Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Ppdb Online Man Manusia Cendikia Tahun Aliran 2017/2018

Berikut ini yakni berkas Panduan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018. Download file dalam format PDF bagi anda yang memerlukan.

 Berikut ini yakni berkas Panduan PPDB  Panduan PPDB Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018
Panduan PPDB Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018

Panduan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018

Berikut ini kutipan keterangan dari Panduan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018:

PERSYARATAN PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU
PERSYARATAN UMUM UNTUK JALUR TES DAN JALUR PRESTASI

Persyaratan Umum Jalur Tes
  1. Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017.
  2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
  3. Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah menurut pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibentuk secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut: a. Madrasah/Sekolah yang mempunyai rombongan mencar ilmu 1-5 kelas, sanggup mengirimkan peserta maksimal 5 orang peserta didik menurut rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. b. Madrasah/Sekolah yang mempunyai rombongan mencar ilmu > 5 kelas, sanggup mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik menurut rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. * Rombongan mencar ilmu yakni jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, dan kelas akselerasi. c. Madrasah/Sekolah yang berada di Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Propinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi NTB, Provinsi Maluku Utara sanggup mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang. d. Jumlah Peserta Didik pada Madrasah/Sekolah sebagaimana tersebut pada karakter c) yang sanggup menentukan MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo atau MAN IC Jambi sebagai pilihan pertama harus memenuhi ketentuan sebagai berikut : 1) Madrasah/Sekolah yang mempunyai rombongan mencar ilmu 1 – 5 kelas maksimal 5 siswa, 2) Madrasah/Sekolah yang mempunyai rombongan mencar ilmu > 5 kelas maksimal 7 siswa. e. Khusus pendaftar yang mempunyai hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan atau berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi atau Nasional, sanggup diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar ketentuan pada poin 3) karakter a,b,dan c di atas.
PERSYARATAN KHUSUS JALUR PRESTASI
Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi mencar ilmu apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
Persyaratan Jalur Prestasi
  1. Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.
  2. Peraih medali emas pada lomba olimpiade sains tingkat internasional dengan melampirkan bukti prestasinya.
MEKANISME PENDAFTARAN
Seluruh pendaftar PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia baik jalur tes maupun jalur prestasi melaksanakan registrasi dengan prosedur sebagai berikut:
Mekanisme Pendaftaran
  1. Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm dalam bentuk JPG/PNG.
  2. Mengunggah (upload) berkas persyaratan sebagai berikut: a. Rapor kelas IX semester 1 (gazal) yang telah disahkan diupload dalam bentuk file pdf dengan ukuran file maksimal 1 MB. b. Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang sebagaimana disebutkan di poin c.4 dalam bentuk JPG/PNG. c. Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an 10 juz atau lebih sebagaimana disebutkan di poin 3 karakter e) dalam bentuk JPG/PNG. d. Akta kelahiran/surat kenal lahir dalam bentuk JPG/PNG. e. Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang bisa secara ekonomi harap menyertakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG.
CARA PENDAFTARAN
Calon peserta PPDB sanggup mendaftarkan dengan cara saluran ke alamat: https://ic.ppdbonline.id/ atau dengan cara mengunduh aplikasi pada Google Play Store untuk sanggup instal pada perangkat android. Aplikasi sanggup dicari dengan kata kunci ppdb ic atau kunjungi link berikut: https://play.google.com/sto re/apps/ details? id=com.ppdbonline.manic melalui browser perangkat Android.

DAFTAR PILIHAN MAN INSAN CENDEKIA
Calon peserta didik gres sanggup menentukan maksimal 2 pilihan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Berikut daftar pilihan MAN Insan Cendekia:

 Berikut ini yakni berkas Panduan PPDB  Panduan PPDB Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018

LANGKAH PENDAFTARAN ONLINE
Berikut ini merupakan langkah langkah untuk melaksanakan registrasi penerimaan peserta didik gres (PPDB) Online:
  1. Pembuatan Akun; Untuk sanggup melaksanakan pendaftaraan PPDB secara online, peserta diharuskan untuk menciptakan akun PPDB Online. Pembuatan akun PPDB Online memakai nama lengkap, tanggal lahir, email dan NIK calon peserta PPDB.
  2. Mengisi Formulir PPDB; Setelah akun dibuat, tahap selanjutnya yakni mengisi formulir PPDB. Formulir PPDB berisi mengenai isu peserta PPDB Online secara lengkap.
  3. Memilih Jalur PPDB Online; Secara umum terdapat dua jalur PPDB Online, yaitu jalur Tes dan jalur Prestasi. Terdapat dua tipe jalur tes, yaitu jalur Reguler dan juga jalur Hafiz. Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes, apabila peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima ke Man Insan Cendekia secara langsung.
  4. Input Data dan Rekomendasi Madrasah/Sekolah Asal; Peserta mengisi data mengenai asal madrasah atau sekolah sesuai form yang ada. Dalam sajian ini peserta diwajibkan untuk upload surat rekomendasi dari madrasah atau sekolah asal. Bagi peserta yang menentukan jalur Hafiz akan diminta untuk mengisi formulir pemanis mengenai data hafalan Al- Quran. Sedangkan bagi peserta yang menentukan jalur prestasi akan mengisi formulir pemanis mengenai data prestasi yang telah dicapai.
  5. Memilih MAN Insan Cendekia; Peserta menentukan MAN Insan Cendekia sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi.
  6.  Input Nilai Rapor Semester 1-5; Pada tahap ini peserta mengisikan nilai rapor pada semester 1-5 dari sekolah atau madrasah asal. Nilai yang diinputkan mengguanakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari sekolah atau madrasah asal memakai skala 1-4, maka dibutuhkan untuk konversi skala nilai adri skala 1-4 menjadi 0-100. Konversi sanggup nilai dilakukan oleh sekolah atau madrasa asal.
  7. Upload Dokumen; Secara umum terdapat 3 dokumen yang harus diupload, yaitu upload pas foto, upload rapor kelas IX semester 1 (gasal), dan juga sertifikat kelahiran. Bagi calon peserta kurang bisa akan diminta untuk menyertakan bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki.
  8.  Memilih Lokasi Tes; Memilih lokasi dilaksanakannya tes PPDB
  9. Cetak Kartu Pendaftaran; Jika seluruh formulir telah   diisikan dengan baik dan benar, maka peserta sanggup mencetak kartu registrasi sebagai bukti telah terdaftar dalam PPDB Online. 

Download Panduan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan PPDB Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018 ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

Panduan PPDB Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018



Download File:
PANDUAN PPDB MAN IC 2017.pdf

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online MAN Insan Cendikia Tahun Ajaran 2017/2018. Semoga bisa bermanfaat.
Sumber: Kementrerian Agama RI

Lihat juga:
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Madrasah Tahun 2017/2018.pdf

Posting Komentar untuk "Panduan Ppdb Online Man Manusia Cendikia Tahun Aliran 2017/2018"