Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran Tematik Sd Mi Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Berikut ini ialah berkas mengenai paparan Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013. Download file format .pptx Microsoft PowerPoint.

 Berikut ini ialah berkas mengenai paparan Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas  Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013
Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas mengenai Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013:

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Latar Belakang
  • Peserta didik kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) sehingga pembelajarannya masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya. 
  • Pelaksanaan acara pembelajaran di SD kelas I – III yang terpisah untuk setiap mata pelajaran, akan mengakibatkan kurang membuatkan anak untuk berpikir holistik.
  • Terdapat permasalahan pada kelas awal (I-III) antara lain ialah tingginya angka mengulang kelas dan putus sekolah.

Pengertian
  • Pembelajaran tematik ialah pembelajaran terpadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga sanggup menawarkan pengalaman berguru yang bermakna kepada penerima didik. 
  • Tema ialah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran. 

Tujuan
  • Memusatkan perhatian penerima didik gampang pada suatu tema materi yang jelas; 
  • Mengembangkan banyak sekali kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama; 
  • Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan; 
  • Memudahkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan materi asuh yang efektif. 

Manfaat Pembelajaran Tematik
  • Menghilangkan tumpang tindih materi ajar.
  • Peserta didik memahami kekerabatan yang bermakna antar mata pelajaran. 
  • Pembelajaran menjadi utuh oleh penerima didik akan mendapat pengertian mengenai konsep dan materi yang tidak terpecah-pecah.
  • Penguasaan konsep oleh penerima didik akan semakin baik meningkatan.

Karakteristik Pembelajaran Tematik 
  • Berpusat pada penerima didik
  • Memberikan pengalaman langsung
  • Tidak terjadi pemisahan mata pelajaran 
  • Menyajikan konsep yang terpadu dari banyak sekali mata pelajaran 
  • Bersifat fleksibel
  • Proses pembelajaran gampang diubahsuaikan dengan minat dan kebutuhan penerima didik
  • Menggunakan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan

Implikasi Pembelajaran Tematik
Implikasi bagi:
  • Guru : harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman berguru bagi penerima didik, menentukan kompetensi dari banyak sekali mata pelajaran dan mengaturnya biar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh. 
  • Peserta didik: harus siap mengikuti acara pembelajaran baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal dan mengikuti secara aktif acara pembelajaran yang bervariasi.

Sarana prasarana, sumber berguru dan media:
  • Memerlukan banyak sekali sarana dan prasarana belajar. 
  • Memanfaatkan banyak sekali sumber belajar.
  • Mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.
  • Masih sanggup memakai materi asuh yang sudah ada ketika ini untuk masing-masing mata pelajaran dan memakai buku pemanis khusus yang memuat materi asuh yang terintegrasi .

Pengaturan ruang kelas:
  • Ruang perlu ditata diubahsuaikan dengan tema yang sedang dilaksanakan. 
  • Susunan dingklik penerima didik sanggup berubah-ubah diubahsuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang berlangsung
  • Peserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi sanggup duduk di tikar/ karpet
  • Dinding kelas sanggup dimanfaatkan untuk memajang hasil karya penerima didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
  • Alat, sarana dan sumber berguru hendaknya dikelola sehingga memudahkan penerima didik untuk memakai dan menyimpannya kembali.

Pemilihan metode: pembelajaran dilakukan dengan memakai banyak sekali variasi metode (percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap) baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator Dalam Tema
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh citra secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.

Penilaian Dalam Pembelajaran Tematik
  • Penilaian dalam pembelajaran tematik ialah suatu perjuangan untuk mendapat banyak sekali gosip secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh perihal proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh penerima didik melalui pembelajaran. 
  • Penilaian di kelas I, II, dan III mengikuti hukum evaluasi intel pelajaran lain di Sekolah Dasar. Mengingat bahwa penerima didik kelas I SD belum semuanya lancar membaca dan menulis, maka cara evaluasi di kelas I tidak ditekankan pada evaluasi secara tertulis.
  • Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh penerima didik. Oleh alasannya ialah itu, penguasaan terhadap ke kemampuan tersebut ialah prasyarat untuk kenaikan kelas.
  • Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator masing-masing Kompetensi Dasar dari masing-masing mata pelajaran.
  • Penilaian dilakukan secara terus menerus dan selama proses berguru mengajar berlangsung, contohnya sewaktu penerima didik bercerita pada acara awal, membaca pada acara inti, dan menyanyi pada acara akhir.
  • Hasil karya/kerja penerima didik sanggup dipakai sebagai materi masukan bagi guru dalam mengambil keputusan untuk penerima didik misalnya: penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun angka. 
  • Pada pembelajaran tematik evaluasi dilakukan untuk mengkaji ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema tersebut. Dengan demikian evaluasi dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui tema, melainkan sudah terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Indikator mata pelajaran.
  • Nilai tamat pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang terdapat pada kelas I, II, dan III Sekolah Dasar.
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas perihal Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013



Download File:
Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013.pptx

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file paparan mengenai Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Tematik Sd Mi Kelas 1-3 Kurikulum 2013"