Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Guru Keahlian Ganda Tahap Ii Siap Dibuka

Berikut ini ialah gosip pendidikan mengenai "Program Guru Keahlian Ganda Tahap II Siap Dibuka".

 Berikut ini ialah gosip pendidikan mengenai  Program Guru Keahlian Ganda Tahap II Siap Dibuka
Program Guru Keahlian Ganda Tahap II Siap Dibuka

Program Guru Keahlian Ganda Tahap II Siap Dibuka

Program Keahlian Ganda tahap II untuk guru Sekolah Menengah kejuruan siap dibuka pada Juli 2017. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka rekrutmen Program Keahlian Ganda bagi 15.000 guru normatif yang akan dilatih menjadi guru produktif untuk bidang keahlian prioritas nasional dalam pendidikan vokasi. Rekrutmen ini sanggup diikuti guru Sekolah Menengah kejuruan negeri maupun swasta.

“Ada empat bidang keahlian yang menjadi prioritas sesuai kode presiden, yaitu bidang maritim atau kelautan, bidang pertanian atau ketahanan pangan, bidang industri kreatif, dan bidang pariwisata,” ujar Dirjen GTK Sumarna Surapranata, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Pada Program Keahlian Ganda tahap pertama, yaitu tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyeleksi 12.741 guru Sekolah Menengah kejuruan normatif (guru pengampu mata pelajaran wajib, ibarat pendidikan kewarganegaraan atau bahasa Indonesia). Saat ini mereka sedang menjalani training sebagai guru Sekolah Menengah kejuruan produktif, yaitu guru pengampu mata pelajaran bidang keahlian. Program Keahlian Ganda merupakan langkah strategis Kemendikbud untuk mengatasi dilema kekurangan guru produktif di SMK.

Dirjen GTK Sumarna Surapranata menuturkan, Kemendikbud sudah melaksanakan pemetaan mengenai kekurangan jumlah guru produktif, termasuk bidang keahlian yang dibutuhkan. Berdasarkan data per tahun 2016, Indonesia mempunyai kekurangan guru Sekolah Menengah kejuruan produktif sebanyak 91.861 guru. Program Keahlian Ganda tahap pertama kemudian berhasil menyeleksi 12.741 guru, dan akan bertambah 15.000 di tahap kedua pada tahun ini. Untuk Program Keahlian Ganda tahap II, ada 53 bidang keahlian yang sanggup dipilih calon penerima Program Keahlian Ganda.

“Jadi 53 bidang keahlian tersebut ialah bidang keahlian yang termasuk di dalam empat bidang prioritas tadi,” kata laki-laki yang dekat disapa dengan panggilan Pranata itu.

Pranata mengatakan, melalui Program Keahlian Ganda, guru normatif sanggup mendapatkan akta keahlian sebagai guru produktif. Mereka akan mengikuti training yang dibagi menjadi lima tahap, sebelum mendapatkan akta keahlian. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ada lima tahap yang akan dijalani penerima Program Keahlian Ganda, yaitu ON-1, IN-1, ON-2, IN-2, dan magang kerja industri. Di tahap ON-1, selama 12 ahad penerima akan diberikan bahan pengenalan dasar kompetensi kejuruan, dan berguru berdikari dengan modul. Pada tahap IN-1, selama delapan ahad penerima akan diberi bahan penyusunan perangkat pembelajaran dan penguatan bahan melalui modul. Lalu pada tahap ON-2, selama 12 ahad penerima akan magang mengajar sebagai guru produktif di kelas (SMK), dan di bengkel atau laboratorium, sekaligus berguru berdikari melalui modul. Kemudian selama dua ahad di tahap IN-2, penerima akan mendapatkan penguatan materi, penajaman kompetensi keahlian dan uji kompetensi oleh LSP. Terakhir, penerima akan menjalani magang kerja di industri selama dua bulan.

Pranata pun menegaskan, dengan mengikuti Program Keahlian Ganda, guru yang telah tersertifikasi sebagai guru normatif tidak akan kehilangan derma profesinya. “Orang yang mengikuti Program Keahlian Ganda, tunjangannya tidak akan dicabut, tetap dapat. Banyak yang masih salah paham soal ini,” ujarnya. Selain itu, ia menambahkan, ada beberapa manfaat yang sanggup diambil guru yang mengikuti Program Keahlian Ganda, antara lain sanggup membantu guru tersebut memenuhi jam mengajar dikarenakan telah mempunyai keahlian. Bagi guru sekolah swasta bahkan sanggup menjadi peluang untuk membuka jadwal keahlian gres di Sekolah Menengah kejuruan daerah asalnya mengajar.

Demikian yang sanggup kami sampaikan gosip pendidikan mengenai "Program Guru Keahlian Ganda Tahap II Siap Dibuka". Semoga sanggup bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Program Guru Keahlian Ganda Tahap Ii Siap Dibuka"