Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membaca Buku Efektif


 Tidak dipungkiri membaca bagi kebanyakan orang pada zaman kini ini merupakan kegiatan Tips Membaca Buku Efektif
Tips Membaca Buku
Tidak dipungkiri membaca bagi kebanyakan orang pada zaman kini ini merupakan kegiatan yang membosankan. Padahal, ada banyak manfaat yang sanggup kita dapatkan dari membaca. Tidak sekadar menguatkan sisi intelektual, membaca juga sanggup mengasah sisi afektif dan nurani pelajar. Kedewasaan berpikir dan bertindak salah satunya terbentuk dari kebiasaan membaca. Membaca juga merupakan sarana hiburan, terutama jikalau kita membaca topik-topik yang kita sukai, sehingga sanggup melatih daya kreativitas dan imajinasi kita. Dan secara tidak langsung, membaca juga sanggup menambah kosakata kita. Bahkan, berdasarkan para peneliti, membaca buku atau majalah sanggup menunda atau mencegah kehilangan memori alasannya yaitu sel-sel otak sanggup terhubung dan tumbuh. Dengan kata lain, membaca sanggup meningkatkan memori otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Nah berikut ini ada tujuh tips atau kiat biar membaca buku lebih efektif dan gampang diingat.

1. Sebelum baca Buku, buka sekilas sekilas Buku anda, amati data data berupa graphic, quotes, atau hal hal yang menarik, ingat, HANYA hal hal yang menarik anda, anda melaksanakan review, bukan baca secara keseluruhan. Bisa di bilang kita sedang melaksanakan scaning kepada sesuatu yang menarik perhatian kita. Mungkin butuhkan waktu 2 hingga 3 menit.

2. Setelah mereview, anda akan sedikit mengerti Buku yang akan anda lahap, segera dikala tiap mau baca Buku tersebut, niat kan dan katakan pada diri anda, kata kata self consiusness, menyerupai "setelah baca Buku ini, saya akan mengerti ........ (isi dengan cita-cita anda atau tujuan anda belajar, berdasar kegiatan review anda tadi). Kalau di pola kan misalkan saja kita akan berguru biologi , Babnya Hereditas. Maka sebelum membaca Buku tersebut niatkan dalam hati “Setelah membaca Buku ini saya akan lebih mengerti cuilan hereditas biologi biar lebih paham dan menerima nilai bagus”.

3. Segera baca Buku anda, pastikan anda dalam kondisi se-rileks mungkin, ciri anda rileks, kepala anda tidak sakit dikala 5-10 menit anda membaca Buku. Kalau bisa, usahakan kondisi sekitar kita tak mengganggu anda dikala membaca Buku. Matikan hp atau sesuatu yang sanggup menyebabkan music. Kosongkan pikiran biar tidak tegang.


4. Boleh dikala anda menggunakan stabillo atau menuliskan istilah atau kata kata penting menarik perhatian anda, mekanisme standar pada speed reading (teknik membaca cepat), biasanya menuliskan atau menggaris bawah kata kata kunci. Ingat kata kunci! bukan kalimat kunci! Mungkin sangat di sayangkan untuk kalimat kuncinya yang stabile, tapi di sarankan hanya kata kuncinya.

5. Ketika anda selesai baca cuilan yang anda inginkan, misalkan satu cuilan tertentu, tutup Bukutersebut, dan pelan pelan ingat ingat kata kata kunci yang anda tulis atau garis bawahi. Bisa di ucapkan dengan mulut, atau di bathin saja. Tapi memang lebih baik untuk di ucapkan , dengan begitu indera pendengaran kita juga akan menerima gosip tersebut. Ingat prinsip berguru “belajar akan lebih berhasil jikalau semua indra badan difungsikan”

6. Berdasarkan kata kunci tersebut, dalam otak anda sesungguhnya mulai merangkai pandangan gres ide yang terbangun berdasarkan tentang yang anda dapatkan dari membaca Buku tersebut.

7. Ulangi terus langkah ni, alasannya yaitu memerlukan latihan, kecuali dikala anda baca novel atau kisah fiksi anda tak perlu menggunakan kata kata ini. Langkah lakngkah ini mungkin akan beda dengan yang selama ini anda lakukan. Tapi nanti, coba bandingkan hasil antara menggunakan cara yang saya sampaikan dalam Cara Membaca Buku biar Cepat Paham dan Ingat atau lebih menggunakan cara usang anda sekalian.

Dalam menggunakan Cara Membaca Buku biar Cepat Paham dan Ingat ini, jangan lupa sebelumnya berdoa. Dengan berdoa, di harapkan Tuhan juga akan membantu anda dalam memahami Buku yang akan and abaca. Dengan begini anda akan lebih paham Buku tersebut.

I.D.D.A


Posting Komentar untuk "Tips Membaca Buku Efektif"