Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Tkj Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi Semester 1 Dan 2

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester  Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2
Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2

Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2:

Buku teks pelajaran ini dipakai untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma berguru kurikulum kala 21 menjadikan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada akseptor didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara berguru akseptor didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.

Buku teks ″Sistem Operasi Jaringan″ ini disusun menurut tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013diselaraskan menurut pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan berguru kurikulum kala 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″ Sistem Operasi Jaringan”ini disusun dengan tujuan supaya supaya akseptor didik sanggup melaksanakan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui aneka macam kegiatan proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melaksanakan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian akseptor didik diarahkan untuk menemukan sendiri aneka macam fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai gres secara mandiri.

Deskripsi
Sistem Operasi Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Paket keahlian ini ialah belahan dari acara studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Berdasarkan struktur Kurikulum 2013 mata pelajaran ini diberikan pada kelas XI semester 1, 2 dan kelas XII semester 1.

Secara umum ada 5 langkah yang tercantum dalam metode pembelajaran saintifik ini, yakni mengamati, menanya (hipotesis). Pada dikala mengamati siswa dibutuhkan sanggup memberikan kesungguhan dan ketelitiannya dalam menggali informasi yang terkait dengan materi yang akan dipelajari. Pada dikala menanya siswa dibutuhkan sanggup menyebarkan kreatifitas, rasa ingin tahu, dan berpikir kritis untuk merumuskan pertanyaannya. Kegiatan bertanya ini selain untuk merumuskan pertanyaan juga dilakukan pengumpulan informasi/materi terkait dengan pelajaran dikala ini.

Selanjutnya pada tahap menalar, siswa dibutuhkan sanggup secara teliti, jujur, disiplin, taat aturan, kerja keras dan bisa bekerja sesuai mekanisme dan berpikir induktif serta deduktif dalam menarik kesimpulan dari permasalah/materi yang dipelajari. Pada tahapan pembentukan jaringan ini dilakukan dengan berkomunikasi. Komunikasi dilakukan dengan memberikan hasil pengamatan hingga kesimpulan yang didapat dari pembelajaran kepada siswa lainnya baik secara lisan, tertulis atapun melalui media lainnya. Sikap yang ingin dikembangkan pada siswa terkait dengan pembentukan jaringan ini ialah kejujuran untuk memberikan hasil sebagaimana adanya, ketelitian, toleransi terhadap aneka macam perbedaan sudut pandang/pendapat, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, serta sanggup menyebarkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

Prasyarat
Berdasarkan peta kedudukan materi asuh yang disampaikan diatas, terdapat beberapa persyaratan mata pelajaran pendukung yang perlu dipahami untuk membantu mempelajari buku ini, diantaranya pada blok C2 mata pelajaran pendukungnya ialah Sistem Operasi, Jaringan Dasar dan Perakitan Komputer, sedangkan pada blok C1 ada mata pelajaran Fisika, Sistem Komputer dan Pemrograman Dasar.

Petunjuk Penggunaan
Buku Siswa ini disusun menurut pedoman pada Kurikulum 2013 dengan metode pembelajaran saintifik. Ada dua Bab dalam buku ini, yakni belahan 1 yang berisi pendahuluan yang menjelaskan wacana buku ini secara umum termasuk klarifikasi materi ini. Pada belahan 2 akan diberikan materi inti pada buku ini terkait dengan pelajaran Sistem Operasi Jaringan.

Pada belahan 2 akan ada 20 kegiatan berguru (KB) dengan masing-masing kegiatan berguru mempunyai poin-poin pembahasan berupa tujuan, uraian materi (teori dan juga praktik), rangkuman, kiprah dan tes formatif.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Poin ini merupakan citra kemampuan (kompetensi) yang dibutuhkan sanggup diperoleh siswa sehabis mempelajari buku ini. Kompetensi inti memberikan citra Standar Kualitas Lulusan (SKL) dalam bentuk agama/keyakinan, sikap, pengetahuan dan penerapannya.

Kualitas ini memberikan perlunya keseimbangan antara kemampuan hard skill (pengetahuan dan penerapannya) dan soft skill (agama/keyakinan dan sikap) dalam pencapaian sasaran SKL.

Pengembangan soft skill pada siswa akan dilakukan secara tidak eksklusif (indirect learning) alasannya ialah tidak merupakan belahan yang tidak sanggup terpisahkan dalam pembelajaran pengetahuan dan penerapannya.

Cek Kemampuan Awal
  1. Apa yang dimaksud dengan sistem operasi?
  2. Sebutkan jenis-jenis sistem operasi yang diketahui?
  3. Apa yang dimaksud dengan variabel dalam konsep pemrograman?
  4. Apa yang dimaksud dengan proses pada sistem operasi?
  5. Sebutkan komponen komputer yang termasuk perangkat input dan output?

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI



    Download File:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan XI-1.pdf
    Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan XI-2.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Tkj Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi Semester 1 Dan 2"