Silabus Rpp Ppkn Smp Mts Kurikulum 2013 Kelas Vii, Viii, Ix
Berikut ini ialah berkas Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.
Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX |
Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, 9
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Silabus RPP IPA SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX:
DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
C. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs)
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs)
E. Pembelajaran dan penilaian
1. Pembelajaran
2. Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Siswa
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX
III. MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX
IV. MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX
Rasional
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) mempunyai visi dan misi menyebarkan siswa menjadi warga negara yang baik yang mempunyai rasa pujian terhadap Negara Indonesia, cinta tanah air, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi di lingkungan rumah, sekolah, dan sekitarnya serta berbangsa dan bernegara. Untuk itu dikembangkan substansi pembelajaran yang dijiwai oleh 4 (empat) konsensus kebangsaan yaitu (1) Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa; (2) Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai aturan dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; (3) Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan dalam keberagaman yang melandasi dan mewarnai harmoni kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; (4) dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai janji akibat bentuk negara Republik Indonesia.
Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk menyebarkan keterampilan era ke-21 (The 21st Century Skills) semoga para guru PPKn menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola dan menyebarkan pembelajarannya. Silabus PPKn di SMA/MA/SMK/MAK disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana semoga gampang dipahami dan dilaksanakan guru dengan tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Prinsip penyusunan silabus antara lain gampang diajarkan/dikelola oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Mata Pelajaran PPKn dibutuhkan sanggup berfungsi sebagai wahana bagi siswa untuk menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pembelajarannya menekankan pada kontribusi pengalaman eksklusif dan tidak eksklusif untuk penguasaan kompetensi yang merepresentasikan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dicapai sesudah menuntaskan masa belajarnya. Kompetensi sesudah mempelajari mata pelajaran PPKn di Pendidikan Dasar dan Menengah ialah Bertanggungjawab pada setiap keputusan bersama berdasar nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan penghargaan atas kewajiban dan hak warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,
Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara yang mendukung pelindungan dan penegakkan aturan dalam menjamin keadilan dan kedamaian berdasar UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bertoleransi terhadap masalah-masalah dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender, serta mengantisipasi dampak kasatmata dan negatif kemajuan iptek terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai wujud rasa cinta dan gembira dalam upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs).
Kerangka Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP/MTs
Kompetensi Dasar PPKn disusun sesuai dengan Kompetensi Inti tiap kelas. Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia siswa pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal aneka macam KD pada kelas yang berbeda sanggup dijaga. Rumusan kompetensi inti memakai notasi sebagai berikut:
- Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti perilaku spiritual;
- Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti perilaku sosial;
- Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
- Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan
Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa, kemampuan awal, dan ciri khas mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pengorganisasian ruang lingkup bahan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikembangkan sesuai dengan prinsip mendalam dan meluas, mulai dari jenjang SD/MI hingga dengan jenjang SMA/MA/SMK/MAK. Prinsip mendalam berarti bahan PPKn dikembangkan dengan bahan pokok sama, namun semakin tinggi tingkat kelas atau jenjang semakin mendalam pembahasan materi. Prinsip meluas berarti lingkungan bahan dari keluarga, teman pergaulan, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, serta pergaulan dunia. Kedalaman dan keluasan bahan sanggup dilihat dari rumusan Kompetensi Dasar.
Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disusun dengan ruang lingkup sebagai berikut:
- Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa.
- Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai aturan dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
- Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan dalam keberagaman yang melandasi dan mewarnai harmoni kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
- Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai janji akibat bentuk negara Republik Indonesia.
Download Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Silabus Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
Download File:
Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX.pdf
Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX.docx
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Silabus Silabus RPP PPKn SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX. Semoga bisa bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Silabus Rpp Ppkn Smp Mts Kurikulum 2013 Kelas Vii, Viii, Ix"