Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas Iv (4) Kurikulum 2013

Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013. Buku sekolah elektronik atau buku sekolah digital ini merupakan buku pegangan guru mata pelajaran dan pegangan siswa sebagai salah satu sumber media pembelajaran pada Kurikulum 2013 SD.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV  Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar dalam Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013:

Tentang Buku Panduan Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV
Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator dari aneka macam mata pelajaran.
  2. Ruang lingkup pembelajaran yang menawarkan citra wacana kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
  3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Media dan alat pembelajaran yang akan dipakai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  6. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  7. Berbagai teknik evaluasi siswa.
  8. Informasi yang menjadi teladan kegiatan remedial dan pengayaan.
  9. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk membuatkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui acara yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya semoga siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi kiprah yang sanggup membuatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru
Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai teladan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan menawarkan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jikalau dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar dan sebagainya. Demikian juga pada dikala menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
  7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada dikala hujan).
  8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga sanggup melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  9. Kembangkanlah keterampilan berikut ini: a. apembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  10. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  11. Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema. Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  12. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
  13. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti evaluasi sanggup berfungsi sebagai portofolio siswa.
  14. Buatlah catatan refleksi sehabis satu subtema selesai, sebagai materi untuk melaksanakan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor- faktor yang menjadikan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  15. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman wacana kecerdasan majemuk, gaya berguru siswa serta bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan berguru siswa, sangat dibutuhkan.
  16. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan akad guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap final pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang renta dengan subjudul ‘Kerja Sama dengan Orang Tua’. Kolom ini berisi informasi wacana acara berguru yang sanggup dilakukan siswa bersama orang renta di rumah. Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam acara berguru siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang renta sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang renta dan siswa di rumah.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku acara yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci wacana isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa membuatkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru atau membuatkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada ahad ke-4 diisi dengan aneka macam kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Kegiatan pada ahad terakhir ini diarahkan untuk mengasah daya kecerdikan dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman berguru bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Cari Tahu, Ayo Belajar, Ayo Ceritakan, Ayo Bekerja Sama, Ayo Berlatih, Ayo Amati, Ayo Lakukan, Ayo Simpulkan, Ayo Renungkan, Ayo Kerjakan, Ayo Mencoba, Ayo Diskusikan, Ayo Bandingkan, Ayo Menulis, Ayo Temukan Jawabannya, Ayo Menaksir, Ayo Berkreasi, Ayo Analisis, Ayo Kelompokkan, Ayo Bernyanyi, Ayo Berpetualang, Tahukah Kamu, dan Belajar di Rumah.
  7. Buku ini sanggup dipakai oleh orangtua secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri untuk mendukung acara berguru siswa di rumah.
  8. Di setiap awal subtema, terdapat lembar untuk orangtua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, acara berguru yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran semoga anak dan orangtua bisa berguru dari lingkungan. Orangtua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam acara berguru siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orangtua dicantumkan juga pada setiap final pembelajaran.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari aneka macam sumber.
  10. Guru dan siswa sanggup membuatkan dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk menawarkan pemahaman lebih kepada siswa terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang renta bersama siswa sanggup membuatkan Tema 1: Benda-benda di Lingkungan Sekitar dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang renta dan siswa.
  11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diadaptasi dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  12. Pada beberapa cuilan dalam buku siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan aneka macam kiprah tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa sanggup menuliskannya pada buku tugas.

Download Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013

Selengkapnya mengenai Buku Guru dan Siswa SD Kelas IV (4) Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh file melalui link di bawah ini:

Download File:

Buku Guru:

Buku Siswa:


Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas Iv (4) Kurikulum 2013"