Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu

Berikut ini yaitu informasi wacana Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu.

 Berikut ini yaitu informasi wacana Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu
Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu

Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ajarkan prakeaksaraan lewat buku materi bimbing berbahasa ibu.

"Kegiatan prakeaksaraan untuk anak usia dini antara lain sanggup dilakukan melalui bermain, mendongeng, bernyanyi, dan mengenal buku," kata Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud, Ella Yulaelawati dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (11/5).

Kemendikbud meluncurkan lebih dari 50 buku berbahasa ibu atau bahasa tempat untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam Festival dan Kreativitas Anak Usia Dini 2017. Peluncuran buku diikuti sekitar 1.600 anak usia dini dari banyak sekali wilayah di Indonesia.

Ellan menjelaskan, penerbitan buku materi bimbing berbahasa ibu, yakni untuk meningkatkan kreativitas pendidik PAUD dalam mendongeng atau membaca buku cerita. Sekaligus, melestarikan bahasa ibu yang bermacam-macam di Tanah Air.  Ia meyakini, pengenalan prakeaksaraan memakai bahasa ibu bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan interaksi serta menunjang pengembangan kemampuan berbahasa, kemampuan sosial dan koginitif. Selain itu, menurutnya buku berbahasa ibu sanggup menumbuhkan kecintaan anak usia dini terhadap bahasa Indonesia dan bahasa daerahnya.

"Bahasa ibu memperlihatkan pemaknaan yang lebih mendalam membentuk karakter anak sebab melibatkan rasa, selera, petuah, dan kearifan lokal," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pendidik PAUD dari Banyumas, Jawa Tengah, Heru Kurniawan meyakini, mencar ilmu memakai bahasa tempat sanggup menampakkan karakte anak. "Misalnya dalam bahasa Banyumasan ada istilah blakasuta, artinya apa adanya, atau blak-blakan," jelasnya.

Heru yaitu seorang pendidik di PAUD SKB Purwokerto, Jawa Tengah yang ikut hadir di Festival dan Kreativitas Anak Usia Dini 2017. Ia mengatakan, dalam pembelajaran sehari-hari dirinya melaksanakan acara mendongeng atau bercerita dengan memakai bahasa Banyumasan dan bahasa Indonesia.

Sementara itu, satu pendidik di PAUD Kebun Anggur dan PAUD Mutiara Bagi Bangsa yang berada di bawah Majelis Pendidikan Nasrani Kota Kupang, Ika Lasa menuturkan dirinyabselalu memakai bahasa ibu dan bahasa Indonesia dalam mendongeng.

"Misalnya ketika pembelajaran, kami biasa berkata ‘Anak-anak, sonde bole beribut’, yang dalam bahasa Indonesia artinya ‘Anak-anak, dilarang berisik’," tutur Ika.

Sebanyak 55 buku kisah berbahasa ibu yang diterbitkan Kemendikbud antara lain memakai bahasa Padang Solok, Sunda, Betawi, Tegal, Aceh Selatan, Batak Karo, Batak Toba, Simalungun, Melayu, Palembang, Banjar, Dayak, Sanggau, Minahasa, Manado, Bugis, dan Ambon. Kemendikbud menargetkan buku-buku itu memperlihatkan imbas faktual dan bisa memperlihatkan kesem­patan kepada belum dewasa yang mempunyai kecerdasan linguistik (bahasa) untuk memberikan kisah dengan cara unik, asyik, dan menyenangkan. Terlebih yang diceritakan kisah yang sudah sangat bersahabat dengan kehidupan anak-anak.

Bahan bimbing berbahasa ibu tersebut berupa buku kisah yang terdiri atas empat judul, yaitu Si Tupai, Aku Suka Buah, Kucing Emas, dan Siapa Yang Paling Cantik?. Buku-buku itu diterjemahkan ke dalam 55 bahasa tempat dengan kualitas cetakan dan kemasan terbaik oleh Kemendikbud, dan diberikan secara gratis kepada forum PAUD di seluruh Indonesia.

Bahan bimbing berupa buku kisah tersebut silahkan anda lihat di:
Komik untuk Bahan Ajar PAUD. Download file Buku/E-Book format PDF.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai informasi tentang Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu. Semoga bisa bermanfaat.

Sumber berita: http://www.republika.co.id

Posting Komentar untuk "Kemendikbud Ajarkan Praaksara Lewat Bahasa Ibu"