Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Kerja Tenaga Manajemen Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Berikut ini ialah berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah (SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK) Tahun 2017. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017
Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017:

Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga pendidikan yang memegang kiprah penting dalam meningkatkan layanan manajemen sekolah. Terkait dengan hal tersebut maka tenaga manajemen sekolah perlu mempunyai kompetensi yang dipersyaratkan semoga sanggup melaksanakan kiprah dan fungsinya dengan baik.

Dalam rangka mewujudkan tenaga manajemen sekolah/madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah sebagai fatwa dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya tersebut.

Salah satu upaya untuk membimbing tenaga manajemen dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya sehari-hari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun panduan kerja dimaksud dan menerbitkannya menjadi sebuah buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan kerja ini berisi klarifikasi perihal pelaksanaan kiprah kepala tenaga administrasi, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus sekolah/madrasah.

Panduan kerja ini diharapkan sanggup dijadikan contoh bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melaksanakan training bagi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Latar Belakang
Pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diharapkan sumber daya pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga kependidikan, masyarakat, dana, sarana, dan prasarana. Sebagai sumber daya pendidikan, tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang bertugas menawarkan pinjaman layanan manajemen sekolah pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 perihal Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah menjelaskan bahwa tenaga manajemen sekolah/madrasah terdiri atas kepala tenaga manajemen sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus. Pelaksana Urusan meliputi pelaksana urusan: manajemen kepegawaian, manajemen keuangan, manajemen sarana prasarana, manajemen humas, manajemen persuratan dan kearsipan, manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, dan manajemen umum untuk SD/MI/SDLB. Petugas layanan khusus, meliputi penjaga sekolah, tukang kebun, pengemudi dan pesuruh. Berdasarkan peraturan tersebut, untuk sanggup diangkat sebagai tenaga manajemen sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar tenaga manajemen sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah meliputi kompetensi kepribadian, sosial, teknis, dan manajerial. Pelaksana Urusan meliputi kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis pelaksana urusan, seangkan Petugas Layanan Khusus meliputi kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis petugas layanan khusus.

Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah disusun sebagai contoh bagi tenaga manajemen sekolah/madrasah semoga sanggup melaksanakan kiprah dan fungsinya dengan baik.

Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 perihal Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 perihal Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 perihal Penilaian Prestasi Kerja PNS.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 perihal Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 perihal Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2009 yang diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 30 Tahun 2011 perihal Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Satuan Pendidikan.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 perihal Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 perihal Standar Pelayanan Minimal.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2010 perihal Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria di Bidang Pendidikan.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 perihal Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan
Panduan kerja ini disusun sebagai contoh bagi tenaga manajemen sekolah/madrasah semoga sanggup menjalankan kiprah dan fungsinya dengan baik dalam rangka memenuhi Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan ini juga sanggup dipakai sebagai contoh bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melaksanakan training bagi tenaga manajemen sekolah/madrasah.

Sasaran
Sasaran pengguna Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah ialah sebagai berikut:
  1. tenaga perpustakaan sekolah/madrasah
  2. kepala sekolah/madrasah
  3. pengawas sekolah
  4. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
  5. para pemangku kepentingan pendidikan lainnya yang bertugas melaksanakan training kepada tenaga perpustakaan.

Ruang Lingkup
Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah berisi Pendahuluan, Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah; Deskripsi Tugas Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, Sasaran Kerja Pegawai dan Penilaian Kinerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan Penutup.

Dalam Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 ini dilampirkan secara lengkap contoh format manajemen untuk sekolah/madrasah diantaranya:

PELAYANAN KEPALA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian
  2. Contoh Surat Instruksi Kepala Sekolah
  3. Contoh Surat Kuasa
  4. Contoh Surat Keputusan
  5. Contoh Surat Keputusan
  6. Contoh Lembar Supervisi Administrasi Kepegawaian
  7. Contoh Lembar Supervisi Administrasi Keuangan
  8. Contoh Lembar Supervisi Administrasi Sarana dan Prasarana Lampiran 9 Contoh Lembar Supervisi Administrasi Persuratan dan Pengarsipan Lampiran 10 Contoh Lembar Supervisi Administrasi Kesiswaan
  9. Contoh Program Kerja Kepala TAS
  10. Contoh Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Lampiran 13 Contoh Pembagian Tugas Tenaga Administrasi Sekolah
  11. Contoh Pembagian Tugas Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan
  12. Contoh Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Perubahan

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian Lampiran 17 Contoh Surat Keterangan Lampiran 18 Contoh Daftar Hadir Guru
  2. Contoh Laporan Bulanan Daftar Nominatif Pegawai
  3. Contoh Laporan Bulanan Daftar Hadir Kerja Pegawai
  4. Contoh Laporan Bulanan Daftar Jumlah Pegawai
  5. Contoh Laporan Bulanan Mutasi Data Pegawai
  6. Contoh Laporan Bulanan Rekapitulasi Jumlah Pegawai
  7. Contoh Format Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  8. Contoh Format Program Kerja Pelaksana Urusan Kepegawaian
  9. Contoh Format Surat Pengusulan Kenaikan Pangkat
  10. Contoh Format Analisis Kebutuhan Guru
  11. Contoh Format Analisis Kebutuhan Guru (SMK)
  12. Contoh Format Analisis Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah
  13. Contoh Surat Pengusulan Pensiun
  14. Contoh Persyaratan Administrasi Pengajuan Pensiun
  15. Contoh Surat Pengusulan Pensiun Batas Usia Penuh
  16. Contoh Blangko Penelitian Berkas Persyaratan Pensiun BIP/APS/Meninggal Dunia
  17. Contoh Persyaratan Administrasi Pengajuan Pensiun PNS Yang Meninggal Dunia (Pensiun Anak)
  18. Contoh Formulir Permohonan Karis/Karsu/Taspen
  19. Contoh Formulir Permohonan Karis/Karsu/Taspen

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI KEUANGAN
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian
  2. Contoh Laporan Keuangan Barang dan Jasa
  3. Contoh Rencana Penggunaan Anggaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP)/Sekolah (BOS)
  4. Contoh Laporan Keuangan BOP/BOS Lampiran 41 Contoh Format Buku Kas Umum Bulanan Lampiran 42 Contoh Format Buku Pembantu Kas Bulanan Lampiran 43 Contoh Format Buku Pembantu Bank Bulanan Lampiran 44 Contoh Format Buku Pembantu Pajak Bulanan Lampiran 45 Contoh Surat Kenaikan Gaji Berkala
  5. Contoh Program Kerja Pelaksana Urusan Keuangan

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian Pelaksana Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana
  2. Contoh Daftar Pengeluaran Barang Inventaris Lampiran 49 Contoh Daftar Pengeluaran Barang Non Inventaris Lampiran 50 Contoh Daftar Peminjaman Barang Inventaris Lampiran 51 Contoh Buku Induk Barang Inventaris
  3. Contoh Kartu Inventaris Barang (KIB) A Tanah
  4. Contoh Kartu Inventaris Barang (KIB) B Peralatan dan Mesin Lampiran 54 Contoh Kartu Inventaris Barang (KIB) C Gedung dan Bangunan Lampiran 55 Contoh Kartu Inventaris Barang (KIB) D Jalan, Irigasi dan Bangunan
  5. Contoh Kartu Inventaris Ruangan
  6. Contoh Daftar Penerimaan Barang Inventaris Lampiran 58 Contoh Daftar Penerimaan Barang Noninventaris Lampiran 59 Contoh Buku Pemeliharaan dan Perbaikan Lampiran 60 Contoh Format Barang ATK yang Harus Ditambah/Dibeli
  7. Contoh Kartu Stok Barang
  8. Contoh Stok Barang ATK yang Ada
  9. Contoh Program Kerja Pelaksana Urusan Sarana Prasarana
  10. Contoh Daftar Kebutuhan Barang Inventaris dan Non inventaris
  11. Contoh Laporan Bulanan Penggunaan Laboratorium/Bengkel
  12. Contoh Laporan Semesteran Penggunaan Laboratorium/Bengkel
  13. Contoh Laporan Tahunan Penggunaan Laboratorium/Bengkel
  14. Contoh Daftar Laboratorium/Bengkel Sekolah
  15. Contoh Formulir Denah Ruang dan Bangunan Laboratorium/Bengkel
  16. Contoh Daftar Peralatan Pendukung Laboratorium/Bengkel
  17. Contoh Penjadwalan Kegiatan Praktik Siswa
  18. Contoh Prosedur Operasi Standar
  19. Contoh Lembar Kerja Perawatan Alat dan Mesin Lampiran 74 Contoh Kegiatan Perawatan Alat dan Mesin Lampiran 75 Contoh Kartu Peminjaman Alat
  20. Contoh Bon Peminjaman Peralatan Laboratorium/Bengkel
  21. Contoh Daftar Pengeluaran Bahan Praktik Laboratorium/Bengkel
  22. Contoh Daftar Lomba Kompetensi Siswa (Job-sheet)
  23. Contoh Daftar Penyerahan Hasil Praktik Laboratorium/Bengkel
  24. Contoh Daftar Nilai Praktik Laboratorium/Bengkel

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT
  1. Buku Kegiatan Harian Pelaksana Urusan Administrasi Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
  2. Contoh Perjanjian Kerja sama Lampiran 83 Contoh Format Notulen Rapat
  3. Contoh Format Pengumuman
  4. Contoh Program Kerja Pelaksana Urusan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
  5. Contoh Daftar Hadir Praktik Kerja Industri

PELAYANAN ADMINISTRASI PERSURATAN DAN PENGARSIPAN
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian Pelayanan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan
  2. Contoh Kartu Kendali Surat Masuk dan Surat Keluar
  3. Contoh Format Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar
  4. Contoh Surat Dinas
  5. Contoh Surat Undangan
  6. Contoh Surat Edaran
  7. Contoh Surat Tugas 1
  8. Contoh Surat Tugas 2
  9. Contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas
  10. Contoh Surat Pengantar 1
  11. Contoh Surat Pengantar 2
  12. Contoh Surat Keterangan
  13. Contoh Surat Pernyataan
  14. Contoh Berita Acara
  15. Contoh Program Kerja Pelaksana Urusan Persuratan dan Pengarsipan

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI KESISWAAN
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian Pelaksana Urusan Administrasi Kesiswaan
  2. Contoh Surat Panggilan Orang Tua Siswa
  3. Contoh Surat Penskorsan
  4. Contoh Surat Pengunduran Diri
  5. Contoh Surat Mutasi Masuk Siswa
  6. Contoh Surat Keterangan Pindah/Keluar
  7. Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah
  8. Contoh Surat Keterangan Ijazah Asli Belum Jadi
  9. Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah
  10. Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang/Rusak
  11. Contoh Surat Keterangan Lainnya
  12. Contoh Surat Keputusan Tentang Tata Cara Pemberian Penghargaan
  13. Contoh Buku Klafer Siswa
  14. Contoh Formulir Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru
  15. Contoh Bukti Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru
  16. Contoh Tanda Bukti Lapor Diri Siswa Baru
  17. Contoh Persyaratan Lapor Diri Siswa Baru
  18. Contoh Formulir Biodata Siswa
  19. Contoh Instrumen Penerimaan Peserta Didik Baru
  20. Contoh Program Kerja

PELAKSANA URUSAN ADMINISTRASI LAYANAN KHUSUS
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian Penjaga Sekolah
  2. Contoh Buku Tamu dan Buku Ekspedisi
  3. Contoh Buku Gangguan Keamanan
  4. Contoh Buku Kontrol Kendaraan

OPERATOR DAPODIK
  1. Contoh Buku Kegiatan Harian Operator Dapodik
  2. Contoh Formulir Sekolah
  3. Contoh Formulir Peserta Didik
  4. Contoh Program Kerja Pelaksana Operator Dapodik

PENYUSUNAN SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP)
  1. Tata Cara Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
  2. Formulir Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
  3. Penilaian Capaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
  4. Standar Nilai Prestasi Kerja
  5. Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil
  6. Monitoring Pelaksanaan Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil
  7. Buku Catatan Penilaian Perilaku Pegawai Negeri Sipil
  8. Pejabat Penilai dan Atasan Pejabat Penilai Pegawai Negeri Sipil

    Download Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017



    Download File:
    Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017.pdf
    Sumber: http://gtk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Panduan Kerja Tenaga Manajemen Sekolah/Madrasah Tahun 2017"