Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Teknis Evaluasi Hasil Berguru Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ips Smp

Berikut ini ialah berkas Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP. Download Buku PDF. Berkas ini ditujukan sebagai rujukan untuk Guru IPS di Sekolah Menengah Pertama atau sederajat.

 Berikut ini ialah berkas Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum  Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP
Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP

Download Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP

Berikut ini kutipan dari keterangan Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP:

Penilaian ialah bab dari kurikulum. Penilaian merupakan alat penilaian yang berfungsi untuk menunjukkan potret/gambaran mengenai pemahaman dan kemajuan berguru serta hasil berguru penerima didik dalam kaitannya dengan ketercapaian Standar Nasional. Penilaian dalam kurikulum 2013 meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga sanggup dipakai untuk mengukur ketercapaian kompetensi untuk setiap penerima didik terhadap standar yang telah ditetapkan.
Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada model penilaian kelas dalam hal pencapaian kompetensi penerima didik yang harus dilakukan oleh pendidik. Penilaian oleh pendidik, baik yang formatif maupun sumatif, harus memakai metode proses pembelajaran maupun instrumen penilaian hasil berguru yang bervariasi dengan tujuan biar sanggup mengakomodir semua potensi penerima didik. Metode pembelajaran dan instrumen penilaian tersebut tentunya harus mengacu pada kompetensi dasarnya, bahan serta indikator pembelajarannya. Untuk keperluan tersebut, diharapkan langkah-langkah perencanaan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pengembangan instrumen penilaian hasil berguru yang tepat.
Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Penilaian Pendidikan – Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berinisiatif untuk menyusun buku pedoman teknis penilaian hasil berguru untuk tingkat SMP/MTs untuk beberapa mata pelajaran yang mengacu pada Kurikulum 2013. Buku pedoman teknis ini merupakan embel-embel dari buku pedoman penilaian hasil berguru oleh pendidik yang sudah diadaptasi dan dikembangkan dengan beberapa kebijakan terbaru wacana penilaian oleh pendidik.
Buku pedoman teknis ini berisi contoh-contoh penilaian kelas yang memfokuskan pembahasannya pada fungsi penilaian sumatif menurut Kurikulum 2013 untuk beberapa bidang studi. Contoh-contoh penilaiannya dikembangkan menurut kompetensi dasar (KD) yang terintegrasi, yaitu antara kompetensi dasar dalam KI yang berbeda atau kompetensi dasar untuk setiap KI.

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan anda lihat pada file preview atau unduh pada link di bawah ini:

Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP


Download File:

Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS SMP.pdf

Demikianlah yang sanggup kami sampaikan, semoga share file Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS Sekolah Menengah Pertama ini sanggup bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pedoman Teknis Evaluasi Hasil Berguru Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ips Smp"