Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran Guru Sd Tahun 2017

Berikut ini yaitu berkas Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017. Download file format PDF.
 Berikut ini yaitu berkas Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun  Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017
Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017

Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017



Berikut ini kutipan keterangan dari isi Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017:

Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi penerima didik termasuk penerima didik di sekolah dasar (SD). Agar guru SD sanggup melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SD wajib melaksanakan penemuan pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak nyata terhadap peningkatan mutu penddikan nasional.

Upaya peningkatan mutu pendidikan di SD sanggup dilakukan melalui aneka macam cara. Salah satu di antaranya melalui lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) bagi guru SD. Pelaksanaan lomba tersebut merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru SD, baik dalam hal pendekatan, model, metode, taktik dan memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan sanggup meningkatkan mutu proses dan hasil mencar ilmu penerima didik. Melalui lomba ini, karya-karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SD dalam peningkatan mutu pembelajaran. Pedoman ini diharapkan sanggup menjadi contoh bagi panitia penyelenggara, tim penilai/juri, satuan pendidikan, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi, dan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam pelaksanaan lomba invasi pembelajaran bagi guru SD secara efektik dan efisien.

Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingka tNasional Tahun 2017 sebagaiberikut:
  1. Menghasilkan karyai novasi pembelajaran bagi guru SD;
  2. Menampilkan hasil karya penemuan pembelajarannya;
  3. Mendiseminasikan hasil penemuan pembelajaran kepada sobat sejawat;
  4. Memotivasi guru SD untuk melaksanakan penemuan pembelajaran;
  5. Memotivasi guru dalam berkarier melalui karya penemuan pembelajaran;
  6. Memberikan penghargaan kepada guru SD yang berprestasi melalui kompetisi penemuan pembelajaran yang sehat, objektif, terbuka, dinamis, dan akuntabel.
Sasaran
Sasaran acara Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 ialah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup:
  1. Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
  2. Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.
  3. Guru Mata Pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
Hasil
Hasil yang diharapkan dari lomba ini ialah:
  1. Terhimpunnya kary ainovasi pembelajaran dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.
  2. Tertampilkannya hasil karya nominator penemuan pembelajaran guru dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.
  3. Terpilihnya juara 1, 2, dan 3 lomba penemuan pembelajaran bagi guru tingkat nasional tahun 2017.
  4. Terdiseminasikannya hasil penemuan pembelajaran dari 3 karya terbaik tingkat nasional yang sanggup dipakai sebagai rujukan dan ilham bagi guru SD dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Manfaat
Manfaat dari acara lomba penemuan pembelajaran di antaranya untuk meningkatkan:

  1. Jumlah karya penemuan pembelajaran guru SD, sehingga sanggup diadopsi, disesuaikan dan diimplementasikan oleh guru lain.
  2. Budaya mencar ilmu sepanjang hayat, kreatif, dan inovatif sehingga sanggup meningkatkan kinerja guru.
  3. Motivasi mencar ilmu penerima didik SD sehingga akan berdampak terhadap peningkatan hasil mencar ilmu penerima didik.
  4. Karier dan penghargaan bagi guru SD pemenang lomba penemuan pembelajaran.

Pengertian
  1. Inovasi; Inovasi yaitu penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan, atau penemuan yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat).
  2. Pembelajaran; Pembelajaran yaitu proses interaksi penerima didik dengan pendidik dan sumbe mencar ilmu pada suatu lingkungan belajar.
  3. Inovasi Pembelajaran; Inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap aneka macam komponen yang diharapkan dalam penyampaian bahan pelajaran dan bisa memecahkan duduk kasus pembelajaran, serta mempunyai dampak nyata dan manfaat berkelanjutan.
  4. Lomba Inovasi Pembelajaran; Lomba penemuan pembelajaran yaitu acara bagi guru SD untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif yang bisa memecahkan duduk kasus proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil mencar ilmu penerima didik.
RuangLingkup
Ruang lingkup acara Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 berisi perihal pengalaman pembelajaran terbaik guru SD yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil mencar ilmu penerima didik. Hasil penemuan dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan (daring) melalui situs inobelsd2017@gmail.com. Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017 dikelompokkan menjadi 3bidang, yaitu:
  1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.
  3. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
Tema dan Isi Karya Lomba
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun2 017:
"Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter"
Adapun isi karya lomba inovasip embelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran tematik.

Prinsip-prinsip Lomba
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam LombaI novasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 bersifat inovatif, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
  1. Inovatif: menghargai penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan yang dilakukan oleh guru, atau penemuan gres yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
  2. Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat.
  3. Edukatif: menumbuhkan perilaku sportif, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan masing-masing karya yang dihasilkan.
  4. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antar guru SD secara sehat.
  5. Objektif: penilaian didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang terang tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
  6. Transparan: sanggup diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka.
  7. Akuntabel: sanggup dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan.
  8. Efektif: pelaksanaan acara sesuai dengan tujuan.
  9. Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.
KetentuanLomba
Persyaratan Peserta, Persyaratan Karya, Persyaratan Naskah dan lain-lain silahkan lihat selengkapnya pada berkas Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017 di bawah ini.

    Download Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SD Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017 ini silahkan lihat pada file preview atau unduh pada link di bawah ini:

    Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017



    Download File:
    INOBEL SD 2017 - Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber:
    Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

    Posting Komentar untuk "Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran Guru Sd Tahun 2017"