Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Penulisan Soal Sd Mi Terbaru

Berikut ini ialah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru untuk Guru. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.

 Berikut ini ialah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru untuk Guru Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru
Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

Dalam Panduan Penulisan Soal SD MI ini dijelaskan secara lengkap mengenai Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan Soal, Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda, Teknik Penulisan Soal Uraian, Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (higher order thinking skill atau HOTS) lengkap dengan contoh-contoh soal. 

Berikut ini kutipan teks keterangan mengenai Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru ini dari uraian kata pengantar oleh Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D:

Penilaian terhadap hasil berguru penerima didik merupakan salah satu aktivitas rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil berguru dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan penerima didik, memonitor perkembangan berguru penerima didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai penerima didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup dipakai aneka macam bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang secara umum dikuasai dipakai dalam menilai hasil berguru penerima didik.

Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari tanggapan yang disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), penerima didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik alasannya ialah dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, jika tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh alasannya ialah penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh- pola yang diberikan dibutuhkan sanggup menunjukkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil berguru penerima didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya ialah itu bentuk evaluasi lain menyerupai portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.

    Download Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru



    Download File:

    Pedoman Penulisan Soal SD-MI Edisi Tahun 2017.pdf
    Pedoman Penulisan Soal SD-MI Edisi Tahun 2017.docx


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Penulisan Soal SD MI Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Panduan Penulisan Soal Sd Mi Terbaru"