Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Kesehatan Ilmu Kesehatan

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan
Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan

Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan

Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama untuk meningkatkan mutu pembelajaran dengan menyediakan sumber berguru telah ditetapkan jadwal penyusunan buku pelajaran kejuruan pada tahun 2007. Salah satu dari buku pelajaran kejuruan yang diprogramkan untuk ditulis ialah buku dengan judul ”Ilmu Kesehatan”. Buku tersebut rencananya akan dipakai untuk pegangan para Guru dan Siswa Sekolah Menengah kejuruan di seluruh Indonesia.

Mengingat banyak dan beragamnya topik bahasan atau problem dalam bidang ilmu kesehatan, maka untuk menjaring kebutuhan yang otentik dari para guru dan semoga sesuai dengan kebutuhan kompetensi siswa kejuruan dipilihkan bahan dengan topik-topik bahasan yang relevan dengan kebutuhan untuk proses berguru dan mengajar di SMK. Pada tataran kesehatan pribadi dikaji wacana struktur-fungsi dan kesehatan dari masing-masing sistem organ tubuh manusia. Pada tataran kesehatan masyarakat dibahas beberapa topik penting antara lain gizi dan makanan, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, kesehatan olahraga, obat dan penyalahgunaan obat.

Dengan kata lain, orang sehat ialah orang yang mempunyai kondisi fisik, jiwa, dan sosial sanggup berfungsi secara normal. betul-betul sanggup menikmati hidupnya, sejahtera, bebas dari gangguan penyakit, emosional, intelektual, dan sosial.

Setiap insan niscaya sangat mengidam-idamkan tubuhnya selalu dalam kondisi sehat. Kesehatan menempati posisi penting dalam kehidupan setiap insan sebab sehat merupakan kebutuhan dasar dan hak setiap orang. Kondisi sehat merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia, dan sebagai suatu syarat untuk mewujudkan perkembangan jasmani, rohani (mental), sosial, dan ekonomi yang seimbang. Oleh sebab itu, masuk akal kalau secara alami semua orang selalu berusaha semoga dirinya dalam kondisi sehat.

Kesehatan pribadi sanggup dicapai secara fisik, apabila seluruh kegiatan kehidupan insan berfunsgi nromal dan seimbang (homeostasis) seperti: mencerna makanan, metabolisme, mengedarkan zat-zat kuliner ke seluruh jaringan tubuh melalui sistem sirkulasi, melaksanakan pernafasan, tumbuh dan berkembang, melaksanakan pengeluaran sisa-sisa metabolisme melalui sistem ekskresi, melaksanakan gerakan melalui rangka tulang dan otot (lokomosi), peka terhadap rangsangan (irritabilitas) melalui indera, dan melaksanakan perkembang-biakan melalui sistem reproduksi. 

Pola makan yang tidak sehat, Olahraga merupakan sebagian kegiatan fisik secara teratur dan terukur untuk meningkatkan kebugaran dan derajat kesehatan.. Kesehatan olahraga memperlihatkan pelayanan kepada masyarakat semoga masyarakat terhindar dari aneka macam penyakit tidak menular dan sanggup meningkatakan derajat kesehatan, kebugaran serta produktifitas kerja. Jenis olahraga, manfaat olahraga, persiapan sebelum olahraga, olahraga yang baik dan yang perlu diperhatikan sehabis berolahraga, yang tidak dianjurkan berolahraga. Kebugaran jasmani, komponen kebugaran jasmani, komposisi tubuh, kelenturan/fleksibilitas tubuh, kekuatan otot, daya tahan, jantung paru, daya tahan otot. faktor-faktor yang mensugesti kebugaran jasmani.

Kesehatan masyarakat Begitu pula kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan tidak sanggup berjalan dengan baik. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut: tingkat pendidikan masyarakat, adat-istiadat, kepercayaan, dan sikap (budaya). Kondisi tersebut merupakan beberapa pola dari permasalahan yang menghambat perwujudan kesehatan masyarakat. Program pencegahan sanggup dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi yang benar dan teratur. Pencegahan penyakit menular melalui 3 cara: eliminasi, memutus siklus, dan imunisasi (vaksinasi).

Kesehatan lingkungan, Fakta dalam kehidupan kita sehari-hari, memperlihatkan derajat kesehatan masyarakat masih kurang mendapat perhatian yang memadai. Pengamatan empirik di lapangan masih sering dijumpai kondisi rumah kawasan tinggal yang tidak sehat, lingkungan kotor, kawasan mandi basuh dan kakus (MCK) jorok, kawasan pembuangan sampah dan limbah rumah-tangga tidak tertata.

Kesehatan dan keselamatan kerja, Penyakit tidak menular ialah jenis penyakit yang tidak menular ibarat cacat fisik, gangguan mental, kanker, penyakit degeneratif, penyakit gangguan metabolisme, dan kelainan-kelainan organ tubuh lain penyakit jantung, pembuluh darah, penyakit tekanan darah tinggi, penyakit kencing manis, berat tubuh lebih, osteoporosis, kanker usus, depresi dan kecemasan. Penyakit menular ialah penyakit yang sanggup ditularkan dari orang satu ke orang lain baik secara eksklusif maupun melalui perantara. Sumber penularan, cara penyakit masuk ke dalam tubuh tubuh yang sehat, infeksi, prosedur terjadinya penyakit melibatkan aneka macam faktor antara lain: agen, induk semang (hospes), dan lingkungan yang dikenal dengan penyebab beragam suatu penyakit. Cara penularan sanggup melalui akses pernafasan, akses makanan, akses kelamin, dan kulit.

Meskipun demikian, dalam keadaan tidak sakit (sehat) ada beberapa gelintir orang yang kurang memperhatikan dan menghargai kesehatannya. Sebagai pola konkrit penyalah-gunaan obat dan narkotika (Narkoba), menenggak minuman beralkohol, merokok, seks bebas dsb, semua kegiatan tersebut sanggup mengganggu kesehatan.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Ilmu Kesehatan. Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Kesehatan Ilmu Kesehatan"