Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Tematik Kurikulum 2013 Sd Mi Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

Berikut ini yaitu berkas Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2. Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 ini terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Download file format PDF.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Tematik Kurikulum  Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi salah satu berkas Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Semester 2:

Buku ini merupakan buku guru dan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Selain itu juga dirumuskan proses pembelajaran dan evaluasi yang diharapkan siswa untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang ditulis mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan meng­ gunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses evaluasi yang sesuai.

Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI yaitu kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya yaitu kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis inovasi (discovery learning) melalui kegiatan­ kegiatan berbentuk kiprah (project based learning), dan penyelesaian duduk kasus (problem solving based learning) yang meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas VI SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat planning pembelajaran berbasis acara dan urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan­kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini juga mengarahkan hal­ hal yang harus dilakukan siswa bersama guru dan sobat sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.

Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema­tema kehidupan yang dijumpai siswa sehari­hari. Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan. Materi­materi banyak sekali mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multidisipliner dan interdisipliner, biar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, biar tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

Buku ini merupakan pembagian terstruktur mengenai dari hal­hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.

Tentang Buku Panduan Guru
Buku ini disusun biar guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:
  1. jaringan tema yang memberi citra kepada guru perihal suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran,
  2. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
  3. pengalaman mencar ilmu yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
  4. berbagai teknik evaluasi akseptor didik,
  5. informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan,
  6. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang bau tanah untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan mencar ilmu akseptor didik di rumah, dan
  7. petunjuk penggunaan buku akseptor didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk membuatkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) akseptor didik melalui acara yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
  1. membuka pelajaran yang menarik perhatian akseptor didik, menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memperlihatkan duduk kasus dan sebagainya,
  2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga akseptor didik sanggup mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
  3. memantik pengetahuan akseptor didik yang diperoleh sebelumnya biar akseptor didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
  4. pemberian kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu akseptor didik memahami konsep,
  5. penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
  6. pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
  7. pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman akseptor didik. 

Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru
Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku akseptor didik dan sebagai pola kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI)-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang bekerjasama dengan buku akseptor didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, akseptor didik tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
  7. Beragam seni administrasi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya akseptor didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan akseptor didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber mencar ilmu alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10.  Pada semester 2 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas ahad ke-4 berupa banyak sekali kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan ahad ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang erat dengan keseharian akseptor didik.
  13. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya akseptor didik dan bukti penilaiannya sanggup dimasukkan ke dalam portofolio akseptor didik.
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi sehabis satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang mengakibatkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua akseptor didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap akseptor didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman perihal kecerdasan majemuk, gaya mencar ilmu akseptor didik dan bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan mencar ilmu akseptor didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan kesepakatan guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap awal sub tema Buku Siswa, terdapat lembar untuk orang bau tanah yang berjudul ‘Kerja sama dengan orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, acara mencar ilmu yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran biar anak dan orang bau tanah bisa mencar ilmu dari lingkungan. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan acara mencar ilmu anak. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara akseptor didik dan orang bau tanah dicantumkan juga pada simpulan setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang bau tanah sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang bau tanah dan akseptor didik di rumah.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku acara yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci perihal isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa membuatkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau membuatkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada ahad ke-4 diisi dengan kegiatan Proyek dan Literasi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan membaca dan rasa cinta membaca kepada siswa.
  6. Struktur penulisan buku, semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman mencar ilmu bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  7. Buku ini sanggup dipakai oleh orang bau tanah secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri untuk mendukung acara mencar ilmu siswa di rumah.
  8. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari banyak sekali sumber.
  9. Di sekolah, guru dan siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memperlihatkan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang bau tanah bersama siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang bau tanah dan siswa.
  10. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua sumber mencar ilmu yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diadaptasi dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  11. Pada beberapa pecahan dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan banyak sekali kiprah tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa sanggup menuliskannya pada buku tugas.

    Download Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Semester 2



    Download File:

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 Semester 2

    Buku Guru Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Rapi.pdf
    Buku Guru Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Di Sekitarku.pdf
    Buku Guru Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Rapi.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Di Sekitarku.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 2 Semester 2

    Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Guru Kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.pdf
    Buku Guru Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan.pdf
    Buku Guru Kelas 2 Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Di Perjalanan.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Di Perjalanan.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 3 Semester 2

    Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Permainan Tradisional.pdf
    Buku Guru Kelas 3 Tema 6 Indahnya Persahabatan.pdf
    Buku Guru Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya.pdf
    Buku Guru Kelas 3 Tema 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Permainan Tradisional.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Indahnya Persahabatan.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 4 Semester 2

    Buku Guru Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku.pdf
    Buku Guru Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.pdf
    Buku Guru Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.pdf
    Buku Guru Kelas 4 Tema 9 Kaya Negeriku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kaya Negeriku.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 5 Semester 2

    Buku Guru Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya.pdf
    Buku Guru Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.pdf
    Buku Guru Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.pdf
    Buku Guru Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 6 Semester 2

    Buku Guru Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat.pdf
    Buku Guru Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.pdf
    Buku Guru Kelas 6 Tema 8 Bumiku.pdf
    Buku Guru Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 8 Bumiku.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Tematik Kurikulum 2013 Sd Mi Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2"