Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengumuman Cpns Kementerian Aturan Dan Ham (Kemkumham) Tahun 2017

Berikut ini yaitu informasi Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017. Pendaftaran CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017 mulai tanggal 1 - 31 Agustus 2017 dengan kuota sebanyak 17.962 untuk lulusan SMA, D-III dan S1.

Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM  Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017
Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017

Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017:

PENGUMUMAN
NOMOR: SEK.KP.02.01-490
TENTANG
PELAKSANAAN SELEKSI GALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (GPNS) KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2017

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia memperlihatkan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Galon Pegawai Negeri Sipil (GPNS) yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN)
  1. Sekretariat Jenderal.
  2. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan.
  3. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.
  4. Direktorat Jenderal Pemasyarakalan.
  5. Direktorat Jenderal lmigrasi.
  6. Direktorat Jenderal Kekayaan lntelektual.
  7. Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia.
  8. Inspeklorat Jenderal.
  9. Badan Pembinaan Hukum Nasional.
  10. Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  11. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  12. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia : Aceh, Sumatera Ulara, Sumatera Baral, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, Banten, OKI Jakarta, Jawa Baral, Jawa Tengah, 0.1. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimanlan Baral, Kalimanlan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selalan, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Baral, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Baral, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Baral (Kantor Wilayah, Kantor lmigrasi, Rumah Detensi lmigrasi, Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Balai Pemasyarakalan, Balai Harta Peninggalan, dan Rumah Sakit Pengayoman). 

KRITERIA PELAMAR
1. Kebuluhan dari masing-masing jabalan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria :

a. Cumlaude yaitu pelamar lulusan lerbaik (cum/aude I dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasl A I Unggul dan Program Sludi lerakredilasi A I Unggul pada dikala lulus dan dibuklikan dengan kelerangan lulus cumlaude I kebanggaan pada ijasah atau transkrip nilai.

b. Disabililas yaitu pelamar yang menyandang disabiltas I berkebutuhan khusus dengan krileria bisa melaksanakan lugas menyerupai menganalisa, mengelik, memberikan buah pikiran dan berdiskusi.

c. Pulra I Putri Papua dan Papua Baral yaitu pelamar dengan kriteria menamalkan pendidikan SD, Sekolah Menengah Pertama I SLTP, dan SMU I SL TA di wilayah Papua dan Papua Baral atau menurut garis kelurunan orang bau tanah (bapak) orisinil Papua (yang dibuklikan dengan surat kelerangan dart kelurahan/ kepala desa).

d. Umum yaitu pelamar yang tidak lermasuk krileria sebagaimana abjad a, b dan c diatas.

2. Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.


PERSYARATAN PELAMARAN
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara menurut putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan aturan yang tetap lantaran melaksanakan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas undangan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota Tentara Nasional Indonesia I POLRI, Pegawai BUMN I BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Galon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak mempunyai ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi sesudah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Bagi Wanita tidak bertato I bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota tubuh lainnya selaln di indera pendengaran kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau etika dan bagi Pria tidak bertato I bekas tato dan tindik I bekas tindik anggota tubuh lainnya selain di indera pendengaran kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  11. Pelamar merupakan lulusan: a. Dokter Spesialis, Dokter Umum, Sarjana/S-1 dan Diploma III/D-III, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2.75 (dua koma tujuh lima). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Baral IPK minimal yaitu 2,50 (dua koma lima puluh). b. SLTA Sederajat dengan nilai minimal pada ljazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 hingga 4 atau B dan diutamakan mempunyai keterampilan komputer (melampirkan akta komputer). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Baral dengan nilai minimal pada ljazah rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 hingga 4 atau C dan diutamakan mempunyai keterampilan komputer (melampirkan akta komputer).
  12. Usia pada tanggal 1 Agustus 2017: a. Minimal 18 tahun dan Maksimal 33 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Dokter Spesialis, Dokter Umum Sarjana I S-1 b. Minimal 18 tahun dan Maksimal 30 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Diploma III / D-III c. Minimal 18 tahun dan Maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 dan untuk SLTA.
  13. Tinggi tubuh untuk pelamar jabatan Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian a. Pria minimal 165 cm b. Wanita minimal 158 cm.
  14. Tinggi tubuh untuk pelamar jabatan penjaga tahanan a. Pria minimal 160 cm b. Wanita minimal 155 cm.
  15. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan DiplomaIII / D-III  dan SLTA Sederajat yang mendaftar pada Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai dengan KTP dan ingin mendaftar paca wilayah domisilinya, wajib menciptakan surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang membuktikan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 (satu) tahun pada wilayah tersebut.

TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pela mar dengan Kualifikasi Pendidikan Do kier Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana/S-1:

a. Dokumen persyaratan terdiri dari :
1) Surat usang ran ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik mengunakan Komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran sanggup diunduh dilaman https://sscn.bkn.go.id

2) Kartu Tanda Penduduk (KTP) orisinil atau Surat keterangan telah melaksanakan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catalan Sipil (Dukcapil).

3) Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus menciptakan surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdornisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.

4) ljazah dan Transkrip Nilai ljazah asli.

5) Surat Pernyataan harus diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam ( format surat pernyataan sanggup diunduh dilaman : https://sscn.bkn.go.id)

6) Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lernbar)

b. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dengan memakai Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) I Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

c. Batas waktu registrasi dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d. 31 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).

d. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi manajemen sanggup mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 6 September 2017 s.d. 9 September 2017. 

2. Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Diploma III / D-III  dan SLTA/Sederajat:

a. Dokumen persyaratan terdiri dari :

1) Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam yang (format surat lamaran sanggup diunduh dilaman: https://sscn.bkn.go.id).

2) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melaksanakan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catalan Sipil (Dukcapil).

3) Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alarnat KTP, yang bersangkutan harus menciptakan surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.

4) Fotokopi ljazah I STTB dan Daftar Nilai pada ljazah I STTB.

5) Fotokopi ljazah SD, ijazah SL TP dan ljazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Baral atau Asli Surat keterangan dari kelurahan I kepala desa yang membuktikan bahwa pelamar orisinil dari Papua menurut garis keturunan orang bau tanah (bapak) orisinil dari Papua Khusus untuk pelamar jabatan penjaga tahanan can kriteria pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Baral.

6) Surat Pernyataan harus diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani olen pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan sanggup diunduh dilaman : https://sscn.bkn.go.id ).

7) Pas photo terbaru bertatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.

8) Lembar bukti registrasi yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id.

b. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman: https://sscn.bkn.go.id dengan memakai memakai Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) I Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

c. Pendaftaran online dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d. 26 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).

d. Setelah mendapat kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO. BOX dari masing-masing Kantor Wilayah yang dituju (daftar alamat PO. BOX terlampir).

e. Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO. BOX paling lambat diterima pada tanggal 31 Agustus 2017 pukul 16.00 waktu setempat.

TAHAPAN SELEKSI

1. Tahapan Seleksi Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana I S-1.
a. Seleksi Administrasi
b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memakai Computer Assisted Test (CAT)
c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :
  • Substansi Jabatan memakai Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%.
  • Wawancara dengan bobot 50%.
d. Khusus pelamar jabatan pengelola Teknologi lnformasi, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :
  • Praktik kerja komputer dengan bobot 50%.
  • Wawancara dengan bobot 50%. 

2. Tahapan Seleksi Diploma III/ D-III
a. Seleksi Administrasi terdiri dari :
  • Verifikasi dokumen lamaran yang diterima melalui PO. BOX
  • Verifikasi dokumen orisinil dan Pengukuran tinggi badan
b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memakai Computer Assisted Test (CAT)
c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :
  • Substansi Jabatan memakai Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%.
  • Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%.
3. Tahapan Se\eksi SLTA I Sederajat
a. Seleksi Administrasi terdiri dari :
  • Verifikasi dokumen lamaran yang diterima melalui PO. BOX
  • Verifikasi dokumen orisinil dan Pengukuran tinggi badan
b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memakai Computer Assisted Test (CAT)
c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :
  • Kesamaptaan dengan bobot 50%.
  • Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%.

SISTEM KELULUSAN
1. Kelulusan seleksi manajemen :

a. Kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana I S-1 didasarkan pada hasil Verifikasi dokumen yang tetah diunggah dan kelulusan seleksi manajemen akan diumumkan oleh panitia pada laman http://cpns.kemenkumham2017.go.id. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi manajemen wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscn.bkn.go.id.

b. Kualifikasi pendidikan Diploma III D-III dan SLTA/Sederajat didasarkan pada:
Hasil verifikasi dokumen yang telah diterima melalui PO. BOX, hasil verifikasi tersebut akan diumumkan oleh panitia pada laman http://cpns.kemenkumham2017.go.id.

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi dokumen melalui PO BOX wajib melaksanakan verifikasi dokumen orisinil dan pengukuran tinggi badan.

Hanya pelamar yang lulus verifikasi dokumen orisinil dan pengukuran tinggi tubuh yang mendapat kartu peserta ujian dan sanggup mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

2. Kelu\usan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

3. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yaitu peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi gugusan yang diharapkan pada jabatan dalam satu wilayah.

4. Dengan pertimbangan peluang kelulusan, terhadap peserta yang mendaftar pada jabatan Penjaga Tahanan (nomor 1) dan Pernenksa Keimigrasian Terampil (nomor 4) yang telah lulus SKD di satu wilayah diberikan kesempatan untuk berpindah ke wilayah lain yang kuota formasinya belum terpenuhi, kecuali untuk wilayah Papua dan Papua Baral. Perpindahan tersebut dilakukan dengan cara melaksanakan registrasi secara online pada laman http://cpns.kemenkumham2017.go.id dengan konsekuensi mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) dan penempalan lugas pada wilayah lersebul. Jumlah peserta yang dimungkinkan melaksanakan pindah lokasi mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak melebihi 20% dari kuota gugusan yang ada di wilayah tersebut. 

5. Kelulusan Akhir ditentukan menurut hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

LAIN-LAIN
  1. Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website pada tanggal 11 Juli 2017.
  2. Tempat Pelaksanaan tahapan seleksi: Untuk kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana/S1 dilaksanakan di Jakarta, Untuk kualifikasi pendidikan Diploma III/  D-III dan SLTA/Sederajat dilaksanakan di masing-masing Kantor Wilayah, khusus alokasi gugusan Kalimantan Utara pelaksanaan seleksi dikoordinasikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur.
  3. Terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil gugusan Kalimantan Utara penetapan penempatan kiprah pertama di Kantor Wilayah Kalimantan Timur sepanjang belum beroperasinya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Utara.
  4. Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak bisa mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan daerah yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  5. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia sanggup menggantikan dengan peserta yang mempunyai peringkat terbaik dibawahnya menurut hasil keputusan rapat.
  6. Kelulusan peserta yaitu prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan Kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dihentikan memperlihatkan sesuatu dalam bentuk apapun yang dihentikan dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukurn yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.
  7. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari sesudah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai I tidak benar, Panitia Seleksi sanggup menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  8. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  9. Keputusan Panitia Seleksi tidak sanggup diganggu gugat.
  10. Informasi lebih lanjut sanggup dilihat di http://cpns.kemenkumham2017.go.id
  11. Pelayanan dan klarifikasi info terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Tahun Anggaran 2017 sanggup mengubungi Call Center yang sanggup dihubungi: Telephone (021) 5253004 (ext 310) pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08.30 s.d. 16.00 WIB. Twitter@cpnskumham2017 pada hari Senin s.d. Minggu pukul 08.30 s.d, 16.00 WIB.
  12. Pengaduan Pelaksanaan seleksi CPNS di Nomor 081517290951 (hanya whatsApp dan SMS).

    Download Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:
    20170711 Pengumuman CPNS KEMENKUMHAM 2017 11 Juli 2017.pdf
    Sumber: 
    https://www.menpan.go.id/publikasi/unduh-dokumen/form/file/5456-2-kementerian-hukum-dan-ham

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pengumuman CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Pengumuman Cpns Kementerian Aturan Dan Ham (Kemkumham) Tahun 2017"