Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spektrum Keahlian Smk

Berikut ini yaitu berkas Spektrum Keahlian SMK. Download file dalam format .docx Microsoft Word dan PDF. Mudah-mudahan berkhasiat bagi anda yang sedang mencari isu tentang spektrum Sekolah Menengah kejuruan terbaru, spektrum kurikulum nasional Sekolah Menengah kejuruan 2016, spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan 2016, download spektrum Sekolah Menengah kejuruan 2013, spektrum keahlian Sekolah Menengah kejuruan 2016, spektrum Sekolah Menengah kejuruan 2016 pdf, download spektrum Sekolah Menengah kejuruan 2016, spektrum keahlian Sekolah Menengah kejuruan 2016 pdf.

 Berikut ini yaitu berkas Spektrum Keahlian Sekolah Menengah kejuruan Spektrum Keahlian SMK
Spektrum Keahlian SMK
Spektrum keahlian Sekolah Menengah kejuruan merupakan contoh dalam pembukaan dan penyelenggaraan bidang/program/paket keahlian pada SMK. Sebagai turunan dari paket keahlian, di Sekolah Menengah kejuruan sanggup dibuka konsentrasi keahlian menurut komoditas tertentu sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja, tanpa mengabaikan pencapaian seluruh kompetensi dasar dari paket keahlian yang bersangkutan. Spektrum keahlian Sekolah Menengah kejuruan yang berlaku dikala ini mengacu pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 tanggal 4 Desember 2013 wacana SPEKTRUM KEAHLIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN.




Spektrum Keahlian SMK

Berkas Spektrum Keahlian Sekolah Menengah kejuruan ini yaitu Materi Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SMK. Berikut ini keterangannya:

Latar Belakang
Penjelasan Pasal 15 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) menegaskan bahwa “Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan penerima didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu”. Selanjutnya pada Pasal 36 ayat (2) dijelaskan bahwa “kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan penerima didik”.

Bekerja pada bidang tertentu sebagaimana dimaksud UU Sisdiknas di atas tentu sesuai dengan jenis-jenis bidang pekerjaan yang tersedia di lapangan kerja, baik bekerja berdikari atau berwirausaha maupun bekerja pada pihak lain. Karena itulah, penerapan prinsip diversifikasi dalam pengembangan Kurikulum Sekolah Menengah kejuruan diwujudkn dengan keharusan berorientasi terhadap jenis-jenis bidang pekerjaan atau keahlian yang berkembang dan diharapkan di dunia kerja. Daftar jenis-jenis bidang pekerjaan atau keahlian itu yang di lingkungan pendidikan menengah kejuruan dikenal dengan sebutan Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dalam rangka menyesuaikan kurikulum dengan karakteristik satuan pendidikan SMK, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2013 wacana Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)yang lalu diubah menjadi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 wacana Kurikulum 2013SMK/MAK, pada lampirannya terkait dengan Struktur Kurikulum SMK/MAK antara lain ditegaskan bahwa dalam penetapan penjurusan sesuai dengan bidang/program/paket keahlian mempertimbangan Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Permendikbud tersebut, maka diterbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 7013/D/KP/2013 wacana Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan. Pada keputusan tersebut ditegaskan bahwa “Spektrum sebagaimana dimaksud merupakan contoh dalam pembukaan dan penyelenggaraan bidang/program/paket keahlian pada SMK/MAK”.

Pengertian
Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) yaitu jenis-jenis aktivitas pendidikan serta rambu-rambu penyelenggaraannya, sebagai contoh dalam membuka dan menyebarkan aktivitas pendidikan pada SMK/MAK.

Jenis-jenis aktivitas pendidikan pada Spektrum Keahlian diorganisasikan dalam bentuk Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Paket Keahlian. Dilengkapi dengan ruang lingkup kompetensi untuk masing-masing Paket Keahlian.
a. Bidang Keahlian
Merupakan kumpulan Program Keahlian yang mempunyai kesamaan karakteristik dan memerlukan dasar bidang kajian yang sama.
b. Program Keahlian
Merupakan kumpulan Paket Keahlian yang mempunyai kesamaan karakteristik dasar-dasar keahlian/pekerjaan/tugas.
c. Paket Keahlian
Merupakan satuan aktivitas pendidikan dan training yang didasarkan atas tugas-tugas pada jabatan/pekerjaan tertentu, dengan durasi satuan pendidikan menengah 3 atau 4 tahun.

Pada setiap Paket Keahlian yang dibuka, Sekolah Menengah kejuruan sanggup mengkhususkan kompetensi tertentu sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja terkait (konsentrasi keahlian) dengan tidak mengabaikan kemampuan dasar keahlian yang bersangkutan.

Tujuan
Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan ditetapkan dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Memberikan contoh dalam pengembangan dan penyelenggaraan aktivitas pendidikan di SMK/MAK, khususnya dalam pembukaan dan penyelenggaraan bidang/program/paket keahlian;
  2. Memberikan contoh dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran;
  3. Menentukan tingkat efektivitas dan relevansi pendidikan pada SMK/MAK, dan
  4. Memberikan contoh untuk pelaksanaan evaluasi dan ratifikasi SMK/MAK.
Fungsi Spektrum Keahlian PMK
1. Dasar dan contoh pengembangan dan peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing lulusan SMK/MAK, baik nasional, regional mauoun internasional.
2. Dalam konteks penyelenggaraan pendidikan dan training pada SMK/MAK merupakan contoh dalam:
a. Pembukaan dan penyelenggaraan bidang/program/paket keahlian;
b. Pengembangan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pendidikan dan pelatihan;
c. Penentuan tingkat efektivitas dan relevansi pendidikan dan training pada SMK/MAK, dan
d. Pelaksanaan ratifikasi SMK/MAK.

Deskripsi
Jenis-jenis aktivitas pendidikan pada SMK/MAK disebut spektrum keahlian, alasannya jurusan-jurusan yang dikembangkan di SMK/MAK bentuknya yaitu keahlian-keahlian atau jabatan-jabatan pekerjaan (job titles) yang ada dan berkembang di dunia kerja, jadi bukan didasarkan atas disiplin keilmuan. Suatu keahlian atau jabatan pekerjaan (job title) sanggup merupakan hasil pemfusian dari sejumlah disiplin keilmuan.

Karakteristik Paket Keahlian
  1. Membentuk lulusan semoga menguasai satu jenis jabatan pekerjaan (profesi/ keahlian) formal yang berjenjang, pengalaman mencar ilmu atau skill yang diperoleh bermakna untuk hidup berdikari dan atau melanjutkan pendidikan, lapangan kerja lulusan terdeskripsikan secara terang dan spesifik.
  2. Ruang lingkup kompetensi mengacu kepada standar kompetensi yang diharapkan oleh dunia kerja dan diakui, dikemas dengan memperhatikan rambu-rambu KKNI.
  3. Memerlukan waktu tatap muka terstruktur untuk kejuruan/peminatan (C1, C2, C3) +2996 jp @ 45 menit untuk aktivitas 3 tahun atau +4724 jp @ 45 menit untuk aktivitas 4 tahun. 
  4. Perbedaan muatan kompetensi kejuruan (C2 dan C3) satu paket keahlian dengan paket keahlian lainnya dalam satu aktivitas keahlian minimal 35 %, dilihat dari bobot beban belajar.
  5. Mempertimbangkan tahapan dan perkembangan penerima didik secara fisik maupun psikologis.
Spektrum Keahlian yang dikala ini berlaku yaitu menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Dikbud Nomor 7013/D/KP/2013, Spektrum Keahlian PMK terdiri atas 9 (sembilan) Bidang Keahlian, 46 Program Keahlian, dan 128 Paket Keahlian sebagaimana sanggup ditelaah pada tabel rekapitulasi (daftar selengkapnya lihat lampiran).

Spektrum Keahlian tersebut merupakan contoh bagi sekolah (SMK/MAK) untuk membuka dan menyebarkan aktivitas pendidikan. Sekolah hanya boleh membuka atau menyelenggarakan aktivitas pendidikan sesuai dengan spektrum keahlian yang berlaku. Daftar Program/Paket Keahlian sesuai Keputusan Dirjen Dikmen tersebut sanggup dilihata pada tabel 2 terlampir.

    Download Berkas Spektrum Keahlian SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan



    Download File:

    Spektrum Keahlian Sekolah Menengah kejuruan (Materi Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SMK).docx
    Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 tanggal 4 Desember 2013 wacana SPEKTRUM KEAHLIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN.docx
    Spektrum Keahlian Sekolah Menengah kejuruan (Materi Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 SMK).pdf
    Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 tanggal 4 Desember 2013 wacana SPEKTRUM KEAHLIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Spektrum Keahlian SMK. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Spektrum Keahlian Smk"