Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Persyaratan Dan Aktivitas Snmptn (Seleksi Nasional Masuk Sekolah Tinggi Tinggi Negeri) Tahun 2017

Berikut ini yaitu berkas Informasi Awal perihal Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017. Download file PDF. Berkas ini mudah-mudahan berkhasiat sebagai acuan ditujukan untuk Guru, Calon Mahasiswa dan lain-lain.

 Berikut ini yaitu berkas Informasi Awal perihal Persyaratan dan Jadwal SNMPTN  Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017
Info SNMPTN 2017

Tujuan SNMPTN adalah:
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang mempunyai prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  2. Memberikan peluang kepada Perguruan Tinggi Negeri untuk mendapat calon mahasiswa gres yang mempunyai prestasi akademik tinggi.
Ketentuan Umum SNMPTN:
  1. SNMPTN merupakan contoh seleksi nasional menurut hasil penelusuran prestasi akademik dengan memakai rapor semester 1 (satu) hingga dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa berguru 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) hingga dengan semester 7 (tujuh) bagi Sekolah Menengah kejuruan dengan masa berguru 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi yaitu siswa yang mempunyai Nomor Induk Siswa nasional (NISN), mempunyai prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca isu pada laman Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih perihal ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017

Berikut ini beberapa isu yang kami ringkas mengenai Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017.

Persyaratan Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah: SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan menurut pengakuan sekolah sebagai berikut: pengakuan A, 50% terbaik di sekolahnya; pengakuan B, 30% terbaik di sekolahnya; pengakuan C, 10% terbaik di sekolahnya; belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya. Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 hingga semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 hingga semester 7 (bagi Sekolah Menengah kejuruan empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (dapat dilihat pada laman Perguruan Tinggi Negeri bersangkutan).
Jadwal SNMPTN
Jadwal pelaksanaan SNMPTN yaitu sebagai berikut:
  • Pengisian PDSS 14 Januari-10 Februari 2017
  • Verifikasi PDSS 15 Januari-12 Februari 2017
  • Pendaftaran SNMPTN 21 Februari-6 Maret 2017
  • Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret-14 April 2017
  • Proses Seleksi 15 Maret-15 April 2017
  • Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017
Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau registrasi ulang di Perguruan Tinggi Negeri masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017).

    Download Berkas Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai isu lengkap dan isi berkas SNMPTN 2017 ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017



    Download File:
    Informasi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2017.pdf

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017. Semoga sanggup bermanfaat. Sumber: Laman Resmi SNMPTN 2017.

    Posting Komentar untuk "Informasi Persyaratan Dan Aktivitas Snmptn (Seleksi Nasional Masuk Sekolah Tinggi Tinggi Negeri) Tahun 2017"