Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Teknik Pencelupan Dan Pencapan

Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pencelupan dan Pencapan Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pencelupan dan Pencapan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku Teknologi Pencapan dan Pencelupan disusun guna menunjang acara berguru mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian tekstil baik sebagai buku pegangan siswa maupun guru untuk peningkatan kualitas hasil berguru sesuai tuntutan dunia perjuangan dan industri.

Isi buku ini mencakup persiapan proses pencelupan dan pencapan, proses persiapan pencelupan dan pencapan, pencelupan, pencapan pada materi tekstil, dan pencapan pada materi non tekstil dan proses pembatikan.

Pencelupan yaitu proses derma pada materi tekstil baik serat, benang, dan kain dengan zat warna tertentu yang sesuai dengan jenis materi yang dicelup dan kesudahannya memiliki sifat ketahanan luntur warna.

Pencapan adalalah proses derma warna pada kain secara tidak merata sesuai dengan motif yang telah ditentukan memakai zat warna sesuai dengan kain yang dicap dan kesudahannya memiliki sifat ketahanan luntur warna terhadap pencucian.

Baik proses pencelupan maupun pencelupan selalu didahului dengan proses persiapan yang sama mencakup pembakaran bulu, penghilangan kanji, pemasakan, pengelantangan, dan merserisasi. Zat warna untuk pencelupan dan pencapan penggunaannya sama, perbedaannya terletak pada sistem pemberiaan warna dan teknologi yang digunakan.

Teknologi pencelupan dan pencapan merupakan teknik dan cara-cara yang dipakai untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas mutu hasil produksi pencelupan dan pencapan. 

Judul buku Teknologi Pencelupan dan Pencapan disusun menurut kurikulum Edisi 2004 dan mengacu pada standar kompetensi nasional bidang keahlian penceluan dan pencapan.

Buku ini berisi wacana ruang lingkup pencelupan dan pencapan meliputi:
  1. Persiapan proses pencelupan dan pencapan yaitu proses proses yang dilakukan terhadap kain sebelum dilakukan proses berair baik untuk materi kapas maupun materi dari serat sintetik mencakup penumpukan kain,pemberian kode, penyambungan kain, relling, relaxing.
  2. Proses persiapan pencelupan dan pencapan membahas wacana proses pembakaran bulu, penghilangan kani, pemasakan,pengelantangan,merserisasi, dan proses persiapan untuk kain sintetik mencakup pengurangan berat, dan termofixztion (heat seating).
  3. Pencelupaan membahas wacana jenis kain yang dicelup, zat warna yang digunakan, teknologi yang diterapkan dalam proses pencelupan.
  4. Pencapan membahas wacana persiapan pencapan, teknik pencapan, mekanisme pencapan, persiapan gambar, pengental, pasta cap, proses pencapan dengan banyak sekali zat warna, pencapan pada materi non tekstil, fiksasi, pembersihan kain dan diakhiri dengan proses pembuatan batik.

Hasil penyusunan masih banyak teknologi pencelupan dan pencapan yang belum terakomodasi dalam penyusunan buku ini, alasannya yaitu cakupan teknologi di industri tersebut selalu perkembang dan sangat luas.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pencelupan dan Pencapan



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pencelupan dan Pencapan. Semoga dapat bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Teknik Pencelupan Dan Pencapan"