Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Aliran Kompetisi Ilmiah Lipi 2017

Berikut ini ialah informasi dan berkas Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Tahun 2017.

 Berikut ini ialah informasi dan berkas Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI  Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017
Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

Berikut ini kutipan keterangan dari isi Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017:

Generasi muda Indonesia sebagai penerus bangsa tentu perlu sebuah wadah untuk menampung dan menguji ide-ide ilmiah mereka secara mendalam. Sebagai cuilan dari revolusi mental, LIPI diperlukan sanggup mengambil kiprah khususnya dalam membudayakan pemikiran ilmiah dalam diri cukup umur Indonesia. Penyelenggaraan kompetisi Ilmiah bagi cukup umur merupakan salah satu upaya pelatihan ilmiah yang dilakukan oleh LIPI. LIPI berupaya semoga tiap penyelenggaraannya ada peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Diperlukan sebuah panduan umum bagi setiap calon penerima semoga sanggup mengikuti kompetisi dengan persiapan yang lebih matang. Oleh sebab itu, disusunlah Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI ini. Buku ini terdiri dari dua cuilan pokok pedoman, yakni panduan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Awards (NYIA).

LKIR merupakan kompetisi ilmiah cukup umur tertua di Indonesia, yang telah diselenggarakan semenjak tahun 1969. Penyelenggaraan tahun ini telah menginjak usianya yang ke-49. Hal yang membedakan LKIR dengan penyelenggaraan kompetisi sejenis lainnya ialah adanya sesi pembimbingan (mentoring). Selama masa pembimbingan tersebut, para penerima yang proposalnya yang terpilih akan mendapat bimbingan eksklusif dari peneliti – peneliti LIPI dengan kepakaran yang sesuai serta mendapat kesempatan untuk memakai kemudahan penelitian yang dimiliki LIPI.

Adapun NYIA telah diselenggarakan semenjak tahun 2008, dan pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10. NYIA merupakan ajang yang menampilkan kreatifitas dan penemuan cukup umur dalam teknologi yang membantu kehidupan sehari-hari. Terdapat 6 kategori NYIA pada tahun ini, yaitu Manajemen Bencana, Edukasi dan Rekreasi, Pangan dan Agrikultur, Teknologi Ramah Lingkungan, Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan serta Kategori Teknologi untuk Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus.

Latar Belakang
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ialah suatu Lembaga Pemerintahan Non- Kementerian, yang semenjak berdirinya tahun 1967 telah mengalami beberapa kali perubahan struktur organisasi dan terakhir melalui Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001. Dengan persetujuan Menteri Negara Aparatur Negara, maka Kepala LIPI menetapkan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Keputusan Kepala LIPI Nomor 1151/M/2001, yang kemudian disempurnakan melalui Keputusan Kepala LIPI Nomor 3212/M/2004. LIPI melakukan kiprah pemerintahan di bidang penelitian pengetahuan dengan tiga tanggung jawab, yaitu tanggung jawab kepada dunia ilmu pengetahuan, tanggung jawab kepada masyarakat dan tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan. Sebagai salah satu wujud tanggung jawab LIPI kepada masyarakat dilaksanakan melalui upaya pelatihan ilmiah sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kepala LIPI tersebut di atas bahwa salah satu fungsi Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas (BKHH) ialah melakukan pelatihan peningkatan kemampuan ilmiah masyarakat. Implementasi fungsi tersebut dilaksanakan oleh Bagian Bina Ilmiah Masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan pelatihan dan kompetisi ilmiah. Kompetisi ilmiah bertajuk Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Awards (NYIA).LKIR yang telah diselenggarakan semenjak tahun 1969 merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk berkompetisi di bidang penelitian ilmiah dan penemuan sekaligus sebagai barometer pelatihan ilmiah masyarakat yang telah dilakukan oleh LIPI. Sejak tahun 2010, format penyelenggaraan LKIR mengalami perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya, di mana para penerima tidak mengirimkan karya penelitian yang telah selesai dilaksanakan, melainkan usulan usulan untuk kemudian diseleksi dan mendapat bimbingan mentor para peneliti LIPI sesuai bidang kompetensinya masing-masing. Adapun NYIA yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 merupakan wadah bagi siswa untuk berkompetisi dalam penemuan dan invensi yang kreatif dan inovatif. Usulan karya penemuan dan invensi dituangkan dalam bentuk uraian design (prototype). 

Dasar Hukum
Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) LIPI merupakan satuan kerja di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Utama LIPI. BKHH-LIPI sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, memiliki kiprah melakukan koordinasi dan pelaksanaan kerja sama, hukum, relasi masyarakat dan bina ilmiah masyarakat.

Maksud dan Tujuan Kegiatan
  1. Meningkatnya wawasan, pengetahuan dan budaya meneliti di kalangan masyarakat
  2. Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan cukup umur dalam kegiatan penelitian ilmiah
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas siswa dalam menghasilkan karya ilmiah
  4. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penemuan cukup umur dalam bidang Iptek
  5. Meningkatnya partisipasi cukup umur dalam ajang ekspo invensi di tingkat internasional
  6. Meningkatnya pengetahuan dan wawasan cukup umur melalui proses saling tukar informasi di ajang internasional
Target dan Sasaran
  1. Menumbuhkan semangat meneliti, kreativitas, dan penemuan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Meningkatkan kreativitas dalam proses belajar-mengajar ke arah sistem pembelajaran iptek yang lebih menarik dan efektif
  3. Meningkatkan kegiatan dan wawasan peneliti muda dalam penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. 

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 49 Tahun 2017
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-49 Tahun 2017. LKIR merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas maksimal Kelas XII atau sederajat berusia 12-18 tahun. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap penerima harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum menciptakan usulan penelitian.

Bidang Penelitian (Kategori) LKIR
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (Social and Behavioral Sciences) Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, dan lainnya.
  2. Ilmu Pengetahuan Hayati (Life Sciences); Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan ilmu alam, banyak sekali kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan perihal alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika, dan lainnya.
  3. Ilmu Pengetahuan Teknik (Engineering Sciences); Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat- perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yang sanggup dipakai serta sanggup berupa penemuan produk dan pengembangan system, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Teknik Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, dan lainnya.
  4. Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan (Earth and Marine Sciences); Merupakan kategori LKIR yang berkaitan kajian, observasi, dan menghasilkan perangkat- perangkat di bidang ilmu kebumian dan kelautan, dengan subtema: Astronomi, Klimatologi, Cuaca, Geokimia, Minerologi, Paleontologi, Geofisika, Geologi, Kelautan/Oseanografi, dan lain 
Kriteria Peserta LKIR
  1. Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas atau sederajat, dengan ketentuan maksimum penerima ialah siswa kelas XII pada ketika Presentasi Finalis.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR atau lomba sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup yang berisi: a. Nama Lengkap b. Jenis Kelamin, c. Tempat dan Tanggal Lahir, d. Alamat Domisili, e. Sekolah/Instansi, f. Nomor Telepon/HP Peserta/Ketua Kelompok g. Email Pribadi Peserta/Ketua Kelompok h. Diketahui oleh orangtua atau wali dengan tanda tangan.
  5. Karya Ilmiah yang sedang diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak sanggup diikutsertakan dalam LKIR.

    Download Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017 dan berkas lainnya silahkan lihat pada file preview atau unduh pada link di bawah ini:

    Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017



    Download File:

    Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017.pdf
    Format Proposal Karya Tulis Ilmiah.doc
    Template Uraian Desain Alat Peraga LIPI (Template Uraian Desain NYIA).doc


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Info Kompetisi LIPI 2017

    Posting Komentar untuk "Buku Aliran Kompetisi Ilmiah Lipi 2017"