Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Troubleshooting Aplikasi Unbk 2018

Berikut ini ialah berkas salah satu Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018. Download file format .docx Microsoft Word.

 Berikut ini ialah berkas salah satu Troubleshooting Aplikasi UNBK  Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018
Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018

Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018

Berikut ini kutipan teks dari berkas Kumpulan Solusi Permasalahan UNBK 2018:

Kumpulan Solusi Permasalahan UNBK
Berikut Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dikala mengalami permasalahan pada Persiapan dan Pelaksanaan UNBK / UBK CBT Sekolah Menengah kejuruan / Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah Pertama Sederajat :

DAFTAR ISI.
  1. Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar
  2. Status STANDBY-Akses ke server sentra masih ditutup
  3. Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet
  4. Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat
  5. Gagal Sinkronisasi
  6. Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync
  7. Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif
  8. Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?
  9. Bagaimana cara Restart CBTSync ?
  10. Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync
  11. Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet
  12. File lisensi error
  13. Serial Number tidak Muncul?
  14. Lisensi tidak Valid
  15. Berapa IP Address untuk Host Server
  16. Berapa IP Address untuk computer klien
  17. Apakah harus memakai OS 64 bit
  18. Apa saja OS yang sanggup digunakan sebagai computer klien?
  19. Bagaimana cara reset login akseptor tes?
  20. Siswa gagal melaksanakan tes
  21. Tombol Play listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris tidak muncul
  22. Ada waktu yang hilang bila terjadi kegagalan ujian
  23. Maaf, tidak ada tes yang valid, Silahkan hubungi Admin tes
  24. Apakah sanggup melaksanakan ujian dengan mata pelajaran yang berbeda dalam satu server pada dikala bersamaan?
  25. Cara setting shared Folder
  26. Apakah boleh mengkopi file VHD yang telah dipakai?
  27. Pada dikala create VM versi operating sistem tidak muncul WINDOWS 2012 (64bit)
  28. Mengapa tidak sanggup setting network di adapter lain?
  29. Bagaimana cara me-shutdown VM yang benar?
  30. Cara mengkopi file Xambro ke Komputer Klien
  31. Warna goresan pena RUN pada Xambro berwarna Abu-abu
  32. Aplikasi XAMBRO pada semua klien berwarna abu-abu
  33. Xambro muncul 402
  34. Cara setting lokasi Chrome
  35. Password Xambro
  36. Xambro muncul 402
  37. Ketika menginstal Xambro muncul peringatan error
  38. Menjalankan Xambro namun tidak full screen ?
  39. Cara keluar dari Xambro

Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar:
ID server pernah digunakan oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id

Status STANDBY-Akses ke server sentra masih ditutup:
Siap untuk melaksanakan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melaksanakan submit dengan interval waktu tertentu hingga AKTIF

Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet:
Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 ialah bridge dan NIC 2 ialah NAT

Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan sentra cek penulisan ID Server Gagal Sinkronisasi:
Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit hingga muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi

Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync:
Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang digunakan ialah WIB

Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif:
Silahkan restart kembali CBT SYNC sesudah itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Token

Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?:
Token tidak setiap dikala dibuka aksesnya oleh server pusat, hanya waktu tertentu saja

Bagaimana cara Restart CBTSync?:
Tekan tombol alt + f4

Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync:
Matikan proxy atau apabila memakai mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa

Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet:
Setelah di cek jaringan dengan mengakses via browser sanggup membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh

File lisensi error:
Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.

Serial Number tidak Muncul?:
Silahkan cek kembali
  1. konfigurasi jaringan, khususnya jaringan Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang memakai IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
  2. Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
  3. Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)

Lisensi tidak Valid:
  1. Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
  2. Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web unbk
  3. Pastikan fitur sharing sudah aktif
Berapa IP Address untuk Host Server:
192.168.0.199

Berapa IP Address untuk computer klien:
192.168.0.XXX, XXX diisi 1 s.d. 198 dan 201 s.d. 254

Apakah harus memakai OS 64 bit:
Bebas, sanggup memakai 32 atau 64 Bit namun jangan lupa setting Xambro bila memakai OS 32 Bit

Apa saja OS yang sanggup digunakan sebagai computer klien?:
Untuk windows, mulai dari XP hingga Windows 10, namun untuk XP harus menginstall net 3.5

Bagaimana cara reset login akseptor tes?:
Tekan tab reset login akseptor tes, kemudian tekan refresh peserta, kemudian tekan reset login, hingga muncul notifikasi, bahwa akseptor berhasil di reset

Siswa gagal melaksanakan tes:
siswa lapor kepada proktor dan proktor melaksanakan reset login peserta

Tombol Play listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris tidak muncul:
tekan tombol f5, bila masih tidak sanggup maka install ulang Chrome dengan yang terbaru, minimal versi 39

Ada waktu yang hilang bila terjadi kegagalan ujian:
tidak ada waktu yang dikurangi, siswa waktu akan sama dengan sisa waktu yang masih dimiliki siswa

Maaf, tidak ada tes yang valid, Silahkan hubungi Admin tes:
Siswa telah selesai mengerjakan tes, sehingga tidak sanggup mengerjakan soal ujian yang selesai dikerjakan meskipun masih ada sisa waktu

Apakah sanggup melaksanakan ujian dengan mata pelajaran yang berbeda dalam satu server pada dikala bersamaan?:
Tiap sesi hanya boleh satu mata pelajaran saja

Cara setting shared Folder:

  • Klik sajian device, shared clipboard, pilih bidirectional
  • Klik sajian device, drag and drop, pilih bidirectional
  • Shared folder > setting shared
  • Klik logo folder dan Plus
  • Pilih other, klik kawasan penyimpanan>save
  • Pilih network>vboxsvr
Apakah boleh mengkopi file VHD yang telah dipakai?:
Tidak, pastikan melaksanakan backup file VHD sebelum digunakan pada Virtual Box

Pada dikala create VM versi operating sistem tidak muncul WINDOWS 2012 (64bit):
  1. Cek hardware yang digunakan apakah 64 bit, 
  2. Cek OS di komputer server localhost memakai 64 Bit, 
  3. Cek BIOs pada configuration processor atau Security, aktifkan sajian virtualization

Mengapa tidak sanggup setting network di adapter lain?:
Shutdown terlebih dahulu VM, sebelum start VM kembali, didahului dengan mensetting Jaringan, untuk adapter 1 dan 2. Kaprikornus menambah dan setting adapter tidak sanggup dilakukan pada dikala sistem VM dalam kondisi berjalan. Proses setting ketika VM sedang berjalan akan menjadikan VM Crash

Bagaimana cara me-shutdown VM yang benar?:
Klik kanan pada logo windows didalam VM, klik Shutdown or sign out, klik shutdown, unplanned. tunggu hingga VM mati

Cara mengkopi file Xambro ke Komputer Klien:
Silahkan kopi folder Xambro ke komputer klien yang sanggup diambil pada folder prerequisite dibagian data pendukung di web unbk.kemdikbud.go.id

Warna goresan pena RUN pada Xambro berwarna Abu-abu:
  1. Pastikan hanya ada 1 server saja, 
  2. koneksi komputer klien hanya memakai LAN saja - disable/matikan adapter jaringan lainnya, 
  3. serta matikan firewall windows dan antivirus pada host, 4. jangan lupa settingan lokasi chrome disesuaikan

Aplikasi XAMBRO pada semua klien berwarna abu-abu:
Silahkan cek setting jaringan pada Virtual Box, pastikan NIC 1 ialah bridge dan NIC 2 ialah NAT

Xambro muncul 402:
Buka Task Manager dan pilih Chrome.exe, klik kanan dan klik end task, gres buka kembali Xambro, pastikan Xambro yang digunakan yang terbaru. file terdapat pada file pendukung UNBK, di web ini

Cara setting lokasi Chrome:
Silahkan klik kanan pada aplikasi chrome dan klik Properties, kopi alamat pada sasaran dan hilangkan tanda kutip dua, di awal dan di akhir, teladan C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe

Password Xambro:
defaultnya 12345

Xambro muncul 402:
Pastikan settingan Network pada server, adapter 1 ialah bridge dan tipenya harus diadaptasi dengan LAN yang akan diakses klien, 2. Tutup Xambro dan chrome, 3. buka kembali Xambro

Ketika menginstal Xambro muncul peringatan error:
Perhatikan Kemungkinan yang terjadi , 
a) .net framework dibawah 3.5 solusinya instal .net framework (kami sudah sediakan di folder prerequisite); 

b) File yang di copy ke client kurang dari 3 file (exambrowser.exe,exambrowser.exe.config, gma.useractivitymonitor.dll). Apabila paste file extension ke desktop jangan lupa paste shortcut ; 

c) chrome.exe yang terinstall tidak terinstall ke kegiatan files, cara mengeceknya ialah buka run command dengan cara menekan windows+R kemudian tulis di textboxnya dengan chrome.exe kemudian tekan ok.

Menjalankan Xambro namun tidak full screen?:
Sebelum menjalankan xambro, tutup terlebih dahulu browser yang ingin digunakan di xambro, contohnya chrome maka tutuplah chrome terlebih dahulu (jangan hanya di minimize) kemudian tekan RUN di Xambro. Sedangakan Untuk browser yang pada dikala di buka namun layarnya ti dak Maksimal (bukan full screen) maka maximize dulu dengan menekan tombol maximize di pojok kanan atas. Setelah itu tutup browsernya dan jalankan xambronya

Cara keluar dari Xambro:
Tekan Tombol CTRL kiri+h+c+b sesudah itu alt+F4

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018



Download File:
Kumpulan Solusi Permasalahan UNBK 2018.docx
Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018.docx

Sumber: Facebook Group Proktor & Teknisi UNBK SMA/SMK/MA/SMP/MTs (Dikutip tanggal 10 Februari 2018)

Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Troubleshooting Aplikasi UNBK 2018. Semoga sanggup bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Troubleshooting Aplikasi Unbk 2018"