Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajar Dibebaskan Pilih Mata Pelajaran Un 2017 Sesuai Jurusan

Pelajar Dibebaskan Pilih Mata Pelajaran UN  Pelajar Dibebaskan Pilih Mata Pelajaran UN 2017 Sesuai Jurusan
2017 Siswa Plih Mapel UN sendiri

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengurangi jumlah mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian nasional (UN) 2017. Selain itu, pelajar jurusan IPA, IPS dan Bahasa dipersilakan menentukan satu mata pelajaran sesuai jurusan masing-masing.
Kemendikbud beralasan penerapan kebijakan pilihan tersebut mempertimbangkan rasa keadilan bagi para siswa. "Siswa silakan menentukan mata pelajaran sesuai yang disukai," kata Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud, Nizam kepada wartawan, Senin (26/2).

Berdasarkan informasi Pusat Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud, mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN untuk jenjang SMP, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Sementara mata pelajaran yang diuji dalam ujian sekolah berstandar nasional (USBN), yakni Pendidikan Agama, PPKn dan IPS.

Untuk jenjang SMA, mata pelajaran UN, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan mate pelajaran pilihan sesuai jurusan (satu mata pelajaran). Untuk USBN, yaitu Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah, dan tiga mata pelajaran sesuai aktivitas studi siswa.

Untuk jenjang SMK, mata pelajaran UN ialah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Sementara untuk USBN, Pendidikan Agama, PPKn, dan Keterampilan Komputer.

Nizam tidak mempermasalahkan apabila banyak siswa yang menentukan mata pelajaran kategori lebih gampang dalam jurusannya. Ia mengatakan, para pelajar sudah dapat menentukan dan mendaftarkan mata ujian pilihan sesuai jurusan masing-masing.

Republika

Posting Komentar untuk "Pelajar Dibebaskan Pilih Mata Pelajaran Un 2017 Sesuai Jurusan"