Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kantung Semar Raksasa Tanaman Unik Pemakan Daging

Kantung Semar
Menurut yang dimakan, binatang digolongkan menjadi 3 yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), omnivora (pemakan segala). Ternyata tidak hanya hewan, flora yang biasanya mendapat energi dari unsur hara yang didapatkan dari tanah dan dari hasil fotosintesis, namun flora juga ada yang termasuk ke golongan karnivora yaitu pemakan daging. Tanaman raksasa yang merupakan binatang pemakan daging ialah kantung semar.
 flora yang biasanya mendapat energi dari unsur hara yang didapatkan dari tanah dan  Kantung Semar Raksasa Flora Unik Pemakan Daging
Kantung Semar Raksasa Ditemukan Filipina, Foto: mabios.com
Kantung semar yang sanggup ditemui di hutan tropis yang ada di hutan Kalimantan biasanya memangsa serangga yang masuk ke verbal flora tersebut. Akan tetapi, ilmuan Inggris yang berjulukan Sir David Attenborough menemukan kantung semar raksasa di Filipina. Jenis flora ini tidak hanya memangsa serangga namun binatang besar ibarat tikus. Tumbuhan berjulukan latin Nepenthes tersebut merupakan salah satu jenis dari kantung semar yang ditemukan.
Sumber lain menyebutkan bila tumbuhan raksasa pemakan tikus tersebut ditemukan oleh Stewart McPherson yang merupakan seorang petualang alam dan mempunyai rumah penerbitan di Inggris yang berjulukan Redfern Natural History Production. Stewart menemukan flora tersebut saat sedang melaksanakan ekspedisi di Gunung Victoria, Filipina bersama dengan Alastair Robinson dan Volker Heinrich yang merupakan pakar botani.
Kantong semar termasuk dalam flora pitcher (kantong perangkap). Kantung semar raksasa mempunyai tinggi yang lebih dari 1,2 meter atau sekitar 4 kaki dan merupakan flora karnivora terbesar yang ditemukan di kurun ke-21. Species gres yang ditemukan berjulukan latin Nepenthes Attenboroughii yang berwarna hijau dengan bercak ungu yang sanggup memangsa korban yang lebih besar ibarat tikus pengerat baik besar ataupun kecil. Nama ilmiah tersebut diberikan untuk sebagai wujud penghormatan kepada seorang naturalis asal Inggris yang berjulukan Sir David Attenborough.
Penemuan tersebut dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang berjulukan Botanical Journal of the Linnean Society. Dalam tumbuhan tersebut terdapat rongga besar dan terdapat air yang mempunyai struktur daun. Alasan kenapa kantung semar sanggup menarik dan menangkap serangga dan tikus ialah alasannya tumbuhan tersebut mempunyai nektar. Ketika mangsa masuk ke dalam, mangsa tidak akan sanggup lepas alasannya di dalamnya terdapat perangkap lilin dan licin dan terdapat asam serta enzim yang sanggup menghancurkan badan mangsa.
Sumber: mabios.com

Posting Komentar untuk "Kantung Semar Raksasa Tanaman Unik Pemakan Daging"