Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Kemitraan Sekolah Dan Masyarakat Untuk Paud, Sd, Smp, Sma, Smk, Slb, Pnf

Berikut ini ialah berkas buku Juknis Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF (Pendidikan Non Formal). Download file format PDF.

Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF

Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas buku Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF:

Orang renta ialah pendidik utama dan terpenting, namun juga yang paling tak tersiapkan. Pasalnya, mereka harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan wacana bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan belum dewasa mereka dalam kondisi positif. Selama ini, kalau berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru. Sementara orangtua menyerupai diabaikan dalam pendidikan.

Padahal, orang renta mempunyai tugas sangat besar dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga. Banyak penelitian mengambarkan bahwa keterlibatan orang renta di sekolah bermanfaat, antara lain: (1) bagi penerima didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan sikap positif; (2) bagi orang renta memperbaiki pandangan terhadap sekolah, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat korelasi dengan anak; dan (3) bagi sekolah memperbaiki iklim sekolah, meningkatkan kualitas sekolah, dan mengurangi duduk kasus kedisiplinan.

Tujuan Program Kemitraan
Tujuan Umum; Program kemitraan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan keselarasan aktivitas pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sebagai tri pusat pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan yang aman untuk menumbuh kembangkan aksara dan budaya berprestasi penerima didik.

Tujuan Khusus; Secara khusus, berikut ini tujuan aktivitas kemitraan satuan pendidikandengan keluarga dan masyarakat untuk:
  • menguatkan jalinan kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung lingkungan berguru yang sanggup membuatkan potensi anak secara utuh;
  • meningkatkan keterlibatan orang tua/wali dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak di rumah dan di sekolah; dan 
  • meningkatkan tugas serta masyarakat dalam mendukung aktivitas pendidikan di sekolah dan di masyarakat.

Model Kemitraan
Model kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat secara konseptual sanggup digambarkan menyerupai tampak pada infografis 2.1. Sedangkan secara operasional model ini sanggup dikembangkan atas dasar pendayagunaan potensi dan sumber daya keluarga dan masyarakat secara kolaboratif. Kemitraan dibangun di atas dasar kebutuhan anak sehingga orang tua/wali dan masyarakat diharapkan sanggup berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan sekolah. Model kemitraan melibatkan jejaring yang luas dan melibatkan penerima didik, orang tua, guru, tenaga kependidikan, masyarakat, kalangan pengusaha, dan organisasi kawan di bidang pendidikan.

Sekolah tidak sanggup menawarkan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan penerima didiknya, sehingga dibutuhkan keterlibatan bermakna dari orangtua/keluarga dan anggota masyarakat. Anak-anak berguru dengan lebih baik kalau lingkungan sekitarnya mendukung, yakni orang tua, guru, dan anggota keluarga lainnya serta masyarakat sekitar. Artinya, sekolah, keluarga, dan masyarakat merupakan “tri pusat pendidikan” yang sangat penting untuk sanggup menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu, perlu dibangun kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Kemitraan antara sekolah dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya manusia serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. Oleh alasannya ialah itu, diharapkan kemitraan antar tri pusat pendidikan tersebut sanggup berjalan dengan baik dan bermakna.

Sebagai unsur dalam ekosistem yang terdekat dengan anak, keluarga mempunyai banyak kesempatan melalui interaksi dan komunikasi sehari-hari. Bentuk dan cara-cara interaksi dengan anak di dalam keluarga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya aksara anak. Proses interaksi yang diterima anak dari keluarga inilah yang akan dipakai oleh anak sebagai dasar untuk proses perkembangan selanjutnya di luar rumah, termasuk di sekolah dan masyarakat.

Petunjuk teknis ini disusun untuk menawarkan panduan kepada satuan pendidikan dalam menjalin kemitraan dengan keluarga dan masyarakat yang diharapkan sanggup menawarkan dampak kepada keluarga, antara lain: (1) meningkatnya prestasi akademik anak, (2) meningkatnya komunikasi antara orang renta dan anak, (3) meningkatnya kehadiran siswa di sekolah, (4) berkurangnya sikap destruktif anak, (5) meningkatnya kepercayaan diri orang tua, (6) meningkatnya kepuasan orang renta terhadap sekolah, (7) orang renta berhasil mendidik anak , (8) meningkatnya ekspektasi orang renta pada anak, (9) meningkatnya kebiasaan berguru anak, (10) meningkatnya harapan anak untuk melanjutkan sekolah, (11) meningkatnya kecenderungan orang tua  melanjutkan pendidikan, (12)  sikap dan sikap anak yang lebih positif, (13) meningkatnya akhlak guru, (14) iklim sekolah menjadi lebih baik, dan  (15)  mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan.

Tujuan petunjuk teknis ini ialah untuk menawarkan panduan bagi kepala sekolah, guru, dan semua pemangku kepentingan dalam melakukan aktivitas kemitraan sekolah dengan keluarga dan masyarakat.

Sasaran Petunjuk Teknis:
  1. Kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya dalam melakukan kemitraan dengan keluarga dan masyarakat;
  2. Komite sekolah sebagai kawan kerja satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program sekolah;
  3. Organisasi kawan yang berkaitan dengan pelaksanaan aktivitas pendidikan keluarga; dan
  4. Dinas Pendidikan Provinsi sebagai pembina teknis satuan pendidikan menengah dan pendidikan khusus.
  5. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembina teknis satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan nonformal.

    Download Buku Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF



    Download File:

    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD.pdf
    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk SD.pdf
    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk SMA-K.pdf
    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk SLB.pdf
    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PNF.pdf
    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk SMP.pdf
    Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF.pdf


    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file buku Juknis Kemitraan Sekolah dan Masyarakat untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF. Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Juknis Kemitraan Sekolah Dan Masyarakat Untuk Paud, Sd, Smp, Sma, Smk, Slb, Pnf"