Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bambu, Si Rumput Raksasa

pohon bambu yang batangnya besar dan sangat kokoh Bambu, Si Rumput Raksasa
Bambu, Si Rumput Raksasa
Saat berjalan-jalan di kebun, kita sering melihat pohon-pohon bambu yang batangnya besar dan sangat kokoh. Karena kekokohan batangnya, banyak rumah-rumah di desa yang memanfaatkan batang bambu.
Ternyata, bambu termasuk dalam jenis flora rumput-rumputan. Rumput dan bambu berada dalam satu famili. Dan, bambu yaitu jenis rumput terbesar dalam famili tersebut. Bisa dibilang, bambu yaitu abang terbesar dari rumput-rumput kecil atau juga sering disebut sebagai rumput raksasa.

Bambu banyak tumbuh di Asia, Afrika bab serta bab selatan Amerika Africa. Di seluruh dunia ini ada 500 jenis bambu. Semua jenis bambu itu mempunyai tekstur yang lembut dan kayunya dapat dibentuk melengkung serta kedap air. Sebagian besar bambu berbunga setiap tahun, tetapi ada juga jenis bambu yang berbunga hanya 4 kali dalam 100 tahun.

Bentuk bunga bambu itu menyerupai rumput. Bambu juga mempunyai buah, dan bentuk menyerupai biji gandum. Lalu, bentuk daunnya runcing dan tidak terlalu lebar. Daun dari pohon bambu merupakan masakan favorit binatang khas China, panda.

Bambu itu tumbuh sangat cepat. Setiap hari rata-rata bambu tumbuh sepanjang 41 cm dan dapat tumbuh lagi hingga 36 meter. Wah, tinggi sekali ya!

Bambu juga sering dimanfaatkan oleh manusia. Seperti untuk menciptakan panah,rumah bambu atau bangku anyaman. Bahkan di Indonesia, bambu muda atau disebut rebung dapat diolah menjadi masakan lezat.

Sumber: viva

Posting Komentar untuk "Bambu, Si Rumput Raksasa"