Buku Pegangan Pembelajaran Hots Tahun 2018
Berikut ini yaitu berkas Buku Pegangan Pembelajaran HOTS Tahun 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi - PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Download file format PDF.
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS Tahun 2018 |
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS Tahun 2018
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi - PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan berguru peserta didik dan mengahasilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional yaitu guru yang kompeten dalam membangun dan menyebarkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga sanggup menghasilkan peserta didik yang pandai dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah sentra maupun pemerintah kawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan acara yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada alhasil meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diharapkan sebuah buku pegangan guru yang memperlihatkan keterampilan menyebarkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada alhasil akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan berguru peserta didik dan mengahasilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional yaitu guru yang kompeten dalam membangun dan menyebarkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga sanggup menghasilkan peserta didik yang pandai dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah sentra maupun pemerintah kawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan acara yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada alhasil meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diharapkan sebuah buku pegangan guru yang memperlihatkan keterampilan menyebarkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada alhasil akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
BAGIAN I. PENDAHULUAN
A. RASIONAL
B. DASAR HUKUM
C. TUJUAN
D. SASARAN PEDOMAN
BAGIAN II. KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
A. KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)
1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
3. Amanat Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik
BAGIAN III. ANALISIS SKL, KI, DAN KD
A. ANALISIS SKL, KI, DAN KD
1. Analisis Standar Kelulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI)
B. PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPTENSI
BAGIAN II. KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
A. KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)
1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
3. Amanat Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik
BAGIAN III. ANALISIS SKL, KI, DAN KD
A. ANALISIS SKL, KI, DAN KD
1. Analisis Standar Kelulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI)
B. PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPTENSI
BAGIAN IV. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
A. PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Model Discovery/Inquiry Learning
2. Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL)
3. Model Pembelajaran Project-Based Learning
B. STRATEGI MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
BAGIAN V. DESAIN PEMBELAJARAN
A. PRINSIP PEMBELAJARAN
B. MEMAHAMI BENTUK PERTANYAAN
C. CONTOH PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK BERTANYA
D. LANGKAH DESAIN PEMBELAJARAN
1) Contoh Jenjang SD
2) Contoh Jenjang SMP
3) Contoh Jenjang SMA
4) Contoh Jenjang SMK
6. PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
7. PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap
2. Penilaian pengetahuan
3. Penilaian keterampilan
BAGIAN VI. PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR NAMA GURU PENYUSUNAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA HOTS
BAGIAN I. PENDAHULUAN
A. RASIONAL
Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah mempunyai kiprah yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Pentingnya kiprah guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3 yang berbunyi: “Pendidikan nasional berfungsi menyebarkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Sudah sangat terang fungsi guru dalam menyebarkan kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonsia.
Implementasi Kurikulum 2013 yang menjadi rujukan proses pembelajaran pada satuan pendidikan, sesuai kebijakan, perlu mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Integrasi tersebut bukan sebagai acara perhiasan atau sisipan, melainkan sebagai satu kesatuan mendidik dan berguru bagi seluruh pelaku pendidikan di satuan pendidikan. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 wacana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadikan pendidikan abjad sebagai “Gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat abjad peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai kepingan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)” (Pasal 1, ayat 1). Perpres ini menjadi landasan awal untuk kembali meletakkan pendidikan abjad sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, diperkuat dengan dikeluarkannya Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 wacana Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Penguatan Pendidikan Karakter menjadi kebijakan nasional yang harus diimplementasikan pada setiap training dalam rangka peningkatan kompetensi guru.
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) telah diikuti oleh sekitar 1.812.565 peserta didik Sekolah Menengan Atas dan MA di seluruh Indonesia yang berlangsung pada April 2018. Pelaksanaan UN tahun 2018 ini menimbulkan permasalahan yang sempat viral di media sosial. Keluhan yang banyak terjadi yaitu mengenai sulitnya soal-soal yang diberikan, terutama soal Matematika. Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sebuah kesempatan menyatakan bahwa bobot pada soal-soal
UNBK, terutama mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, memang berbeda dengan penilaian biasanya. Kementerian Pendidikan sudah mulai menerapkan standar internasional, baik itu untuk soal-soal Matematika, literasi maupun untuk Ilmu Pengetahuan Alam yaitu yang memerlukan daya budi tinggi, atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). (dilansir Kompas.Com).
Pemerintah mengharapkan para peserta didik mencapai banyak sekali kompetensi dengan penerapan HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi. Kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan penemuan (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration) dan kepercayaan diri (confidence). Lima hal yang disampaikan pemerintah yang menjadi sasaran abjad peserta didik itu menempel pada sistem penilaian kita dalam ujian nasional dan merupakan kecakapan periode 21. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal ujian nasional dicoba ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan acara yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Pemberdayaan komunitas GTK melalui Pusat Kegiatan Gugus/ Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) serta Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) merupakan salah satu prioritas acara Ditjen GTK dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tinggi tinggi. Oleh lantaran itu, Ditjen GTK melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (LPPPTK KPTK), Dinas Pendidikan dan instansi publik lainnya dalam menyebarkan pembelajaran berbasis komunitas GTK.
Buku ini disusun biar sanggup memperlihatkan pegangan dan panduan dalam melaksanakan perencanaan hingga proses pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi secara efektif, efisien, dan sesuai dengan mekanisme serta amanat Kurikulum 2013.
B. DASAR HUKUM
Buku yang menjadi pegangan dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dikembangkan dengan memperhatikan beberapa dasar kebijakan dan peraturan sebagai berikut.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 wacana Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 wacana Guru sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 wacana Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 wacana Guru.
- Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 wacana Penguatan Pendidikan Karakter;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 wacana Standar Komptensi Pengawas Sekolah/Madrasah.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 wacana Standar Komptensi Kepala Sekolah/Madrasah.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 wacana Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 wacana Standar Kualifikasi Akademik Konselor.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2008 wacana Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 wacana Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 wacana Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 wacana Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 wacana Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 wacana Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan.
- Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 7 Tahun 2018 wacana Pedoman Pelatihan Kurikulum 2013 bagi GTK Tahun 2018.
C. TUJUAN
Buku yang menjadi pegangan dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut.
- Memberikan teladan kepada guru dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
- Memberikan teladan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
- Memberikan teladan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
D. SASARAN PEDOMAN
Sasaran penggunaan buku ini yaitu sebagai berikut:
- Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
- Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
- Kepala Sekolah /Madrasah sebagai kepingan Supervisi Akademik.
- Pengawas Sekolah /Madrasah sebagai kepingan supervisi akademik dan manajerial.
BAGIAN II. KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
A. KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)
1. Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi.
a. Sebuah situasi berguru tertentu yang memerlukan taktik pembelajaran yang spesifik dan tidak sanggup dipakai di situasi berguru lainnya.
b. Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak sanggup diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, taktik dan kesadaran dalam belajar.
c. Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
d. Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik menyerupai penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Menurut beberapa ahli, definisi keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya dari Resnick (1987) yaitu proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, menciptakan kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun kekerabatan dengan melibatkan acara mental yang paling dasar. Keterampilan ini juga dipakai untuk menggarisbawahi banyak sekali proses tingkat tinggi berdasarkan jenjang taksonomi Bloom. Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua yaitu yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
a. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Transfer of Knowledge
Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam proses berguru dan mengajar.
1) Ranah Kognitif
Ranah kognitif mencakup kemampuan dari peserta didik dalam mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya. Proses ini berkenaan dengan kemampuan dalam berpikir, kompetensi dalam menyebarkan pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan dan penalaran. Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif berdasarkan Bloom merupakan segala acara pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah hingga tertinggi
Anderson dan Krathwoll melalui taksonomi yang direvisi mempunyai rangkaian proses-proses yang memperlihatkan kompleksitas kognitif dengan menambahkan dimensi pengetahuan, seperti:
1) Pengetahuan faktual, Pengetahuan faktual berisi elemen-elemen dasar yang harus diketahui para peserta didik kalau mereka akan dikenalkan dengan suatu disiplin atau untuk memecahkan duduk kasus apapun di dalamnya. Elemen-elemen biasanya merupakan simbol-simbol yang berkaitan dengan beberapa acuan konkret, atau "benang-benang simbol" yang memberikan informasi penting. Sebagian terbesar, pengetahuan faktual muncul pada level abstraksi yang relatif rendah. Dua kepingan jenis pengetahuan faktual yaitu Pengetahuan terminologi mencakup nama-nama dan simbol-simbol lisan dan non-verbal tertentu (contohnya kata-kata, angka-angka, tanda-tanda, dan gambar-gambar).
Pengetahuan yang detail dan elemen-elemen yang spesifik mengacu pada pengetahuan peristiwa-peristiwa, tempat-tempat, orang-orang, tanggal, sumber informasi, dan semacamnya.
2) Pengetahuan konseptual, Pengetahuan konseptual mencakup skema-skema, model-model mental, atau teori-teori eksplisit dan implisit dalam model-model psikologi kognitif yang berbeda. Pengetahuan konseptual mencakup tiga jenis:
Pengetahuan penjabaran dan kategori mencakup kategori, kelas, pembagian, dan penyusunan spesifik yang dipakai dalam pokok bahasan yang berbeda.
Prinsip dan generalisasi cenderung mendominasi suatu disiplin ilmu akademis dan dipakai untuk mempelajari fenomena atau memecahkan masalah-masalah dalam disiplin ilmu.
Pengetahuan teori, model, dan struktur mencakup pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dan generalisasi-generalisasi bersama dengan hubungan-hubungan diantara mereka yang menyajikan pandangan sistemis, jelas, dan lingkaran mengenai suatu fenomena, masalah, atau pokok bahasan yang kompleks.
3) Pengetahuan prosedural, "pengetahuan mengenai bagaimana" melaksanakan sesuatu. Hal ini sanggup berkisar dari melengkapi latihan-latihan yang cukup rutin hingga memecahkan masalah-masalah baru. Pengetahuan prosedural sering mengambil bentuk dari suatu rangkaian langkah-langkah yang akan diikuti. Hal ini mencakup pengetahuan keahlian-keahlian, algoritma-algoritma, tehnik-tehnik, dan metode-metode secara kolektif disebut sebagai prosedur-prosedur.
Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek Pengetahuan prosedural sanggup diungkapkan sebagai suatu rangkaian langkah- langkah, yang secara kolektif dikenal sebagai prosedur. Kadangkala langkah- langkah tersebut diikuti perintah yang pasti; di waktu yang lain keputusan-keputusan harus dibentuk mengenai langkah mana yang dilakukan selanjutmya. Dengan cara yang sama, kadang- kadang hasil alhasil pasti; dalam masalah lain hasilnya tidak pasti. Meskipun proses tersebut bisa niscaya atau lebih terbuka, hasil tamat tersebut secara umum dianggap niscaya dalam kepingan jenis pengetahuan.
Pengetahuan tehnik dan metode spesifik suatu subjek Pengetahuan tehnik dan metode spesifik suatu subjek mencakup pengetahuan yang secara luas merupakan hasil dari konsesus, persetujuan, atau norma- norma disipliner daripada pengetahuan yang lebih eksklusif merupakan suatu hasil observasi, eksperimen, atau penemuan. Bagian jenis pengetahuan ini secara umum menggambarkan bagaimana para jago dalam bidang atau disiplin ilmu tersebut berpikir dan menyelesai kan masalah-masalah daripada hasil- hasil dari pemikiran atau pemecahan duduk kasus tersebut.
Pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan memakai prosedur- mekanisme yang sempurna Sebelum terlibat dalam suau penyelidikan, para peserta didik sanggup diharapkan mengetahui metode-metode dan tehnik-tehnik yang telah dipakai dalam penyelidikan-penyelidikan yang sama. Pada suatu tingkatan nanti dalam penyelidikan tersebut, mereka sanggup diharapkan untuk memperlihatkan hubungan-hubungan antara metode-meode dan teknik-teknik yang mereka benar-benar lakukan dan metode-metode yang dilakukan oleh peserta didik lain.
4) Pengetahuan metakognitif, Pengetahuan metakognitif yaitu pengetahuan mengenai kesadaran secara umum sama halnya dengan kewaspadaan dan pengetahuan wacana kesadaran pribadi seseorang. Penekanan kepada peserta didik untuk lebih sadar dan bertanggung jawab untuk pengetahuan dan pemikiran mereka sendiri. Perkembangan para peserta didik akan menjadi lebih sadar dengan pemikiran mereka sendiri sama halnya dengan lebih banyak mereka mengetahui kesadaran secara umum, dan ketika mereka bertindak dalam kewaspadaan ini, mereka akan cenderung berguru lebih baik.
Pengetahuan taktik Pengetahuan strategis yaitu pengetahuan mengenai strategi-strategi umum untuk pembelajaran, berpikir, dan pemecahan masalah.
Pengetahuan mengenai kiprah kognitif, termasuk pengetahuan kontekstual dan kondisional Para peserta didik menyebarkan pengetahuan mengenai strategi-trategi pembelajaran dan berpikir, pengetahuan ini mencerminkan baik strategi-strategi umum apa yang dipakai dan bagaimana memakai mereka.
Pengetahuan diri
Kewaspadaan-diri mengenai kaluasan dan kelebaran dari dasar pengetahuan dirinya merupakan aspek penting pengetahuan-diri. Para peserta didik perlu memperhatikan terhadap jenis taktik yang berbeda. Kesadaran seseorang cenderung terlalu bergantung pada taktik tertentu, dimana terdapat strategi-strategi yang lain yang lebih sempurna untuk kiprah tersebut, sanggup mendorong ke arah suatu perubahan dalam penggunaan strategi.
Tingkat kemampuan berpikir dari sebuah pembelajaran dengan menciptakan matrik sesuai dengan tuntutan pembelajaran yang diinginkan. Pada matrik kekerabatan antara dimensi pengetahuan dan dimensi proses berpikir, untuk dimensi proses berpikir C1 s.d. C3 dengan seluruh dimensi pengetahuan dan C1 s.d. C6 dengan dimensi pengetahuan faktual, masuk kategori keterampilan berpikir tingkat rendah, sedangkan untuk C4 s.d. C6 untuk dimensi pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif merupakan katagori Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
2) Ranah Afektif
Kartwohl & Bloom juga menjelaskan bahwa selain kognitif, terdapat ranah afektif yang bekerjasama dengan sikap, nilai, perasaan, emosi serta derajat penerimaan atau penolakan suatu objek dalam kegiatan pembelajaran dan membagi ranah afektif menjadi 5 kategori.
Penerimaan semacam kepekaan dalam mendapatkan rangsangan atau stimulasi dari luar yang tiba pada diri peserta didik
Menanggapi suatu perilaku yang memperlihatkan adanya partisipasi aktif untuk mengikutsertakan dirinya dalam fenomena tertentu dan menciptakan reaksi terhadapnya dengan salah satu cara.
Penilaian memperlihatkan nilai, penghargaan dan kepercayaan terhadap suatu tanda-tanda atau stimulus tertentu.
Mengelola konseptualisasi nilai-nilai menjadi sistem nilai, serta pemantapan dan prioritas nilai yang telah dimiliki.
Karakterisasi keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki seseorang yang menghipnotis pola kepribadian dan tingkah lakunya.
Penilaian memperlihatkan nilai, penghargaan dan kepercayaan terhadap suatu tanda-tanda atau stimulus tertentu.
Mengelola konseptualisasi nilai-nilai menjadi sistem nilai, serta pemantapan dan prioritas nilai yang telah dimiliki.
Karakterisasi keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki seseorang yang menghipnotis pola kepribadian dan tingkah lakunya.
3) Ranah Psikomotor
Keterampilan proses psikomotor merupakan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan yang berkaitan dengan gerak fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan pada gerak dasar, perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, ekspresif dan interperatif.
Imitasi; Imitasi berarti menggandakan tindakan seseorang.
b. Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak sanggup diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, taktik dan kesadaran dalam belajar.
c. Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
d. Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik menyerupai penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Menurut beberapa ahli, definisi keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya dari Resnick (1987) yaitu proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, menciptakan kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun kekerabatan dengan melibatkan acara mental yang paling dasar. Keterampilan ini juga dipakai untuk menggarisbawahi banyak sekali proses tingkat tinggi berdasarkan jenjang taksonomi Bloom. Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua yaitu yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
a. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Transfer of Knowledge
Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam proses berguru dan mengajar.
1) Ranah Kognitif
Ranah kognitif mencakup kemampuan dari peserta didik dalam mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya. Proses ini berkenaan dengan kemampuan dalam berpikir, kompetensi dalam menyebarkan pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan dan penalaran. Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif berdasarkan Bloom merupakan segala acara pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah hingga tertinggi
Anderson dan Krathwoll melalui taksonomi yang direvisi mempunyai rangkaian proses-proses yang memperlihatkan kompleksitas kognitif dengan menambahkan dimensi pengetahuan, seperti:
1) Pengetahuan faktual, Pengetahuan faktual berisi elemen-elemen dasar yang harus diketahui para peserta didik kalau mereka akan dikenalkan dengan suatu disiplin atau untuk memecahkan duduk kasus apapun di dalamnya. Elemen-elemen biasanya merupakan simbol-simbol yang berkaitan dengan beberapa acuan konkret, atau "benang-benang simbol" yang memberikan informasi penting. Sebagian terbesar, pengetahuan faktual muncul pada level abstraksi yang relatif rendah. Dua kepingan jenis pengetahuan faktual yaitu Pengetahuan terminologi mencakup nama-nama dan simbol-simbol lisan dan non-verbal tertentu (contohnya kata-kata, angka-angka, tanda-tanda, dan gambar-gambar).
Pengetahuan yang detail dan elemen-elemen yang spesifik mengacu pada pengetahuan peristiwa-peristiwa, tempat-tempat, orang-orang, tanggal, sumber informasi, dan semacamnya.
2) Pengetahuan konseptual, Pengetahuan konseptual mencakup skema-skema, model-model mental, atau teori-teori eksplisit dan implisit dalam model-model psikologi kognitif yang berbeda. Pengetahuan konseptual mencakup tiga jenis:
Pengetahuan penjabaran dan kategori mencakup kategori, kelas, pembagian, dan penyusunan spesifik yang dipakai dalam pokok bahasan yang berbeda.
Prinsip dan generalisasi cenderung mendominasi suatu disiplin ilmu akademis dan dipakai untuk mempelajari fenomena atau memecahkan masalah-masalah dalam disiplin ilmu.
Pengetahuan teori, model, dan struktur mencakup pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dan generalisasi-generalisasi bersama dengan hubungan-hubungan diantara mereka yang menyajikan pandangan sistemis, jelas, dan lingkaran mengenai suatu fenomena, masalah, atau pokok bahasan yang kompleks.
3) Pengetahuan prosedural, "pengetahuan mengenai bagaimana" melaksanakan sesuatu. Hal ini sanggup berkisar dari melengkapi latihan-latihan yang cukup rutin hingga memecahkan masalah-masalah baru. Pengetahuan prosedural sering mengambil bentuk dari suatu rangkaian langkah-langkah yang akan diikuti. Hal ini mencakup pengetahuan keahlian-keahlian, algoritma-algoritma, tehnik-tehnik, dan metode-metode secara kolektif disebut sebagai prosedur-prosedur.
Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek Pengetahuan prosedural sanggup diungkapkan sebagai suatu rangkaian langkah- langkah, yang secara kolektif dikenal sebagai prosedur. Kadangkala langkah- langkah tersebut diikuti perintah yang pasti; di waktu yang lain keputusan-keputusan harus dibentuk mengenai langkah mana yang dilakukan selanjutmya. Dengan cara yang sama, kadang- kadang hasil alhasil pasti; dalam masalah lain hasilnya tidak pasti. Meskipun proses tersebut bisa niscaya atau lebih terbuka, hasil tamat tersebut secara umum dianggap niscaya dalam kepingan jenis pengetahuan.
Pengetahuan tehnik dan metode spesifik suatu subjek Pengetahuan tehnik dan metode spesifik suatu subjek mencakup pengetahuan yang secara luas merupakan hasil dari konsesus, persetujuan, atau norma- norma disipliner daripada pengetahuan yang lebih eksklusif merupakan suatu hasil observasi, eksperimen, atau penemuan. Bagian jenis pengetahuan ini secara umum menggambarkan bagaimana para jago dalam bidang atau disiplin ilmu tersebut berpikir dan menyelesai kan masalah-masalah daripada hasil- hasil dari pemikiran atau pemecahan duduk kasus tersebut.
Pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan memakai prosedur- mekanisme yang sempurna Sebelum terlibat dalam suau penyelidikan, para peserta didik sanggup diharapkan mengetahui metode-metode dan tehnik-tehnik yang telah dipakai dalam penyelidikan-penyelidikan yang sama. Pada suatu tingkatan nanti dalam penyelidikan tersebut, mereka sanggup diharapkan untuk memperlihatkan hubungan-hubungan antara metode-meode dan teknik-teknik yang mereka benar-benar lakukan dan metode-metode yang dilakukan oleh peserta didik lain.
4) Pengetahuan metakognitif, Pengetahuan metakognitif yaitu pengetahuan mengenai kesadaran secara umum sama halnya dengan kewaspadaan dan pengetahuan wacana kesadaran pribadi seseorang. Penekanan kepada peserta didik untuk lebih sadar dan bertanggung jawab untuk pengetahuan dan pemikiran mereka sendiri. Perkembangan para peserta didik akan menjadi lebih sadar dengan pemikiran mereka sendiri sama halnya dengan lebih banyak mereka mengetahui kesadaran secara umum, dan ketika mereka bertindak dalam kewaspadaan ini, mereka akan cenderung berguru lebih baik.
Pengetahuan taktik Pengetahuan strategis yaitu pengetahuan mengenai strategi-strategi umum untuk pembelajaran, berpikir, dan pemecahan masalah.
Pengetahuan mengenai kiprah kognitif, termasuk pengetahuan kontekstual dan kondisional Para peserta didik menyebarkan pengetahuan mengenai strategi-trategi pembelajaran dan berpikir, pengetahuan ini mencerminkan baik strategi-strategi umum apa yang dipakai dan bagaimana memakai mereka.
Pengetahuan diri
Kewaspadaan-diri mengenai kaluasan dan kelebaran dari dasar pengetahuan dirinya merupakan aspek penting pengetahuan-diri. Para peserta didik perlu memperhatikan terhadap jenis taktik yang berbeda. Kesadaran seseorang cenderung terlalu bergantung pada taktik tertentu, dimana terdapat strategi-strategi yang lain yang lebih sempurna untuk kiprah tersebut, sanggup mendorong ke arah suatu perubahan dalam penggunaan strategi.
Tingkat kemampuan berpikir dari sebuah pembelajaran dengan menciptakan matrik sesuai dengan tuntutan pembelajaran yang diinginkan. Pada matrik kekerabatan antara dimensi pengetahuan dan dimensi proses berpikir, untuk dimensi proses berpikir C1 s.d. C3 dengan seluruh dimensi pengetahuan dan C1 s.d. C6 dengan dimensi pengetahuan faktual, masuk kategori keterampilan berpikir tingkat rendah, sedangkan untuk C4 s.d. C6 untuk dimensi pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif merupakan katagori Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
2) Ranah Afektif
Kartwohl & Bloom juga menjelaskan bahwa selain kognitif, terdapat ranah afektif yang bekerjasama dengan sikap, nilai, perasaan, emosi serta derajat penerimaan atau penolakan suatu objek dalam kegiatan pembelajaran dan membagi ranah afektif menjadi 5 kategori.
Penerimaan semacam kepekaan dalam mendapatkan rangsangan atau stimulasi dari luar yang tiba pada diri peserta didik
Menanggapi suatu perilaku yang memperlihatkan adanya partisipasi aktif untuk mengikutsertakan dirinya dalam fenomena tertentu dan menciptakan reaksi terhadapnya dengan salah satu cara.
Penilaian memperlihatkan nilai, penghargaan dan kepercayaan terhadap suatu tanda-tanda atau stimulus tertentu.
Mengelola konseptualisasi nilai-nilai menjadi sistem nilai, serta pemantapan dan prioritas nilai yang telah dimiliki.
Karakterisasi keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki seseorang yang menghipnotis pola kepribadian dan tingkah lakunya.
Penilaian memperlihatkan nilai, penghargaan dan kepercayaan terhadap suatu tanda-tanda atau stimulus tertentu.
Mengelola konseptualisasi nilai-nilai menjadi sistem nilai, serta pemantapan dan prioritas nilai yang telah dimiliki.
Karakterisasi keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki seseorang yang menghipnotis pola kepribadian dan tingkah lakunya.
3) Ranah Psikomotor
Keterampilan proses psikomotor merupakan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan yang berkaitan dengan gerak fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan pada gerak dasar, perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, ekspresif dan interperatif.
Imitasi; Imitasi berarti menggandakan tindakan seseorang.
Manipulasi; Manipulasi berarti melaksanakan keterampilan atau menghasilkan produk dengan cara dengan mengikuti petunjuk umum, bukan berdasarkan observasi. Pada kategori ini, peserta didik dipandu melalui arahan untuk melaksanakan keterampilan tertentu.
Presisi; Presisi berarti secara independen melaksanakan keterampilan atau menghasilkan produk dengan akurasi, proporsi, dan ketepatan. Dalam bahasa sehari-hari, kategori ini dinyatakan sebagai “tingkat mahir”.
Artikulasi; Artikulasi artinya memodifikasi keterampilan atau produk agar sesuai dengan situasi baru, atau menggabungkan lebih dari satu keterampilan dalam urutan serasi dan konsisten.
Naturalisasi; Naturalisasi artinya menuntaskan satu atau lebih keterampilan dengan gampang dan menciptakan keterampilan otomatis dengan tenaga fisik atau mental yang ada. Pada kategori ini, sifat acara telah otomatis, sadar penguasaan aktivitas, dan penguasaan keterampilan terkait sudah pada tingkat strategis (misalnya sanggup menentukan langkah yang lebih efisien).
b. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Critical and Creative Thinking
John Dewey mengemukakan bahwa berpikir kritis secara esensial sebagai sebuah proses aktif, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, mengajukan banyak sekali pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif (Fisher, 2009).
Berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan yang muncul, mengambil keputusan, menganalisis semua perkiraan yang muncul dan melaksanakan pemeriksaan atau penelitian berdasarkan data dan informasi yang telah didapat sehingga menghasilkan informasi atau simpulan yang diinginkan.
Focus Mengidentifikasi duduk kasus dengan baik
Reason Alasan-alasan yang diberikan bersifat logis atau tidak untuk disimpulkan menyerupai yang telah ditentukan dalam permasalahan
Inference Jika alasan yang dikembangkan yaitu tepat, maka alasan tersebut harus cukup hingga pada kesimpulan yang sebenarnya
Situation Membandingkan dengan situasi yang sebenarnya
Clarity Harus ada kejelasan istilah maupun klarifikasi yang dipakai pada argumen sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengambil kesimpulan
Overview Pengecekan terhadap sesuatu yang telah ditemukan, diputuskan, diperhatikan, dipelajari, dan disimpulkan.
Berfikir kreatif merapakan kemampuan yang sebagian besar dari kita yang terlahir bukan bukan pemikir kreatif alami. Perlu teknik khusus yang diharapkan untuk membantu memakai otak kita dengan cara yang berbeda. Masalah pada pemikiran kreatif yaitu bahwa hampir secara definisi dari setiap inspirasi yang belum diperiksa akan terdengar absurd dan mengada-ngada bahkan terdengar gila. Tetapi solusi yang baik mungkin akan terdengar absurd pada awalnya. Sayangnya, itu sebabnya sering tidak akan diungkapkan dan mencoba untuk mengajukannya.
Berpikir kreatif sanggup berupa pemikiran imajinatif, menghasilkan banyak kemungkinan solusi, berbeda, dan bersifat lateral.
Keterampilan berpikir kritis dan kreatif berperan penting dalam mempersiapkan peserta didik biar menjadi pemecah duduk kasus yang baik dan bisa menciptakan keputusan maupun kesimpulan yang matang dan bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.
c. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Problem SolvingKeterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai problem solving diharapkan dalam proses pembelajaran, lantaran pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan pembelajaran berorientasi pada keterampilan tingkat tinggi tidak sanggup dipisahkan dari kombinasi keterampilan berpikir dan keterampilan kreativitas untuk pemecahan masalah.
Keterampilan pemecahan duduk kasus merupakan keterampilan para jago yang mempunyai harapan besar lengan berkuasa untuk sanggup memecahkan duduk kasus yang muncul pada kehidupan sehari- hari. Peserta didik secara individu akan mempunyai keterampilan pemecahan duduk kasus yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Mourtos, Okamoto dan Rhee, ada enam aspek yang sanggup dipakai untuk mengukur sejauh mana keterampilan pemecahan duduk kasus peserta didik, yaitu:
Presisi; Presisi berarti secara independen melaksanakan keterampilan atau menghasilkan produk dengan akurasi, proporsi, dan ketepatan. Dalam bahasa sehari-hari, kategori ini dinyatakan sebagai “tingkat mahir”.
Artikulasi; Artikulasi artinya memodifikasi keterampilan atau produk agar sesuai dengan situasi baru, atau menggabungkan lebih dari satu keterampilan dalam urutan serasi dan konsisten.
Naturalisasi; Naturalisasi artinya menuntaskan satu atau lebih keterampilan dengan gampang dan menciptakan keterampilan otomatis dengan tenaga fisik atau mental yang ada. Pada kategori ini, sifat acara telah otomatis, sadar penguasaan aktivitas, dan penguasaan keterampilan terkait sudah pada tingkat strategis (misalnya sanggup menentukan langkah yang lebih efisien).
b. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Critical and Creative Thinking
John Dewey mengemukakan bahwa berpikir kritis secara esensial sebagai sebuah proses aktif, dimana seseorang berpikir segala hal secara mendalam, mengajukan banyak sekali pertanyaan, menemukan informasi yang relevan daripada menunggu informasi secara pasif (Fisher, 2009).
Berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan yang muncul, mengambil keputusan, menganalisis semua perkiraan yang muncul dan melaksanakan pemeriksaan atau penelitian berdasarkan data dan informasi yang telah didapat sehingga menghasilkan informasi atau simpulan yang diinginkan.
Focus Mengidentifikasi duduk kasus dengan baik
Reason Alasan-alasan yang diberikan bersifat logis atau tidak untuk disimpulkan menyerupai yang telah ditentukan dalam permasalahan
Inference Jika alasan yang dikembangkan yaitu tepat, maka alasan tersebut harus cukup hingga pada kesimpulan yang sebenarnya
Situation Membandingkan dengan situasi yang sebenarnya
Clarity Harus ada kejelasan istilah maupun klarifikasi yang dipakai pada argumen sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengambil kesimpulan
Overview Pengecekan terhadap sesuatu yang telah ditemukan, diputuskan, diperhatikan, dipelajari, dan disimpulkan.
Berfikir kreatif merapakan kemampuan yang sebagian besar dari kita yang terlahir bukan bukan pemikir kreatif alami. Perlu teknik khusus yang diharapkan untuk membantu memakai otak kita dengan cara yang berbeda. Masalah pada pemikiran kreatif yaitu bahwa hampir secara definisi dari setiap inspirasi yang belum diperiksa akan terdengar absurd dan mengada-ngada bahkan terdengar gila. Tetapi solusi yang baik mungkin akan terdengar absurd pada awalnya. Sayangnya, itu sebabnya sering tidak akan diungkapkan dan mencoba untuk mengajukannya.
Berpikir kreatif sanggup berupa pemikiran imajinatif, menghasilkan banyak kemungkinan solusi, berbeda, dan bersifat lateral.
Keterampilan berpikir kritis dan kreatif berperan penting dalam mempersiapkan peserta didik biar menjadi pemecah duduk kasus yang baik dan bisa menciptakan keputusan maupun kesimpulan yang matang dan bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.
c. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Problem SolvingKeterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai problem solving diharapkan dalam proses pembelajaran, lantaran pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan pembelajaran berorientasi pada keterampilan tingkat tinggi tidak sanggup dipisahkan dari kombinasi keterampilan berpikir dan keterampilan kreativitas untuk pemecahan masalah.
Keterampilan pemecahan duduk kasus merupakan keterampilan para jago yang mempunyai harapan besar lengan berkuasa untuk sanggup memecahkan duduk kasus yang muncul pada kehidupan sehari- hari. Peserta didik secara individu akan mempunyai keterampilan pemecahan duduk kasus yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Mourtos, Okamoto dan Rhee, ada enam aspek yang sanggup dipakai untuk mengukur sejauh mana keterampilan pemecahan duduk kasus peserta didik, yaitu:
1) Menentukan masalah, dengan mendefinisikan masalah, menjelaskan permasalahan, untuk mendefinisikan duduk kasus sehingga menjadi lebih detail, dan mempersiapkan kriteria untuk menentukan hasil pembahasan dari duduk kasus yang dihadapi.
2) Mengeksplorasi masalah, dengan menentukan objek yang bekerjasama dengan masalah, mengusut duduk kasus yang terkait dengan perkiraan dan menyatakan hipotesis yang terkait dengan masalah.
3) Merencanakan solusi dimana peserta didik menyebarkan planning untuk memecahkan masalah, memetakan sub-materi yang terkait dengan masalah, menentukan teori prinsip dan pendekatan yang sesuai dengan masalah, dan menentukan informasi untuk menemukan solusi.
4) Melaksanakan rencana, pada tahap ini peserta didik menerapkan planning yang telah ditetapkan.
5) Memeriksa solusi, mengevaluasi solusi yang dipakai untuk memecahkan masalah.
6) Mengevaluasi, dalam langkah ini, solusi diperiksa, perkiraan yang terkait dengan solusi dibuat, memperkirakan hasil yang diperoleh ketika mengimplementasikan solusi dan mengkomunikasikan solusi yang telah dibuat.
2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
Pembelajaran periode 21 memakai istilah yang dikenal sebagai 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity), yaitu empat keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan periode ke-21 (P21) sebagai keterampilan sangat penting dan diharapkan untuk pendidikan periode ke-21.
a. Kerangka Kerja enGauge 21st Century Skill
Perkembangan ilmu kognitif memperlihatkan bahwa hasil yang diharapkan dalam pembelajaran akan meningkat secara signifikan ketika peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran melalui pengalaman dunia nyata yang otentik. Keterampilan enGauge Abad ke-21 dibangun berdasarkan hasil penelitian yang terus-menerus serta mejawab kebutuhan pembelajaran yang secara terang mendefinisikan apa yang diharapkan peserta didik biar sanggup berkembang di era digital ketika ini
1) Digital Age Literacy/Era Literasi Digital
Literasi ilmiah, matematika, dan teknologi dasar
Literasi visual dan informasi
Literasi budaya dan kesadaran global
2) Inventive Thinking/Berpikir Inventif
Adaptablility dan kemampuan untuk mengelola kompleksitas
Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko
Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal
3) Effective Communication/Komunikasi yang Efektif
Keterampilan, kolaborasi, dan interpersonal
Tanggung jawab pribadi dan sosial
Komunikasi interaktif
4) High Productivity/Produktivitas Tinggi
Kemampuan untuk memprioritaskan, merencanakan, dan mengelola hasil
Penggunaan alat dunia nyata yang efektif
Produk yang relevan dan berkualitas tinggi
b. Kerangka konsep berpikir periode 21 di Indonesia
Implementasi dalam merumuskan kerangka sesuai P21 bersifat mutidisiplin, artinya semua materi sanggup didasarkan sesuai kerangka P21. Untuk melengkapi kerangka P21 sesuai dengan tuntutan Pendidikan di Indoensia, berdasarkan hasil kajian dokumen pada UU Sisdiknas, Nawacita, dan RPJMN Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi, diperoleh 2 standar perhiasan sesuai dengan kebijakan Kurikulum dan kebijakan Pemerintah, yaitu sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter pada Pengembangan Karakter (Character Building) dan Nilai Spiritual (Spiritual Value). Secara keseluruhan standar P21 di Indonesia ini dirumuskan menjadi Indonesian Partnership for 21 Century Skill Standard (IP-21CSS)
c. Contoh Desain Pembelajaran memakai 4Cs
Dalam proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, 4Cs sanggup dipakai dan dipetakan dalam perencanaan pembelajaran. Berikut yaitu contoh yang sanggup dijabarkan dari persiapan pembelajaran.
3. Amanat Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik
Proses pembelajaran sanggup dipadankan dengan suatu proses ilmiah, lantaran itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, para ilmuwan lebih mengedepankan pikiran sehat induktif (inductive reasoning) yang memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik simpulan secara keseluruhan. Metode ilmiah merujuk pada teknik-teknik pemeriksaan atas suatu fenomena/gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya.
Untuk sanggup disebut ilmiah, metode pencarian (method of inquiry) harus berbasis pada bukti-bukti dari objek yang sanggup diobservasi, empiris, dan terukur dengan prinsip-prinsip pikiran sehat yang spesifik. Metode ilmiah pada umumnya memuat serangkaian acara pengumpulan data melalui observasi, eksperimen, mengolah informasi atau data, menganalisis, kemudian memformulasi, dan menguji hipotesis.
Proses pembelajaran saintifik memuat aktivitas:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi/mencoba;
d. mengasosiasikan/mengolah informasi; dan
2) Mengeksplorasi masalah, dengan menentukan objek yang bekerjasama dengan masalah, mengusut duduk kasus yang terkait dengan perkiraan dan menyatakan hipotesis yang terkait dengan masalah.
3) Merencanakan solusi dimana peserta didik menyebarkan planning untuk memecahkan masalah, memetakan sub-materi yang terkait dengan masalah, menentukan teori prinsip dan pendekatan yang sesuai dengan masalah, dan menentukan informasi untuk menemukan solusi.
4) Melaksanakan rencana, pada tahap ini peserta didik menerapkan planning yang telah ditetapkan.
5) Memeriksa solusi, mengevaluasi solusi yang dipakai untuk memecahkan masalah.
6) Mengevaluasi, dalam langkah ini, solusi diperiksa, perkiraan yang terkait dengan solusi dibuat, memperkirakan hasil yang diperoleh ketika mengimplementasikan solusi dan mengkomunikasikan solusi yang telah dibuat.
2. Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
Pembelajaran periode 21 memakai istilah yang dikenal sebagai 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity), yaitu empat keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan periode ke-21 (P21) sebagai keterampilan sangat penting dan diharapkan untuk pendidikan periode ke-21.
a. Kerangka Kerja enGauge 21st Century Skill
Perkembangan ilmu kognitif memperlihatkan bahwa hasil yang diharapkan dalam pembelajaran akan meningkat secara signifikan ketika peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran melalui pengalaman dunia nyata yang otentik. Keterampilan enGauge Abad ke-21 dibangun berdasarkan hasil penelitian yang terus-menerus serta mejawab kebutuhan pembelajaran yang secara terang mendefinisikan apa yang diharapkan peserta didik biar sanggup berkembang di era digital ketika ini
1) Digital Age Literacy/Era Literasi Digital
Literasi ilmiah, matematika, dan teknologi dasar
Literasi visual dan informasi
Literasi budaya dan kesadaran global
2) Inventive Thinking/Berpikir Inventif
Adaptablility dan kemampuan untuk mengelola kompleksitas
Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko
Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal
3) Effective Communication/Komunikasi yang Efektif
Keterampilan, kolaborasi, dan interpersonal
Tanggung jawab pribadi dan sosial
Komunikasi interaktif
4) High Productivity/Produktivitas Tinggi
Kemampuan untuk memprioritaskan, merencanakan, dan mengelola hasil
Penggunaan alat dunia nyata yang efektif
Produk yang relevan dan berkualitas tinggi
b. Kerangka konsep berpikir periode 21 di Indonesia
Implementasi dalam merumuskan kerangka sesuai P21 bersifat mutidisiplin, artinya semua materi sanggup didasarkan sesuai kerangka P21. Untuk melengkapi kerangka P21 sesuai dengan tuntutan Pendidikan di Indoensia, berdasarkan hasil kajian dokumen pada UU Sisdiknas, Nawacita, dan RPJMN Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi, diperoleh 2 standar perhiasan sesuai dengan kebijakan Kurikulum dan kebijakan Pemerintah, yaitu sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter pada Pengembangan Karakter (Character Building) dan Nilai Spiritual (Spiritual Value). Secara keseluruhan standar P21 di Indonesia ini dirumuskan menjadi Indonesian Partnership for 21 Century Skill Standard (IP-21CSS)
c. Contoh Desain Pembelajaran memakai 4Cs
Dalam proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, 4Cs sanggup dipakai dan dipetakan dalam perencanaan pembelajaran. Berikut yaitu contoh yang sanggup dijabarkan dari persiapan pembelajaran.
3. Amanat Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik
Proses pembelajaran sanggup dipadankan dengan suatu proses ilmiah, lantaran itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, para ilmuwan lebih mengedepankan pikiran sehat induktif (inductive reasoning) yang memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik simpulan secara keseluruhan. Metode ilmiah merujuk pada teknik-teknik pemeriksaan atas suatu fenomena/gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya.
Untuk sanggup disebut ilmiah, metode pencarian (method of inquiry) harus berbasis pada bukti-bukti dari objek yang sanggup diobservasi, empiris, dan terukur dengan prinsip-prinsip pikiran sehat yang spesifik. Metode ilmiah pada umumnya memuat serangkaian acara pengumpulan data melalui observasi, eksperimen, mengolah informasi atau data, menganalisis, kemudian memformulasi, dan menguji hipotesis.
Proses pembelajaran saintifik memuat aktivitas:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi/mencoba;
d. mengasosiasikan/mengolah informasi; dan
e. mengomunikasikan.
Download Buku Pegangan Pembelajaran HOTS Tahun 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Pegangan Pembelajaran HOTS Tahun 2018
Download File:
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS 2018.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pegangan Pembelajaran HOTS Tahun 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Semoga bisa bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Buku Pegangan Pembelajaran Hots Tahun 2018"