Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Seputar Snmptn Dan Sbmptn 2017

Berikut ini yaitu informasi mengenai Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017. Inilah gosip selengkapnya.

 Berikut ini yaitu informasi mengenai Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN  Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017
Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017

Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017

Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Ravik Karsidi menyatakan proses seleksi melalui SNMPTN telah berlangsung. Panitia akan mengumumkan peserta yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri pada 26 April 2017 mendatang.

Adapun penerimaan mahasiswa gres melalui tes tertulis atau SBMPTN mulai dibuka Selasa (11/4/2017) kemarin dan ditutup pada 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB.

Tahun ini panitia menargetkan jumlah peserta SBMPTN berbasis komputer meningkat dari sebelumnya 2.500 peserta menjadi 30.000 peserta.

Khusus pendaftar SBMPTN berbasis komputer akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama mulai 11 April pukul 08.00 WIB hingga 25 April 23.59 WIB atau tanggal sebelumnya hingga kuota tahap pertama habis. Sementara tahap kedua dimulai mulai 11 April pukul 08.00 WIB hingga 5 Mei pukul 23.59 WIB.

Pelaksanaan ujian sendiri, baik kertas dan komputer, pada 16 Mei 2017. Panitia akan menggelar ujian keterampilan pada 17 Mei dan 18 Mei, sedangkan untuk pengumuman SBMPTN pada Selasa (13 Juni).

 Berikut ini yaitu informasi mengenai Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN  Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017
Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka

SNMPTN dan SBMPTN 2017 Dibuka, Ada Tiga Pola Penerimaan Mahasiswa Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2017 resmi dibuka oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir pada Jumat (13/1/2017).

Ketua SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan, pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2017 dilandaskan atas beberapa landasan konseptual. Antara lain, menunjukkan pengakuan terhadap semua prestasi akademik siswa.

"Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa yang mempunyai prestasi akademik terbaik untuk sanggup mengikuti pendidikan tinggi di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia tanpa diskriminasi," kata Ravik dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2017).

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 wacana Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguran Tinggi Negeri, diatur sejumlah teladan penerimaan mahasiswa baru.

Pertama, jalur SNMPTN, yaitu merupakan seleksi menurut hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

Kedua, SBMPTN, yaitu seleksi menurut hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Ketiga, seleksi mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

"Untuk daya tampung calon mahasiswa, SNMPTN dan SBMPTN paling sedikit mempunyai alokasi sebesar 30 persen dari total penerimaan calon mahasiswa. Sedangkan seleksi berdikari paling banyak 30 persen," ucap rektor Universitas Sebelas Maret itu.

Ravik menjelaskan, pelaksanaan seleksi melalui SNMPTN memilik syarat sekolah menurut akreditasi.

Untuk sekolah ratifikasi A, siswa yang sanggup mengikuti SNMPTN merupakan 50 persen terbaik di sekolahnya.

Sekolah dengan ratifikasi B, siswa yang sanggup mengikuti SNMPTN merupakan 30 persen terbaik di sekolahnya. Sedangkan sekolah dengan ratifikasi C, 10 persen siswa terbaik.

Untuk ratifikasi sekolah lainnya, 5 persen siswa terbaik sanggup mengikuti SNMPTN.

Adapun pelaksanaan SBMPTN, untuk ujian computer based testing (CBT) ditetapkan peningkatan jumlah peserta, yaitu mencapai 30.000 siswa.

Seleksi berdikari dilaksanakan hanya satu kali oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri sehabis pengumuman SBMPTN. Seleksi mandiri, salah satunya dengan memakai nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

Hasil SNMPTN Diumumkan 26 April 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini kegiatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dimulai 15 Maret hingga 15 April 2017. Pengumuman hasil seleksinya dilaksanakan pada 26 April 2017 nanti.

Ketua SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan, pelaksanaan SNMPTN mempunyai syarat sekolah menurut akreditasi. Untuk sekolah ratifikasi A, siswa yang sanggup mengikuti SNMPTN merupakan 50 persen terbaik di sekolahnya.

Adapun sekolah dengan ratifikasi B, siswa yang sanggup mengikuti SNMPTN merupakan 30 persen terbaik di sekolahnya, sedangkan untuk sekolah dengan ratifikasi C mensyaratkan 10 persen siswa terbaik. Untuk ratifikasi sekolah lainnya, 5 persen siswa terbaik sanggup mengikuti SNMPTN.

Sebagai catatan penting, dari beberapa tahapan utama mengikuti SNMPTN yang sebaiknya tidak dilupakan yaitu tahapan pengisian dan verifikasi PDSS. Simak berikut ini:

  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah mendapat password yang akan dipakai oleh siswa untuk melaksanakan verifikasi.
  • iswa melaksanakan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah dengan memakai NISN dan password.
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak sanggup diubah sehabis waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran SNMPTN


Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan harus memakai NISN dan password login ke laman SNMPTN 2017 http://www.snmptn.ac.id untuk melaksanakan pendaftaran.

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan kegiatan studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi pemanis (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada Perguruan Tinggi Negeri yang akan dipilih.

Siswa pendaftar pada kegiatan studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah memakai anutan yang sanggup diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan kanal Internet, sanggup melaksanakan pengisian PDSS maupun registrasi sanggup dilakukan di Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

Ikuti perkembangan Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017 di:
http://indeks.kompas.com/topik-pilihan/list/4555/snmptn.2017

Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai Informasi Seputar SNMPTN dan SBMPTN 2017. Semoga sanggup bermanfaat.

Sumber: Edukasi - KOMPAS.COM

Posting Komentar untuk "Informasi Seputar Snmptn Dan Sbmptn 2017"