Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Perundang-Undangan Kesehatan

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan Jilid 1 dan 2. Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum  Buku Sekolah Menengah kejuruan Perundang-Undangan Kesehatan
Buku Sekolah Menengah kejuruan Perundang-Undangan Kesehatan

Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Perundang-Undangan Kesehatan

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan:

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.
Buku teks ini disajikan sebagai buku pegangan siswa penerima didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan forum diklat lainnya, yang membuka bidang keahlian Kefarmasian. Struktur dan isi dari buku ini sanggup memperlihatkan citra kepada pembaca perihal citra Kefarmasia baik di Indonesia, ASEAN maupun di tingkat dunia dengan pendekatan penyajian yang bersifat holistik.

Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan dan training berbasis kompetensi ialah tersedianya materi didik yang memadai dalam bentuk buku teks atau modul yang relevan. Buku teks atau modul yang dirancang harus mengacu pada unit-unit kompetensi yang ada dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan dituangkan ke dalam struktur kurikulum 2013, yang mana pada kompetensi dasar (KD) nya mengandung keahlian-keahlian tertentu sesuai dengan Standard Kompetensi Lulusan (SKL). Pada buku teks ini dijelaskan pula perihal Dasar Program Keahlian (DPK) yang terdiri dari empat kompetensi, yang dikenal juga dengan sebutan “kompetensi inti”. Kompetensi ini harus dimiliki setiap orang yang bekerja pada bidang Farmasi. Dasar Program Keahlian (DPK) terdiri dari enam mata pelajaran yang tertuang dalam kurikulum.

Dalam Perundang-undangan Kesehatan selalu mengikuti Perundang- permintaan terbaru, sehingga diperlukan para pengguna buku ini menyesuaikan dengan perkembangan Perundang-undangan yang selalu dinamis.

Pendahuluan
Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum harus diwujudkan sesuai dengan impian bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembangunan kesehatan diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk biar sanggup mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Pembangunan kesehatan yang menyangkut upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, harus dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan serta dilaksanakan bersama oleh pemerintah dan masyarakat. Peran serta aktif masyarakat, termasuk swasta, harus sejalan dengan kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, biar tidak terjadi benturan antar kepentingan atau penyimpangan yang menghambat jalannya pembangunan.

Dalam kaitan ini pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai budi pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku menjadi sangat penting dan perlu terus ditingkatkan. Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tersebut sanggup dilakukan antara lain dengan penyebarluasan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hukum Kesehatan
Hukum kesehatan ialah ketentuan-ketentuan aturan yang mengatur perihal hak dan kewajiban, baik dari tenaga kesehatan dalam melaksanakan upaya kesehatan maupun dari individu maupun masyarakat yang mendapatkan upaya kesehatan tersebut dalam segala aspek.

Hukum kesehatan melingkupi ruang yang luas, meliputi:
a. Pendekatan upaya kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.
b. Hukum manajemen / negara, aturan pidana dan aturan perdata.
c. Sumber aturan antara lain: aturan tertulis, aturan kebiasaan (konvensi), aturan jurisprudensi.

Muatan pada aturan kesehatan mengandung 4 obyek pengaturan, yaitu yang berkaitan dengan:
a. Upaya kesehatan.
b. Tenaga kesehatan.
c. Sarana kesehatan.
d. Komoditas kesehatan.

Deskripsi
Bahan didik untuk mata pelajaran Perundang-undangan Kesehatan dalam lingkup Dasar Program Keahlian (DPK) akan dijelaskan lebih lanjut berkaitan dengan Hirarki Perundang-undangan RI dan denah organisasi institusi Kesehatan, tenaga kesehatan, penggolongan obat, narkotika dan psikotropika, registrasi, materi berbahaya dan zat warna tertentu yang dinyatakan sebagai materi berbahaya, distribusi obat, pangan, Cara Pembuatan Obat yang Baik, Obat generik dan obat esensial.

Prasyarat
Bahan didik /buku ini, diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin mendalami dan memahami perihal Perundang-undangan Kesehatan. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Standar Kompetensi ini merupakan kompetensi yang banyak dibutuhkan pada bidang farmasi. Buku ini sanggup dipelajarai oleh seseorang dengan latar belakang kesehatan. Unit kompetensi ini bisa dikaitkan dengan beberapa kompetensi lain dalam paket keahlian Pelayanan Farmasi, Teknik Pembuatan Sediaan Obat dan Administrasi Farmasi.

Sistem penilaian sanggup dilaksanakan di ruang teori, atau sanggup juga dilaksanakan di DUDI (Dunia Usaha, Dunia Industri) di daerah siswa Praktik Kerja Lapangan.

Petunjuk Penggunaan
Langkah-langkah yang harus dilakukan penerima didik sebelum, selama proses dan sehabis selesai mempelajari buku ini adalah:
  1. Baca buku dengan seksama, yang dibagi dalam beberapa bab mencakup penguasaan pengetahuan dan keterampilan maupun perilaku yang mendasari penguasaan kompetensi ini hingga anda merasa yakin telah menguasai kemampuan dalam unit ini.
  2. Diskusikan dengan teman sejawat/instruktur/pelatih anda bagaimana cara anda untuk menguasai materi ini!
  3. Jika anda latihan di luar jam tatap muka atau di luar jam kerja (Jika anda sedang Praktik Kerja Lapangan) sanggup memakai buku ini sebagai panduan berguru bersama dengan materi yang telah disampaikan di kelas.
  4. Ikuti semua isyarat yang terdapat dalam lembar informasi untuk melaksanakan kegiatan dan isilah lembar kerja yang telah disediakan dan lengkapi latihan pada setiap sesi/kegiatan belajar.
  5. Pelatih anda bisa saja seorang senior atau guru anda. Dia akan membantu dan memperlihatkan kepada anda cara yang benar untuk melaksanakan sesuatu. Minta bantuannya bila anda memerlukannya.
  6. Pelatih anda akan memberitahukan hal-hal yang penting yang anda perlukan pada ketika anda melengkapi lembar latihan,dan sangat penting untuk diperhatikan dan catat point-poinnya.
  7. Anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya dan melaksanakan latihan. Pastikan anda latihan untuk ketrampilan gres ini sesering mungkin. Dengan jalan ini anda akan sanggup meningkatkan kecepatan anda berpikir tingkat tinggi dan menambah rasa percaya diri anda.
  8. Bicarakan dan komunikasikan melalui presentasi pengalaman-pengalaman kerja yang sudah anda lakukan dan tanyakan langkah-langkah lebih lanjut.
  9. Kerjakan soal-soal latihan dan penilaian sanggup berdiri diatas kaki sendiri pada setiap simpulan sesi untuk mengecek pemahaman anda.
  10. Bila anda telah siap, tanyakan pada pelatih anda kapan anda bisa memperlihatkan kemampuan sesuai dengan buku pegangan siswa/ peserta.
  11. Bila anda sedang PKL tanyakan penilaian tertulis sebagai umpan balik atas kemajuan yang telah anda capai sehabis melaksanakan beberapa latihan. Pelatih anda akan memperlihatkan balasan berupa laporan berikut penjelasan-penjelasan. Bila anda telah berhasil melengkapi setiap kriteria kinerja, mintalah pelatih anda untuk memperlihatkan penilaian dan anda telah siap untuk dinilai.
  12. Bila anda telah menuntaskan buku ini dan merasa yakin telah memahami dan melaksanakan cukup latihan, pelatih/ guru anda akan mengatur pertemuan kapan anda sanggup dinilai oleh penilai.

Dimana menemukan Sumber dan Informasi ?
Sumber Informasi sanggup anda temukan pada:
  1. Jurnal dan Majalah Kefarmasian
  2. Website dan/Internet sites
  3. Buku-buku yang relevan
  4. CD ROMs (eg. Welcome to Hospitality)
  5. Personal experience
  6. People who are currently employed in the hospitality industry
  7. Kementerian Kesehatan
  8. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  9. Koran/Newspapers

Tujuan Akhir
Setelah anda menuntaskan pembelajaran pada buku ini anda diperlukan bisa :
  1. Mengetahui perihal hirarki perundang-undangan
  2. Mengetahui perihal UU no.12 th 2011
  3. Mengetahui perihal peraturan perundang-undangan dan pengundangan
  4. Mendiskripsikan organisasi institusi kesehatan
  5. Mengetahui perihal ketentuan umum Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009 perihal Kesehatan
  6. Mengetahui perihal tenaga kesehatan
  7. Mengetahui perihal PP No. 51/2009 perihal Pekerjaan Farmasi
  8. Mengetahui perihal Permenkes RI Nomor 889/Menkes/PER/V/2011
  9. Mengetahui perihal penggolongan obat
  10. Mengetahui perihal jenis-jenis penggolongan obat
  11. Mengetahui UU RI No.5 tahun 1997 perihal Psikotropika
  12. Mengetahui perihal UU RI No.35 tahun 2009 perihal Narkotika
  13. Mencontohkan jenis golongan obat
  14. Mengetahui perihal obat yang sanggup diserahkan tanpa resep dokter serta contohnya
  15. Mengetahui perihal perubahan penggolongan obat serta contohnya
  16. Mengetahui perihal Perundang-undangan Narkotik dan Pisikotropik dalam penyalah gunaan penggunaan
  17. Menetapkan Perundang-undangan Narkotik dan Pisikotropik dalam penyalah gunaan penggunaan
  18. Mencontohkan jenis obat psikotropika dan narkotika
  19. Mengetahui perihal Kosmetika, Alat Kesehatan dan PKRT
  20. Mengetahui pendaftaran sediaan farmasi, alat kesehatan dan PKRT
  21. Mencontohkan jenis-jenis pendaftaran obat

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan Jilid 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Perundang-Undangan Kesehatan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Perundang-Undangan Kesehatan



    Download File:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang Undangan Kesehatan 1.pdf
    Buku Sekolah Menengah kejuruan K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang Undangan Kesehatan 2.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan Jilid 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Perundang-Undangan Kesehatan"