Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Revisi 2017 Sd Mi Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

Berikut ini yakni berkas Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2. Download file format PDF.

 Berikut ini yakni berkas Buku Guru dan Siswa Revisi  Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2
Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 6 Cita-Citaku
  • Subtema 1 Aku dan cita-citaku
  • Subtema 2 Hebatnya cita-citaku
  • Subtema 3 Giat berusaha meraih cita-cita

Buku Siswa Guru dan Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
  • Subtema 1 Keragaman suku bangsa dan agama di negeriku
  • Subtema 2 Indahnya keragaman budaya negeriku
  • Subtema 3 Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku

Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
  • Subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku
  • Subtema 2 Keunikan kawasan tempat tinggalku
  • Subtema 3 Bangga terhadap kawasan tempat tinggalku

Buku Guru dan Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2017 Tema 9 Kaya Negeriku
  • Subtema 1 Kekayaan sumber energi di Indonesia
  • Subtema 2 Pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia
  • Subtema 3 Pelestarian sumber daya alam Indonesia
  • Subtema 4 Karyaku prestasiku

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2:

Tentang Buku Guru
Buku ini disusun semoga guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:
  1. jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dari banyak sekali mata pelajaran,
  2. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
  3. pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
  4. berbagai teknik evaluasi penerima didik,
  5. informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan,
  6. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberi kesempatan kepada orang bau tanah untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru penerima didik di rumah, dan petunjuk penggunaan buku penerima didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk berbagi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) penerima didik melalui kegiatan yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
  1. membuka pelajaran yang menarik perhatian penerima didik, menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memperlihatkan duduk kasus dan sebagainya,
  2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga penerima didik sanggup mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
  3. memantik pengetahuan penerima didik yang diperoleh sebelumnya semoga penerima didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
  4. memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu penerima didik memahami konsep,
  5. memberi kiprah yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
  6. memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
  7. memberi umpan balik yang akan memperkuat pemahaman penerima didik. 
Bagaimana Menggunakan Buku Guru
Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku penerima didik dan sebagai pola kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memerhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar yang terkait dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan buku penerima didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, penerima didik tidak sanggup mengamati flora di luar kelas pada waktu hujan).
  7. Beragam taktik pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya penerima didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan penerima didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester II terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas ahad ke-4 berupa banyak sekali kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan ahad ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang akrab dengan keseharian penerima didik. 
  13. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku penerima didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya penerima didik dan bukti penilaiannya sanggup dimasukkan ke dalam portofolio penerima didik.
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi sesudah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menjadikan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua penerima didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap penerima didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman wacana kecerdasan majemuk, gaya berguru penerima didik serta bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan berguru penerima didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan kesepakatan guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap final sub tema Buku siswa, terdapat lembar untuk orang bau tanah yang berjudul ‘Kerja sama dengan Orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, kegiatan berguru yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran semoga anak dan orang bau tanah bisa berguru dari lingkungan. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan kegiatan berguru anak. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara penerima didik dan orang bau tanah dicantumkan juga pada final setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang bau tanah berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan orang bau tanah dan penerima didik di rumah.

    Download Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku guru dan buku siswa dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:





    Download File:

    Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 6 Cita-Citaku
    Kelas IV Tema 6 BG.pdf
    Kelas IV Tema 6 BS.pdf

    Buku Guru dan Siswa Guru Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
    Kelas IV Tema7 BG.pdf
    Kelas IV Tema 7 BS.pdf

    Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
    Kelas IV Tema 8 BG.pdf
    Kelas IV Tema 8 BS.pdf

    Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 9 Kaya Negeriku
    Kelas IV Tema 9 BG.pdf
    Kelas IV Tema 9 BS.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa Revisi 2017 SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Revisi 2017 Sd Mi Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2"