Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas V (5) Kurikulum 2013

Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013. Buku sekolah elektronik atau buku sekolah digital ini merupakan buku pegangan guru mata pelajaran dan pegangan siswa sebagai salah satu sumber media pembelajaran pada Kurikulum 2013 SD.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Guru dan Siswa SD Kelas V  Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar dalam Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013:

Kurikulum 2013 yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai akseptor didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan evaluasi yang diharapkan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan itu. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan memakai proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses evaluasi yang sesuai.

Sejalan dengan itu, kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI yaitu kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah ajaib dan konkret. Kemampuan itu diperjelas dalam kompetensi inti, yang salah satunya, “menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak sehat, beriman, berakhlak mulia”. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis inovasi (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk kiprah (project based learning), dan penyelesaiaan dilema (problem solving based learning) yang meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas V SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat planning pembelajaran berbasis aktivitas. Buku ini memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan akseptor didik. Buku ini mengarahkan hal-hal yang harus dilakukan akseptor didik bersama guru dan teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.

Pencapaian kompetensi terpadu sebagaimana rumusan itu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai akseptor didik sehari-hari. Peserta didik diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks akseptor didik dan lingkungan. Materi-materi banyak sekali mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multi-disipliner dan interdisipliner, supaya tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, supaya tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh akseptor didik.

Buku ini merupakan pembagian terstruktur mengenai hal-hal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, akseptor didik diajak berani untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap akseptor didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.

Buku ini sangat terbuka dan perlu terus menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca menawarkan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan itu, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan, kita sanggup menawarkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Tentang Buku Panduan Guru
Buku ini disusun supaya guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:
  1. jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran,
  2. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
  3. pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
  4. berbagai teknik evaluasi akseptor didik,
  5. informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan,
  6. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang menawarkan kesempatan kepada orang bau tanah untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru akseptor didik di rumah, dan
  7. petunjuk penggunaan buku akseptor didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk berbagi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) akseptor didik melalui acara yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
  1. membuka pelajaran yang menarik perhatian akseptor didik, menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, menawarkan dilema dan sebagainya,
  2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga akseptor didik sanggup mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
  3. memantik pengetahuan akseptor didik yang diperoleh sebelumnya supaya akseptor didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
  4. pemberian kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu akseptor didik memahami konsep,
  5. penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
  6. pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
  7. pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman akseptor didik.

Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru
Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku akseptor didik dan sebagai contoh kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang bekerjasama dengan buku akseptor didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, akseptor didik tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
  7. Beragam taktik pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya akseptor didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan akseptor didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharap- kan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas ahad ke-4 berupa banyak sekali kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan ahad ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang erat dengan keseharian akseptor didik.
  13. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku akseptor didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya akseptor didik dan bukti penilaiannya sanggup dimasukkan ke dalam portofolio akseptor didik.
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi sehabis satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua akseptor didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap akseptor didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman wacana kecerdasan majemuk, gaya berguru akseptor didik dan bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan berguru akseptor didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan kesepakatan guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap awal sub tema Buku Peserta didik, terdapat lembar untuk orang bau tanah yang berjudul ‘Kerjasama dengan Orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, acara berguru yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran supaya anak dan orang bau tanah bisa berguru dari lingkungan. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan acara berguru anak. Saran-saran un- tuk kegiatan bersama antara akseptor didik dan orang bau tanah dicantumkan juga pada selesai setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang bau tanah sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang bau tanah dan akseptor didik di rumah.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku acara yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci wacana isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan bisa berbagi ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru atau berbagi ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada ahad ke-4 diisi dengan banyak sekali kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Kegiatan pada ahad terakhir ini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman berguru bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Cari Tahu, Ayo Belajar, Ayo Ceritakan, Ayo Bekerja Sama, Ayo Berlatih, Ayo Amati, Ayo Lakukan, Ayo Simpulkan, Ayo Renungkan, Ayo Kerjakan, Ayo Mencoba, Ayo Diskusikan, Ayo Bandingkan, Ayo Menulis, Ayo Temukan Jawabannya, Ayo Menaksir, Ayo Berkreasi, Ayo Analisis, Ayo Kelompokkan, Ayo Bernyanyi, Ayo Berpetualang, Tahukah Kamu, dan Belajar di Rumah.
  7. Buku ini sanggup dipakai oleh orangtua secara berdikari untuk mendukung acara berguru siswa di rumah.
  8. Di setiap awal subtema, terdapat lembar untuk orangtua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, acara berguru yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran supaya anak dan orangtua bisa berguru dari lingkungan. Orangtua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam acara berguru siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orangtua dicantumkan juga pada setiap selesai pembelajaran.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari banyak sekali sumber.
  10. Guru dan siswa sanggup berbagi dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk menawarkan pemahaman lebih kepada siswa terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang bau tanah bersama siswa sanggup berbagi dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang bau tanah dan siswa.
  11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diadaptasi dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  12. Pada beberapa cuilan dalam buku siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan banyak sekali kiprah tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa sanggup menuliskannya pada buku tugas.

    Download Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh file melalui link di bawah ini:

    Download File:

    Buku Guru:

    Buku Siswa:

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa SD Kelas V (5) Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas V (5) Kurikulum 2013"