Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Jet Tempur Sukhoi Su-27 Rusia


Sejak simpulan 1969, Biro Desain PO Sukhoi lalu mulai merancang pesawat tempur generasi ke-4 yang selanjutnya dikenal dengan nama Su-27 ini,. Pengembangan Su-27 dibawah pengawasan OS Samoilovich. Rusia (Uni Sovyet) pada masa itu, membutuhkan model pesawat tempur gres yang efektif untuk menghadapi jet tempur F-15 yang sedang dikembangkan AS dibawah aktivitas FX semenjak tahun 1966. Pada tahap awal, Biro Desain PO Sukhoi menghasilkan sejumlah konsep konfigurasi alternatif, termasuk yang menurut solusi konvensional, model F-15. Itu yaitu konsep gres dari konfigurasi tubuh pesawat dan pada pengembangan selanjutnya didasarkan pada konsep tersebut.

Fitur penting lainnya yaitu penggunaan sistem kontrol jarak jauh (EDC) untuk mengatasi ketidakstabilan statis longitudinal yang kerap dialami pada model pesawat tempur jenis baru. Penerapan penemuan ini menawarkan peningkatan yang dramatis pada manuver pesawat dikala melaksanakan pertempuran satu lawan satu dengan pesawat lawan (dogfight).

Pada periode tahun 1971 sampai 1972, desain pesawat tempur gres yang diperlukan tersebut sedang dikembangkan secara tender oleh Biro Desain AI Mikoyan, P.O. Sukhoi, dan Yakovlev. Rancangan jet tempur Su-27 dengan arahan produk T10 telah diselesaikan pada bulan September 1971 dan diserahkan untuk diuji oleh pihak Angkatan Udara Uni Sovyet pada bulan Februari 1972.
Berdasarkan masukan dari pihak militer, pesawat tempur Su-27 mengalami desain ulang pada tahun 1972-1973 untuk sanggup memenuhi persyaratan. Rancangan Sukhoi pertama kali muncul, sebagai pesawat sayap delta T-10, yang pertama terbang pada tanggal 20 Mei 1977. T-10 terlihat oleh pengamat Barat, dan diberikan arahan NATO, Flanker-A.


Dua prototipe pertama Su-27, dilengkapi dengan mesin AL-21FZAI. Perkembangan T-10 menemui banyak masalah, yang berakibat pada kehancuran ketika salah satu pesawat ini jatuh pada tanggal 7 Mei 1978. Kejadian ini lalu ditindaklanjuti dengan banyak modifikasi perancangan.
Pada bulan Mei 1978, aktivitas pengujian diperluas untuk meliputi prototipe kedua, T10-2. Pada tahun 1979, prototipe T10-3 dan T10-4 dibentuk dengan sudah dilengkapi mesin AL-31F. Mesin turbofan AL-31F dibentuk khusus untuk Su-27 oleh AM Lyulka.
Mesin turbofan Lyulka AL-31F disediakan daerah yang sangat lebar, daerah yang lebar ini disediakan untuk alasan keamanan dan untuk menjamin pedoman udara yang tidak terputus pada bukaan udara masuk. Ruangan yang tercipta diantara dua buah mesin juga menyediakan daya angkat aksesori sehingga mengurangi beban sayap. Saluran penuntun yang sanggup digerakan pada bukaan udara masuk memungkinkan pesawat mencapai kecepatan Mach 2+ , dan membantu menjaga pedoman udara mesin pada dikala sudut alpha tinggi.Sebuah layar penyaring ditempatkan pada bukaan udara masuk untuk melindungi mesin dari kotoran dikala lepas landas
Pada bulan Desember 1979, Su-27 secara resmi diterima oleh militer untuk pengujian. Tapi itu yaitu versi yang berbeda dari pesawat yang dimasukkan dalam rencana produksi.
Rancangan Sukhoi pertama kali muncul sebagai pesawat sayap delta T-10, yang pertama terbang pada tanggal 20 Mei 1977. T-10 terlihat oleh pengamat Barat, dan diberikan arahan NATO Flanker-A. Perkembangan T-10 menemui banyak masalah, yang berakibat pada kehancuran ketika salah satu pesawat ini jatuh pada tanggal 7 Mei 1978. Kejadian ini lalu ditindaklanjuti dengan banyak modifikasi perancangan, yang menghasilkan T-10S, yang terbang pertama kali pada 20 April 1981. Pesawat ini juga menemui kesulitan, dan jatuh pada tanggal 23 Desember 1981.
Versi produksi pesawat ini (Su-27 atau Su-27S, dengan arahan NATO Flanker-B) mulai digunakan AU Soviet pada tahun 1984, tetapi gres digunakan menyeluruh tahun 1986, sebab sempat terhambat oleh problem produksi. Pesawat ini digunakan oleh Pertahanan Antiserangan Udara Soviet (Voyska PVO) dan AU Soviet (VVS). Pemakaiannya di V-PVO yaitu sebagai interseptor, menggantikan Sukhoi Su-15 dan Tupolev Tu-28. Dan pemakaiannya di VVS lebih difokuskan kepada interdiksi udara, dengan kiprah menyerang pesawat materi bakar dan AWACS, yang dianggap sebagai aset penting angkatan udara NATO.
Pada bulan Juni 1989, Su-27 dan Su-27UB untuk pertama kalinya ditampilkan di luar negeri pameran kedirgantaraan Le Bourget. Pilot V.G. Pugachov dan Ye.I. Frolov memperlihatkan kepada masyarakat internasional manuver unggul pesawat Sukhoi. Sejak hari itu, Su-27 menjadi pesawat tempur yang menjadi bukti tingkat pencapaian tertinggi dalam industri pesawat terbang Rusia.
Bukti lain kunggulan jet tempur Su-27 yaitu keberhasilan komersialnya di pasar global. Sejak tahun 1991, kemudahan produksi di Komsomolsk-on-Amur dan Irkutsk telah memproduksi varian ekspor Su-27: Su-27SK dan Su-27UBK. Sejak tahun 1992 model ini telah diekspor ke China, Vietnam, Ethiopia dan Indonesia. Dan semenjak tahun 1998, Su-27SKs telah diproduksi dibawah lisensi di China dengan nama F/J-11. Pesawat lisensi-produksi pertama melaksanakan uji coba penerbangan yang pertama pada 16 Desember 1998.

 http://www.pesawatterbang.net/1895/sejarah-pesawat-tempur-sukhoi-su-27.html

Posting Komentar untuk "Sejarah Jet Tempur Sukhoi Su-27 Rusia"