Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pkb Guru Sd Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap

Berikut ini yaitu Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap. Download file format PDF. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk SD (SD) Kelas Awal ini terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Soal.

 Berikut ini yaitu Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap
Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap

Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap:

Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan berguru siswa. Guru profesional yaitu guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga sanggup menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut mengakibatkan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah tempat dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada simpulan tahun 2015. Peta profil hasil UKG memperlihatkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk training guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai biro perubahan dan sumber berguru utama bagi penerima didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan

Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam membuatkan perangkat dan melakukan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut yaitu modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini dibutuhkan acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memperlihatkan pemberian yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru jenjang SD Guru Kelas Awal, Guru Kelas Tinggi, mata pelajaran Seni Budaya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Modul ini merupakan dokumen wajib untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru merupakan tindak lanjut dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu acara diklat, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2017 melakukan review, revisi, dan membuatkan modul paska UKG 2015 yang telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipelajari oleh penerima selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang SD ini dibutuhkan sanggup menjadi materi bacaan wajib bagi para penerima diklat untuk sanggup meningkatkan pemahaman perihal kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan kiprah pokok dan fungsinya.

Latar Belakang
Guru memiliki kewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai esensi pembelajar seumur hidup. Untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan tersebut, dikembangkan modul untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berisi topik-topik penting. Adanya modul ini memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk berguru lebih berdikari dan aktif. Modul ini juga dipakai sebagai materi bimbing dalam kegiatan diklat tatap muka pribadi atau tatap muka kombinasi (in-on-in).

Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berjudul “Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik” merupakan modul untuk kompetensi pedagogik guru pada Kelompok Kompetensi A (KK A). Materi modul dikembangkan menurut Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, kompetensi Pedagogik yang pertama dan keenam yaitu perihal Karakteristik Peserta Didik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik. Penguasaan guru atas konsep dan implementasi dari kedua kompetensi inti ini membekali guru untuk menghantarkan penerima didik asuhannya secara percaya diri memperoleh pencapaian terbaik mereka sesuai dengan karakteristiknya. Dengan demikian, potensi yang dimiliki seluruh penerima didik sanggup mewujud dalam bentuk prestasi yang bermacam-macam secara optimal. Mengingat penerima didik yaitu subjek yang akan dibelajarkan guru perlu termotivasi, bekerja keras, dan kreatif untuk mengenal karakteristik dan potensi penerima didik serta cara mengembangkannya.

Pada beberapa komponen modul yang relevan telah diintegrasikan beberapa nilai huruf bangsa, baik secara eksplisit maupun implisit. Berdasarkan karakteristik materi modul yang membahas perihal aspek kognitif dan non-kognitif penerima didik, ruang lingkup kajian materi modul ini sejatinya sanggup memfasilitasi penguatan sebagian besar nilai-nilai huruf yang diusung dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Nilai-nilai ini sanggup diimplementasikan selama kegiatan pembelajaran, dalam melakukan kiprah sebagai guru, dan dalam kehidupan sehari-hari sehingga sanggup mendukung pengembangan kompetensi sosial dan kepribadian guru. Dengan demikian dibutuhkan guru sanggup menjadi pola bagi penerima didik yang diasuhnya dan masyarakat di sekitarnya.

Tujuan
Setelah guru mempelajari modul ini dibutuhkan sanggup memahami materi kompetensi pedagogik yang terdiri atas karakteristik penerima didik dalam banyak sekali aspek, potensi penerima didik, bekal bimbing awal, kesulitan belajar, pembelajaran untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi optimal, dan pembelajaran untuk mengaktualisasi potensi penerima didik.

Peta Kompetensi
Kompetensi inti yang dibutuhkan sesudah guru berguru dengan memakai modul ini yaitu menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual serta memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki. Berikut yaitu rincian kompetensi yang dibutuhkan tercapai melalui pembelajaran dengan memakai modul KK A.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup materi pada modul ini disusun dalam empat bagian, yaitu potongan Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran, Evaluasi, dan Penutup. Bagian Pendahuluan berisi paparan perihal Latar Belakang modul KK A, Tujuan, Peta Kompetensi yang dibutuhkan dicapai sesudah pembelajaran, Ruang Lingkup, dan Cara Penggunaan Modul. Bagian kegiatan pembelajaran berisi Tujuan, Indikator Pencapaian Kompetensi, Uraian Materi, Aktivitas Pembelajaran, Latihan/Kasus/Tugas, Rangkuman, Umpan Balik, dan Tindak Lanjut. Bagian simpulan terdiri atas Kunci Jawaban, Latihan/Kasus/Tugas, Evaluasi, dan Penutup.

Rincian materi pada modul yaitu sebagai berikut:
  1. Perkembangan Peserta Didik
  2. Potensi Peserta Didik
  3. Perkembangan Fisik dan Motorik
  4. Perkembangan Kemampuan Intelektual
  5. Perkembangan Kecerdasan Emosi dan Perkembangan Sosial
  6. Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual
  7. Identifikasi Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar 

Saran Cara Penggunaan Modul
Secara umum, cara penggunaan modul pada setiap Kegiatan Pembelajaran diubahsuaikan dengan skenario setiap penyajian mata diklat. Modul ini sanggup dipakai dalam kegiatan pembelajaran guru, baik untuk moda tatap muka dengan model tatap muka penuh maupun model tatap muka In-On-In.

Download Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi A



Download File:

Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - A (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - B (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - C (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - D (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - E (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - F (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - G (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - H (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - I (2017).pdf
Modul PKB SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi - J (2017).pdf


Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul PKB Guru SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Modul Pkb Guru Sd Kelas Awal Kelompok Kompetensi Lengkap"