Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Seni Dan Pariwisata Kriya Keramik

Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik
Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik

Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik

Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Pendidikan merupakan salah satu perjuangan untuk mempersiapkan sumber daya insan yang berkualitas, unggul, tangguh, berteknologi tinggi, bisa berkompetisi, mempunyai kompetensi yang memadai dan bisa bersaing secara global. Di dalam abad global dikala ini di satu sisi membawa persaingan yang semakin ketat namun disisi lain membuka peluang kerjasama. Untuk menghadapi persaingan dan memanfaatkan peluang tersebut maka diharapkan sumber daya insan yang bisa menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pendidikan menengah kejuruan memainkan peranan yang sangat penting untuk menyiapkan sumber daya insan di dalam abad global tersebut, alasannya yaitu dengan lulusan yang mempunyai kompetensi akan menjadi tenaga kerja yang bisa berperan sebagai faktor keunggulan yaitu tenaga kerja yang menguasai ilmu pengetahuan, mempunyai keterampilan tinggi, dan berperilaku profesional.

Proses pembelajaran di sekolah merupakan suatu proses transfer pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari guru kepada siswa. Demikian juga proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya jadwal keahlian kriya keramik, bahwa penguasaan kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) juga sanggup berlangsung sehingga lulusannya mempunyai kompetensi yang benar-benar dikuasai untuk bekal dalam kehidupannya.

Saat ini buku-buku penunjang mata pelajaran produktif kriya keramik masih sangat jarang, kalaupun ada buku-buku tersebut ditulis dalam bahasa asing. Mengingat pentingnya informasi wacana materi pembelajaran kriya keramik, maka kami mencoba menulis buku kriya keramik yang sanggup menjadi pegangan untuk guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.

Buku kriya keramik ini disusun menurut Standar Kompetensi Nasional (SKN) serta Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Program Keahlian Kriya Keramik SMK. Isi buku ini mencakup materi menggambar yang mencakup menciptakan nirmana, menggambar teknik, dan menggambar ornament serta seluruh proses pembentukan keramik yang mencakup pengetahuan umum wacana keramik; materi baku tanah liat dan glasir; pengujian tanah liat; penyiapan materi tanah liat dan glasir; teknik pembentukan; penerapan dekorasi dengan tanah liat, slip, dan glasir; teknik pengglasiran; serta proses penyusunan dan pembakaran benda keramik. Buku kriya keramik ini juga dilengkapi dengan informasi wacana sejarah keramik, daftar istilah (glosarium), informasi wacana materi keramik beracun, serta kesalahan dalam pembuatan keramik dan perbaikannya. Dengan berpedoman pada Standar Kompetensi Nasional (SKN) maka diharapkan buku kriya keramik ini sanggup menunjukkan informasi yang lebih lengkap wacana kompetensi yang ada pada pekerjaan bidang kriya keramik, untuk itu penguasaan kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) diharapkan sanggup dicapai melalui informasi yang ada dalam buku kriya keramik ini. Kami mengharapkan buku kriya keramik ini bermanfaat bagi guru maupun siswa untuk memahami, mempelajari dan mempraktikkannya di sekolah

Mengingat banyak cakupan informasi wacana keramik, maka buku ini mungkin belum sanggup disajikan secara lengkap mengingat keterbatasan yang ada, untuk itu masukan, saran, dan kritik yang membangun untuk menambah lengkapya buku kriya keramik ini sangat kami harapkan sehingga buku kriya keramik ini menjadi lebih tepat dan bermakna bagi siswa.

Latar Belakang
Indonesia dengan keanekaragaman seni dan budaya merupakan salah satu keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh negara lain, dengan keanekaragaman seni dan budaya tersebut melalui pendidikan seni budaya dan kriya diharapkan sanggup dilestarikan dan sekaligus dikembangkan menjadi sumber penghidupan. Sumber daya alam yang melimpah yang merupakan potensi materi baku yang sanggup dikembangkan menjadi materi utama produk kerajinan, sumber daya insan merupakan potensi tenaga kerja, serta sumber daya seni dan budaya (seni rupa, seni kriya, seni pertunjukan, arsitektur, dan lainnya) merupakan potensi untuk membuatkan kreativitas yang tidak akan ada habisnya.

Mutu tenaga kerja tingkat menengah di bidang seni dan kriya sangat tergantung pada mutu pendidikan kejuruan seni dan budaya yang juga sangat dekat kaitannya dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain kurikulum, tenaga kependidikan, proses pembelajaran, sarana-prasarana, alat-bahan, administrasi sekolah, lingkungan kerja, dan kerjasama industri. Melalui pendidikan diharapkan sanggup meningkatkan wawasan dan penguasaan di bidang ilmu pengetahun, teknologi, dan seni. Proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu proses penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang diarahkan pada penguasaan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pencapaian hasil pembelajaran pada aspek kognitif diarahkan melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat teoretik (pengetahuan), aspek afektif pencapaiannya diamati melalui sikap selama proses pembelajaran berlangsung, sedang aspek psikomotorik pencapaiannya melalui kegiatan- acara yang melibatkan gerak motorik keterampilan. Dengan demikian dalam proses pembelajaran praktik kejuruan, ketiga aspek tersebut saling berkaitan.

Landasan Penulisan Buku
Penulisan buku kriya keramik untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan satu satu perjuangan untuk membuatkan sarana pembelajaran produktif khususnya pengembangan materi pembelajaran baik teori maupun praktik yang didasarkan pada Standar Kompetensi Nasional (SKN) bidang kriya keramik. Dengan menurut Standar Kompetensi Nasional (SKN) bidang kriya keramik, penulisan buku ini menjadi lebih lengkap dan sanggup dipakai untuk membuatkan materi pembelajaran yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Kriya Keramik yang tersebar di Indonesia dengan masing-masing mempunyai potensi yang berbeda-beda sehingga sanggup menunjukkan nilai tambah bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Kriya Keramik untuk berkembang mengikuti kemajuan di bidang ilmu pengetahun, teknolgi, dan seni.

Mata pelajaran produktif kriya keramik merupakan salah satu mata pelajaran yang diharapkan bisa membekali siswa untuk menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja, dengan demikian lulusannya akan menguasai aspek teknis, terampil, mempunyai wawasan, disiplin kerja,dan sikap kerja.

Tujuan dan Sasaran
Buku kriya keramik ini berisi seluruh proses pembuatan benda keramik baik bersifat teori maupun praktik keterampilan yang mencakup kelompok kompetensi maupun unit kompetensi menurut Standar Kompetensi Nasional (SKN) dan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah kejuruan Program Keahlian Kriya Keramik.

Buku kriya keramik ini memuat wacana teori dan petunjuk praktik keterampilan sehingga tidak hanya pemahaman secara teori namun praktik keterampilan dan sikap kerja yang bahu-membahu dalam bekerja. Dengan demikian buku ini diharapkan sanggup menjadi salah satu acuan yang lengkap baik bagi guru dalam penyusunan dan pengembangan jadwal pembelajaran praktik keterampilan maupun bagi siswa dalam memahami materi dan melaksanakan praktik keterampilan dengan sikap kerja yang benar.

Materi
Materi buku ini berisi dua bagian, yaitu:
A. Materi Menggambar
  1. Membuat Nirmana
  2. Menggambar Teknik
  3. Menggambar Ornamen

B. Materi Keramik
  1. Pendahuluan
  2. Sejarah Keramik
  3. Pengetahuan Tanah Liat
  4. Pengujian dan Penyiapan Tanah Liat
  5. Teknik Pembentukan
  6. Teknik Dekorasi
  7. Pengetahuan Glasir
  8. Penyiapan Glasir dan Pengglasiran
  9. Tungku dan Pembakaran

Dalam buku kriya keramik ini juga memuat kompetensi yang sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah kejuruan Bidang Keahlian Kriya Keramik, yang meliputi:
  1. Membuat nirmana
  2. Menggambar teknik
  3. Menggambar ornamen
  4. Mengolah clay-body dari lempung alam secara manual basah
  5. Mengolah clay-body dari lempung alam secara masinal basah
  6. Mengolah clay-body untuk teknik pembentukan cetak tuang
  7. Membuat cetakan gips untuk teknik cetak tekan satu sisi
  8. Membentuk keramik dengan teknik pijit (pinch)
  9. Membentuk keramik dengan teknik pilin (coil)
  10. Membentuk keramik dengan teknik lempeng (slab)
  11. Membentuk keramik dengan teknik putar
  12. Membuat dekorasi keramik
  13. Membakar keramik

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Keramik Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Seni Dan Pariwisata Kriya Keramik"