Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas Ii (2) Kurikulum 2013

Berikut ini ialah berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013. Buku sekolah elektronik atau buku sekolah digital ini merupakan buku pegangan guru mata pelajaran dan pegangan siswa sebagai salah satu sumber media pembelajaran pada Kurikulum 2013 SD.

 Berikut ini ialah berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas II  Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013
Buku Guru SD Kelas II (2) Kurikulum 2013

 Berikut ini ialah berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas II  Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013
Buku Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar dalam Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013:

Kurikulum 2013 ialah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai akseptor didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan evaluasi yang dibutuhkan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang dengan memakai proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses evaluasi yang sesuai.

Pertanyaannya ialah ibarat apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas II SD/MI yang pada hakekatnya gres setahun mencar ilmu membaca dan menulis? Rentang tanggapan atas pertanyaan ini sanggup sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan akseptor didik, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai akseptor didik. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas II SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan akseptor didik Kelas II SD/ MI untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, akseptor didik Kelas II SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih gampang memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner dimana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks akseptor didik dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan semoga tumpang tindih antar materi pembelajaran yang selama ini terjadi sanggup dihindari demi tercapainya efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh akseptor didik.

Sebagaimana lazimnya sebuah buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat planning pembelajaran berbasis aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan akseptor didik. Dengan demikian buku ini mengarahkan yang harus dilakukan akseptor didik bersama guru dan teman- sobat sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; buku yang pemanfaatannya ialah dengan akseptor didik mempraktikkan materi-materi kegiatan yang tercantum didalamnya secara berdikari atau kelompok, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, akseptor didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap akseptor didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca menawarkan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menawarkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Tentang Buku Panduan Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.

  1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru ihwal suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman mencar ilmu yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik evaluasi siswa.
  6. Informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang menawarkan kesempatan kepada orang bau tanah untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan mencar ilmu siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk menyebarkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui kegiatan yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, ibarat membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya semoga siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi kiprah yang sanggup menyebarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru?

Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai pola kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang bekerjasama dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan menawarkan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar dan sebagainya. Demikian juga pada ketika menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
  7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
  8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga sanggup melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  9. Kembangkanlah keterampilan berikut ini: a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  10. Gunakanlah media atau sumber mencar ilmu alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  11. Pada semester I terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  12. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
  13. Pada final subtema buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumber-sumber yang lain.
  14. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti evaluasi sanggup berfungsi sebagai portofolio siswa.
  15. Buatlah catatan refleksi sesudah satu subtema selesai, sebagai materi untuk melaksanakan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor- faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  16. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman ihwal kecerdasan majemuk, gaya mencar ilmu siswa serta bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan mencar ilmu siswa, sangat dibutuhkan.
  17. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, dibutuhkan kesepakatan guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kegiatan bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap final pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang bau tanah dengan subjudul ‘Kegiatan bersama Orang Tua’. Kolom ini berisi informasi ihwal materi yang dipelajari dan kegiatan mencar ilmu yang sanggup dilakukan siswa bersama orang bau tanah di rumah. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam kegiatan mencar ilmu siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang bau tanah sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang bau tanah dan siswa di rumah.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II
  1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
  3. Buku siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci ihwal isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa menyebarkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau menyebarkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Pada semester 1 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih rinci ihwal kegiatan pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman mencar ilmu yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Beraktivitas, Ayo Bercerita, Ayo Berdiskusi, Ayo Berkreasi, Ayo Berlatih, Ayo Bermain Peran, Ayo Bernyanyi, Ayo Membaca, Ayo Menanya, Ayo Mengamati, Ayo Menulis, dan Belajar di Rumah.
  7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) semoga sanggup dipakai oleh orang bau tanah secara berdikari untuk mendukung kegiatan mencar ilmu siswa di rumah.
  8. Di setiap final pembelajaran, terdapat kolom untuk orang bau tanah dengan subjudul Belajar di Rumah. Kolom ini berisi kegiatan mencar ilmu yang sanggup dilakukan orang bau tanah bersama siswa. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam kegiatan mencar ilmu siswa.
  9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan teks-teks itu, khusus untuk buku kelas II penggunaan tanda baca hanya pada yang bersifat dasar dan seperlunya saja, ibarat penggunaan abjad kapital di awal kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda hubung (-) dan tanda tanya (?). Namun harus dipastikan bahwa gejala baca tersebut belum diajarkan kepada siswa.
  10. Pada setiap final subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
  11. Lembar Penilaian merupakan pecahan final subtema yang sanggup dipakai sebagai alat evaluasi pencapaian kompetensi. Namun guru sanggup menyebarkan alat evaluasi sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Download Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013

Selengkapnya mengenai Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh file melalui link di bawah ini:

Download File:

Buku Guru:

Buku Siswa:

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa SD Kelas II (2) Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas Ii (2) Kurikulum 2013"