi belajar-mengajar.

Supervisi yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan, tentu mempunyai misi yang berbeda dengan supervisi oleh kepala sekolah. Dalam hal ini supervisi lebih ditujukan untuk menunjukkan pelayanan kepada kepala sekolah dalam melaksanakan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien serta menyebarkan mutu kelembagaan pendidikan.

Sependapat dengan Razik  yang menyatakan bahwa dalam konteks pengawasan mutu pendidikan, maka supervisi oleh pengawas satuan pendidikan antara lain kegiatannya berupa pengamatan secara intensif terhadap proses pembelajaran pada forum pendidikan, kemudian ditindak lanjuti dengan pemberian feed back.

Rifa’i merumuskan istilah supervisi merupakan pengawasan profesional, alasannya hal ini di samping bersifat lebih spesifik juga melaksanakan pengamatan terhadap acara akademik yang mendasarkan pada kemampuan ilmiah, dan pendekatannya pun bukan lagi pengawasan manajemen biasa, tetapi lebih bersifat menuntut kemampuan professional yang demokratis dan humanistik oleh para pengawas pendidikan.
Dalam penelitian ini, yang dimaksud supervisi yaitu pinjaman dalam pengembangan situasi belajar-mengajar oleh pengawas sekolah biar memperoleh kondisi yang lebih baik.

Bagi yang memerlukan formulir yang akan melaksanakan supervisi guru kelas khususnya bagi kepala sekolah yang akan melaksanakan acara tersebut, silahkan anda download file nya di bawah postingan ini. 

Formulir ini saya sengaja pisahkan biar pada dikala mendownloadnya anda tidak terlalu bingung, sehingga nanti pada dikala pengerjaannya anda tidak lagi direpotkan untuk menciptakan formulir tersebut. Setelah anda mendownloadnya, kemudian anda sesuaikan dengan kondisi di sekolah anda masing-masing.

Download Formulir Supervisi Kelas Terbaru Gratis di bawah ini :


Sumber: s3mlah


Posting Komentar untuk "Download Formulir Supervisi Kelas Terbaru Gratis"