Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Kurikulum 2013 Pada Paud

Berikut ini ialah berkas Penerapan Kurikulum 2013 pada PAUD menurut Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Penerapan Kurikulum  Penerapan Kurikulum 2013 pada PAUD
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini:

Karakteristik Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:
  1. mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi: aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahun, dan keterampilan;
  2. menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam santunan rangsangan pendidikan;
  3. menggunakan evaluasi autentik dalam memantau perkembangan anak; dan
  4. memberdayakan tugas orang bau tanah dalam proses pembelajaran.

Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong berkembangnya potensi anak supaya mempunyai kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan usang belajar. 

Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini berisi program- aktivitas pengembangan yang terdiri dari:
  1. Program pengembangan nilai agama dan susila meliputi perwujudan suasana berguru untuk berkembangnya sikap baik yang bersumber dari nilai agama dan susila serta bersumber dari kehidupan bermasyarakat dalam konteks bermain.
  2. Program pengembangan fisik-motorik meliputi perwujudan suasana untuk berkembangnya kematangan kinestetik dalam konteks bermain.
  3. Program pengembangan kognitif meliputi perwujudan suasana untuk berkembangnya kematangan proses berpikir dalam konteks bermain.
  4. Program pengembangan bahasa meliputi perwujudan suasana untuk berkembangnya kematangan bahasa dalam konteks bermain.
  5. Program pengembangan sosial-emosional meliputi perwujudan suasana untuk berkembangnya kepekaan, sikap, dan keterampilan sosial serta kematangan emosi dalam konteks bermain.
  6. Program pengembangan seni meliputi perwujudan suasana untuk berkembangnya eksplorasi, ekspresi, dan apresiasi seni dalam konteks bermain.

Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada final layanan PAUD usia 6 (enam) tahun.

Kompetensi Inti mencakup:
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman berguru yang mengacu pada Kompetensi Inti.

Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak serta tujuan setiap aktivitas pengembangan. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti yaitu:
  1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
  2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  4. Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Lama Belajar
  1. Lama berguru merupakan keseluruhan waktu untuk memperoleh pengalaman berguru yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun. Lama berguru pada PAUD dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.
  2. Kegiatan tatap muka di PAUD dengan usang berguru sebagai berikut. a. kelompok usia lahir hingga 2 (dua) tahun dengan usang berguru paling sedikit 120 menit per minggu; b. kelompok usia 2 (dua) tahun hingga 4 (empat) tahun dengan usang berguru paling sedikit 360 menit per minggu; dan c. kelompok usia 4 (empat) tahun hingga 6 (enam) tahun dengan usang berguru paling sedikit 900 menit per minggu.
  3. Satuan PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak sanggup melaksanakan pembelajaran 900 menit per ahad wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram.

    Download Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD



    Download File:

    Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Penerapan Kurikulum 2013 Pada Paud"