Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018

Berikut ini yaitu berkas Surat Edaran Nomor 25/D/SE/BP/2018 wacana Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018 yang diterbitkan pada tanggal 9 Februari 2018 ditandatangani oleh Dirjen Dikdasmen dan dipublish di laman resmi Dapodikdasmen. Download file format PDF.

 Berikut ini yaitu berkas Surat Edaran Nomor  Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018
Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018

Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Surat Edaran Nomor 25/D/SE/BP/2018 wacana Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018:

SURAT EDARAN NOMOR: 25/D/SE/BP/2018
TENTANG
PEMUTAKHIRAN DATA POKOK PENDIDIKAN
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yth.
  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
  3. Kepala LPMP; Seluruh Indonesia

Dalam rangka pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) jenjang pendidikan dasar dan menengah Semester 2, Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan hormat kami mohon pertolongan Saudara atas hal-hal sebagai berikut:
  1. Sekolah melaksanakan pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan memakai Aplikasi Dapodik Versi 2018.b. File Aplikasi, formulir cetak, panduan dan perangkat pendataan lainnya sanggup di unduh di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  2. Sekolah sebagai sumber data langsung, diinstruksikan semoga meningkatkan kelengkapan, akurasi dan kebenaran data yang dikirimkan melalui aplikasi Dapodik.
  3. Kepala Sekolah mengesahkan dokumen Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) yang di-generate oleh sistem untuk diserahkan ke dinas pendidikan masing-masing sebagai dokumen formal tanggung jawab kebenaran data.
  4. Sekolah yang sudah tutup, merger, dan sudah tidak beroperasi lagi untuk segera melaksanakan peniadaan dari database Dapodik melalui aplikasi vervalsp.data.kemdikbud.go.id. 
  5. Sekolah yang tidak memutakhirkan Dapodik dianggap sudah tidak beroperasi/tutup dan dihapus dari database Dapodik. Untuk pengaktifan kembali, sanggup menghubungi admin Dapodik Kemendikbud melalui alamat email dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id.
  6. Batas simpulan pengiriman Dapodik untuk jadwal BOS triwulan 1 yaitu 30 April 2018, namun pemutakhiran data Dapodik sanggup berjalan hingga simpulan semester.
  7. Prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik tidak berbeda dari tahun sebelumnya.
  8. Dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota mensosialisasikan sekaligus melaksanakan bimbingan teknis ke seluruh sekolah dalam rangka pemutakhiran data Dapodik.
  9. LPMP melaksanakan validasi data Dapodik secara aktif dengan memakai instrumen aplikasi yang sudah disiapkan di laman validasi.dikdasmen.kemdikbud.go.id dalam rangka meningkatkan mutu dan validitas data Dapodik.
  10. Pengisian nilai rapot memakai aplikasi e-rapot yang sudah di siapkan oleh masing-masing direktorat teknis SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan sudah terintegrasi dengan Dapodik.
  11. Pengawas sekolah melaksanakan pengawasan, monitoring, dan mendorong sekolah untuk segera memutakhirkan data Dapodik.
  12. Untuk menghindari duplikasi data akseptor didik yang mutasi, mekanisme mutasi akseptor didik sanggup difasilitasi dengan memakai fitur tarik akseptor didik dari laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id sekaligus mencetak surat pengantar mutasi akseptor didik dari sistem.
  13. Pengisian titik koordinat kawasan tinggal akseptor didik dan PTK untuk penerapan kebijakan zonasi.
  14. Bagi akseptor didik maupun PTK penghayat kepercayaan pada kolom agama pilih "Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa".
  15. Hati-hati terhadap penipuan, ajakan data ke sekolah-sekolah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kemendikbud. Seluruh ajakan data pokok pendidikan oleh Kemendikbud hanya melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2018.b, yaitu sebagai berikut:
  1. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada akseptor diclik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran.
  2. [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK kalau status satuan manajemen pangkal (SATMINKAL) ada disekolah non induk.
  3. [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1 :9).
  4. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password saat akan menciptakan akun GTK.
  5. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku.
  6. [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum, clan jurusan pada rombongan mencar ilmu kalau pembelajaran sudah terisi.
  7. [PembaruanjPenarnbahan kolom lintang dan bujur pada PTK.
  8. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada Peserta Didik.
  9. [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semuajenjang pendidikan.
  10. [Pembaruan] Perubahan sajian utama.
  11. [Pembaruan] Penambahan pada rombongan mencar ilmu untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS).
  12. [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi akseptor didik.
  13. [Pembaruan] Penambahan fitur cek info terkait profil guru dan tenaga kependidikan.
  14. [Pernbaruan] Perubahan, pembiasaan dan penyempumaan struktur database dengan UI pada aplikasi.
  15. [Perbaikan] Penonaktifan tambah GTK untuk provinsi Papua dan Papua Barat. 
  16. [PerbaikanJ Pengaktifan kembali sajian nilai.
  17. [Perbaikan] Perbaikan, pembiasaan dan penyempumaan fitur penginputan nilai.
  18.  [Perbaikan]J Perbaikan security aplikasi.
  19. [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi.
  20. [Perbaikan] Perbaikan bugs saat rrienambah mata pelajaran untuk jenjang SMA.
Surat Edaran ini disampaikan untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

    Download Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Surat Edaran Nomor 25/D/SE/BP/2018 wacana Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018



    Download File:
    Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.pdf

    Sumber: http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Surat Edaran Nomor 25/D/SE/BP/2018 wacana Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018. Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018"