Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Teknik Konstruksi Kapal Baja

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Konstruksi Kapal Baja Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Konstruksi Kapal Baja ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini ditulis secara sederhana semoga sanggup dengan gampang dipahami oleh para siswa sehingga tujuan kurikulum sanggup tercapai. Disamping itu penulisan buku ini didasarkan atas pustaka yang ada dan ditunjang oleh pengalaman yang dipunya oleh penulis, terutama dalam industri perkapalan, sehingga pengungkapan problem banyak berlandaskan pada pengalaman tersebut.

Kapal ialah kendaraan pengangkut penumpang di laut, pada semua tempat yang mempunyai perairan tertentu.

Sejak dahulu, orang sudah menggunakan kapal sebagai sarana transportasi laut. Hal ini sudah menjadi kebiasaan hubungan antara kelompok orang dengan kelompok orang lainnya. Semua ini diharapkan sebagai sarana transportasi laut. Alat untuk transportasi itu ialah kapal atau perahu. Dengan menggunakan kapal, orang akan sanggup menuju ke suatu tempat untuk berkomunikasi dengan orang lain untuk tujuan tertentu.

Dengan adanya perbedaan tempat oleh perairan, yang mempunyai sifat dan kedalaman yang berbeda-beda, maka diharapkan sebuah kapal yang bisa untuk melintasi perairan yang luas. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka peranan penggunaan kapal pun ikut berkembang. Bila dahulu kapal hanya dipakai untuk sarana transportasi bahari , maka kini ini kapal dipakai untuk membawa muatan, berperang, mencari minyak, ekspor/impor dan lain-lainya.

Sehubungan dengan Dunia Perkapalan ketika ini, sarana transportasii bahari diisi oleh armada-armada kapal dagang. Kapal-kapal tersebut mempunyai kegunaan untuk membawa muatan melalui perairan dengan aman, cepat dan ekonomis. Sebagian besar 3/5 permukaan bumi terdiri dari air. Pada masa ini dan yang akan tiba kapal masih berfungsi sebagai kebutuhan hidup di muka bumi ini, baik pribadi maupun tidak langsung. Untuk itu diharapkan peranan kapal,. contohnya untuk mengangkut orang atau barang, penelitian di laut, penambangan minyak dan, penangkapan ikan serta penambangan mineral lainnya.

Kapal dengan bentuk dan konstruksinya mempunyai fungsi tertentu yang tergantung, pada tiga faktor utama, yaitu jenis (macam) kargo yang di bawa, materi baku kapal, tempat operasi (pelayaran) kapal.

Kapal pembawa muatan dibagi menjadi tiga bab yaitu : kapal kargo, kapal tangki, dan kapal penumpang.

Sedangkan kapal kargo juga dibagi lagi berdasarkan cara muatannya yaitu kapal peti kemas (kontainer), kapal palet , kapal roll on roll off (Ro-ro).

Kapal tangki ialah kapal yang khusus dipakai untuk membawa minyak mentah, minyak hasil penyulingan gas alam cair, dan lain-lain.

Kapal penumpang sanggup dibagi menjadi dua macam, yaitu kapal penyeberang (feri), kapal penumpang umum.

Pengkhususan terhadap jenis muatan memberi efek peningkatan efisiensi dan produktifitas. Karakteristik sebuah kapal akan besar lengan berkuasa terhadap konstruksi kapal tersebut. Berkaitan dengan konstruksi kapal tersebut sangat bersahabat hubungan antara susunan kerangka utama dengan pelat-pelat kulit kapal sebagai konstruksi yang sanggup dibagi menjadi tiga macam yaitu:
  • Konstruksi Memanjang,
  • Konstruksi Melintang,
  • Konstruksi Kombinasi (kombinasi antara konstruksi memanjang dan melintang).

Secara umum perlu pula diperhatikan cara pembangunan konstruksi kapal perlu sarana dan prasarana dengan menggunakan cara/metode yang lebih efisien. Kemampuan konstruksi diartikan sebagai pemakaian ilmu dan pengalaman konstruksi dalam perencanaan, perancangan ( design ), operasi lapangan untuk memperoleh objektifitas proyek keseluruhan. Untuk tujuan ini, putusan kemampuan konstruksi diarahkan sebagai berikut:
  1. Pengurangan jumlah waktu konstruksi, dengan cara membuat kondisi memaksimalkan potensi untuk konstruksi secara bersamaan dan mengurangi kerja ulang serta waktu terbuang.
  2. Pengurangan biaya peralatan konstruksi dengan cara pemakaian peralatan lebih efisien, mengurangi keperluan biaya tinggi.
  3. Pengurangan biaya material, dengan memperbaiki kualitas desain, material yang lebih murah dan meminisasi buangan.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Konstruksi Kapal Baja



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Konstruksi Kapal Baja. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Teknik Konstruksi Kapal Baja"