Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Dan Juknis Tools Eds/M-Rks/M-Rkt-Rkas/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja Dan Anggaran Sekolah/Madrasah)

Berikut ini ialah berkas Aplikasi dan Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah). Download file Aplikasi format Microsoft Excel dilengkapi Petunjuk Teknis Penggunaan format PDF. Berkas ini mudah-mudahan mempunyai kegunaan sebagai rujukan ditujukan untuk Guru, Kepala Sekolah/Madrasah serta pihak lain dalam menyusun  dokumen RKS/M, RKT, RKAS/M, monitoring-evaluasi jadwal dan kegiatan.

 Berikut ini ialah berkas Aplikasi dan Juknis Tools EDS Aplikasi dan Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah)
Aplikasi dan Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Aplikasi dan Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah)

Aplikasi  Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

RKS/M sebaiknya dibentuk bersama secara partisipatif  antara  pihak Sekolah/Madrasah (KS dan guru) bersama dengan pemangku kepentingan menyerupai Komite Sekolah/Madrasah, tokoh masyarakat, dan pihak lain di sekitar Sekolah/Madrasah yang peduli pendidikan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, Sekolah/Madrasah telah memperlihatkan perilaku keterbukaan dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan meningkatkan rasa memi-liki, serta sanggup mengundang simpati sehingga masyarakat akan merasa bahagia menawarkan dukungan atau derma yang dibutuhkan Sekolah/Madrasah.

RKS/M disusun dan dilaksanakan menurut kebutuhan Sekolah/Madrasah dalam rangka pemenuhan indikator Standar Nasional Pendidikan dan administrasi berbasis Sekolah/Madrasah (MBS) yang dirumuskan sebagai penilaian diri Sekolah/Madrasah (EDS/M), dikaitkan dengan praktek dan tugas kelembagaan yang memang sudah berjalan, seperti:
  • Manajemen Sekolah/Madrasah
  • Perencanaan Pengembangan Sekolah/Madrasah
  • Akreditasi Sekolah/Madrasah
  • Implementasi SPM dan SNP
  • Peran Pengawas Sekolah/Madrasah
Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan memakai tools ini menawarkan manfaat sebagai berikut:
  • Sekolah/Madrasah mempunyai profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).
  • Sekolah/Madrasah mempunyai laporan EDS/M  yang sanggup dipakai  sebagai materi rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus mempunyai potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.
  • Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKS/M 4 tahun menurut hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus.
  • Sekolah/Madrasah mempunyai rancangan RKAS/M untuk 4 tahun.
  • Sekolah/Madrasah mempunyai LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah).
  • Sekolah/Madrasah sanggup mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP.

Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Petunjuk teknis ini  menjelaskan  bagaimana  sekolah/madrasah memakai Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M sebagai bab penting dari tata kelola Sekolah/Madrasah (school governance), yaitu partisipasi, transparansi dan akuntabilitas administrasi Sekolah/Madrasah.

Petunjuk teknis ini menjelaskan  bagaimana  sekolah/madrasah memakai  Tools  EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dan langkah-langkah penyusunan perencanaan dan penganggaran satuan pendidikan dimulai dari pengisian biodata dasar Sekolah/Madrasah, analisis kondisi Sekolah/Madrasah (profil Sekolah/Madrasah), analisis jadwal dan kegiatan, planning pendanaan RKS/M 4 tahun, Rencana Kerja Tahunan (RKT periode tahun pertama, kedua, ketiga dan keempat), planning biaya dan sumber pendanaan, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M periode tahun pertama, kedua, ketiga dan keempat) dan hasil monitoring dan penilaian jadwal tahunan.

    Download Aplikasi dan Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M



    Download File:

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Aplikasi dan Juknis Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah). Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Aplikasi Dan Juknis Tools Eds/M-Rks/M-Rkt-Rkas/M (Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja Dan Anggaran Sekolah/Madrasah)"