Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rfs Dmitry Donskoy (Tk-208), Kapal Selam Raksasa Milik Al Rusia


Pada masa berkecamuknya perang dingin, masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya, sering terjadi dengan apa yang diistilahkan sebagai perang urat syaraf. AS dan Uni Sovyet ketika itu secara bergantian saling mempamerkan peralatan perangnya yang terbaru. Untuk menciptakan peralatan perang dengan ukuran yang terbesar, Sovyet biasanya selalu merajai. Misalnya kapal selam RFS Dmitry Donskoy (TK-208). RFS Dmitry Donskoy ialah kapal selam pertama dari kelas Akula yang dikembangkan dan dibentuk dalam Proyek 941. Pihak NATO menyebut Akula Class sebagai Typhoon Class. Kapal selam ini dilengkapi dengan peluru kendali berkepala nuklir dan menjadi bahaya yang sangat serius bagi AS pada masa perang masbodoh sebelum keruntuhan Uni Sovyet. 

 masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia

 masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia

RFS Dmitri Donskoi (TK-208) / (Typhoon / Akula) - Ballistic Missile Submarine

 masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia

 masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia

 masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia

  •  masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia  masa dimana industri militer berkembang dengan pesatnya RFS Dmitry Donskoy (TK-208), kapal selam raksasa milik AL Rusia


Sebagai kapal selam kelas Typhoon generasi pertama, TK-208 diluncurkan pertama kali dari galangan kapal Severodvinsk pada tanggal 23 September 1980 dan bergabung dalam dinas kesatuan AL Sovyet pada tanggal 12 Desember 1981. Kapal ini mempunyai panjang tubuh 175 meter, dan dengan segera memegang record sebagai kapal selam yang terbesar di dunia, bahkan sampai ketika ini. 

RFS Dmitry Donskoy (TK-208) digerakkan oleh dua mesin bertenaga nuklir. Kapal ini bisa menyelam sampai pada kedalaman 400 meter dibawah laut. Dalam kondisi normal, sanggup berada di kedalaman bahari selama 180 hari tanpa timbul ke permukaan. Kemampuan ini dirancang untuk mengantisipasi kalau terjadi perang nuklir yang ketika itu memang telah berada di ujung tanduk. 

Pada bulan Juni 2002, sehabis menjalani perbaikan dan modifikasi di galangan Severodvinsk, kapal selam ini menyandang nama resmi RFS Dmitry Donskoy (TK-208), diambil dari nama seorang kaisar Rusia yang mengalahkan tentara Mongol pada kurun ke-14.

Setelah peluncuran RFS Dmitry Donskoy (TK-208), juga dibangun lima unit kapal selam kelas Typhoon lainnya. Pada masa perang masbodoh kapal selam kelas Typhoon dioperasikan oleh Uni Sovyet. Setelah keruntuhan negara tentangan AS itu, semua kapal selam kelas Typhoon dioperasikan oleh Rusia. Lima unit kapal selam kelas Typhoon selain TK-208 itu ialah sebagai berikut :

TK-202
Mulai dibangun : 1 Oktober 1980
Diluncurkan dari galangan : 26 April 1982
Mulai dioperasikan : 28 Desember 1983

TK-12 (Simbirsk)
Mulai dibangun : 27 April 1982
Diluncurkan dari galangan : 17 Desember 1983
Mulai dioperasikan : 27 Desember 1984

TK-13
Mulai dibangun : 5 Januari 1984
Diluncurkan dari galangan : 21 Februari 1985
Mulai dioperasikan : 29 Desember 1985

TK-17 (Arkhangelsk)
Mulai dibangun : 24 Februari 1985
Diluncurkan dari galangan : Agustus 1986
Mulai dioperasikan : 6 Nopember 1987

TK-20 (Severstal)
Mulai dibangun : 6 Januari 1987
Diluncurkan dari galangan : Juni 1988
Mulai dioperasikan : 4 September 1989

Sebenarnya masih ada satu lagi kapal selam kelas Typhoon yang dibangun, yaitu TK-210. Tapi pembangunannya tidak boleh alasannya ialah banyak sekali alasan dan hasilnya dibongkar kembali pada tahun 1990. Pada selesai Desember 2008, petinggi angkatan bahari Rusia menyatakan bahwa mereka tidak lagi menciptakan kapal selam dari kelas Typhoon (Akula). Sebagai penggantinya, sudah dibentuk generasi kapal selam lain yaitu dari kelas Borei. 

Kapal selam kelas Borei merupakan bab dari Proyek 935 yang sudah dimulai semenjak tahun 1996. Borei mempunyai ukuran sedikit lebih kecil dibanding kapal selam dari kelas Typhoon (Akula), tapi masih saja masuk dalam golongan kapal selam berukuran besar alasannya ialah mempunyai panjang 170 meter. 

Hingga ketika ini sudah ada tiga unit kapal selam kelas Borei yang dioperasikan, yaitu Yury Dolgorukiy, Alexander Nevsky, dan Vladimir Monomakh. Sedangkan kelas Borei yang terbaru, Svyatitel Nikolay, masih dalam tahap pembuatan yang sudah dimulai pada pada 2010 kemudian dan berdasarkan rencana akan diluncurkan pada tahun ini (2012). 

Sumber: Prokimal Online

Posting Komentar untuk "Rfs Dmitry Donskoy (Tk-208), Kapal Selam Raksasa Milik Al Rusia"