Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Revitalisasi Desa Sopan Santun 2018

Berikut ini yakni berkas Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018. Diterbitkan oleh Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Download file Juknis format PDF dan Lampiran-lampiran dalam format .docx Microsoft Word.

 Berikut ini yakni berkas Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat  Juknis Revitalisasi Desa Adat 2018
Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018

Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018:

Dalam rangka penguatan identitas budaya di masyarakat, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui kegiatan Revitalisasi Desa Adat menawarkan proteksi pemerintah untuk merevitalisasi desa-desa akhlak dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat setempat.

Dalam implementasinya, Bantuan Pemerintah Revitalisasi Desa Adat ini dipakai untuk revitalisasi, pemberdayaan serta peningkatan kualitas desa-desa akhlak dalam rangka pelestarian kebudayaan. Revitalisasi Desa Adat merupakan sebuah kegiatan yang didesain dengan melibatkan tugas serta aktif masyarakat sebagai pemangku kebudayaan setempat. Pemerintah dalam hal ini, memfasilitasi dukungan kebijakan biar desa-desa akhlak sebagai suatu kesatuan hidup setempat sanggup terus melestarikan kebudayaan.

Agar acara ini sanggup dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, diharapkan adanya sebuah petunjuk teknis yang mengatur sasaran, mekanisme, penggunaan, pelaksanaan, penilaian, dan pelaporan proteksi pemerintah revitalisasi desa adat. Petunjuk teknis ini sanggup dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai teladan dalam pelestarian kebudayaan.

Tujuan Pemberian Bantuan Pemerintah Revitalisasi Desa Adat dimaksudkan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas keberadaan desa-desa akhlak dalam rangka pelestarian kebudayaan serta penguatan aksara dan jatidiri bangsa.

Adapun tujuan dari disusunnya petunjuk teknis ini yakni sebagai panduan bagi pelaksanaan pemberian Bantuan Pemerintah Revitalisasi Desa Adat, untuk mengatur tata cara serta prosedur pendistribusian proteksi dan pelaksanaannya sehingga pemanfaatan proteksi sanggup maksimal dan sempurna sasaran.

Tema yang diangkat pada Kegiatan Revitalisasi Desa Adat Tahun 2018 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 perihal Pemajuan Kebudayaan yakni pelestarian: tradisi lisan, akhlak istiadat, pengetahuan tradisional, dan teknologi tradisional.

Revitalisasi Desa Adat merupakan proses atau cara menggiatkan kembali potensi-potensi desa akhlak dalam rangka pelestarian kebudayaan. Desa akhlak yakni kesatuan hidup setempat yang disatukan dalam satu wilayah tertentu yang dihuni oleh sejumlah orang/ keluarga dan mempunyai identitas sosial, berinteraksi menurut nilai, norma serta aturan akhlak yang tertulis maupun tidak tertulis.

Aturan dan norma akhlak tersebut merupakan anutan yang masih dipakai oleh masyarakat di desa akhlak dalam aneka macam kegiatan mereka dalam aneka macam bidang menyerupai keagamaan, sosial, ekonomi, dan sebagainya. Aturan dan norma tersebut ditegakkan oleh perangkat di desa akhlak dengan kepemimpinan akhlak yang masih diakui keberadaannya oleh masyarakat. Desa akhlak dalam hal ini sanggup disebut dengan beberapa istilah lokal setempat menyerupai nagari, kampong, kampung, pekraman, dan sebutan lainnya.

Program Bantuan Pemerintah Revitalisasi Desa Adat merupakan pemberian fasilitasi pemerintah kepada desa akhlak atau yang disebut dengan nama lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keberadaan desa akhlak dalam menggiatkan aktifitas-aktifitas budaya.

Sasaran acara Revitalisasi Desa Adat yakni masyarakat aturan akhlak yang mempunyai kekuatan identitas budaya.

Lampiran-lampiran dalam Juknis Revitalisasi Desa Adat 2018 ini sanggup anda unduh dalam format .docx Microsoft Word untuk siap edit, antara lain:
  • Lampiran 1 : Surat Permohonan Revitalisasi RDA
  • Lampiran 2 : Proposal fasilitasi Revitalisasi Desa Adat
  • Lampiran 3 : Sistematika proposal Revitalisasi Desa Adat
  • Lampiran 4 : Profil Desa Adat
  • Lampiran 5 : NPWP atas nama Desa Adat (dilengkapi dengan fotokopi dokumen)
  • Lampiran 6 : Surat pernyataan sesanggupan melakukan kegiatan
  • Lampiran 7 : Surat pernyataan perihal status kepemilikan lahan dan bangunan adat
  • Lampiran 8 : Surat pernyataan tidak terjadi konflik internal
  • Lampiran 9 : Surat pernyataan tidak terkait dengan partai politik
  • Lampiran 10 : Berita acara pembentukan panitia RDA
  • Lampiran 11 : Berita acara pembayaran
  • Lampiran 12 : Surat Perjanjian Revitalisasi Desa Adat
  • Lampiran 13 : Kuitansi pembayaran RDA
  • Lampiran 14 : Surat permohonan perubahan RAB
  • Lampiran 15 : Contoh format laporan pembukuan
  • Lampiran 16 : Spanduk pemberitahuan penerimaan Revitalisasi Desa Adat
  • Lampiran 17 : Papan nama desa adat
  • Lampiran 18 : Prasasti desa adat
  • Lampiran 19 : Sistematika laporan RDA
  • Lampiran 20 : Laporan penyelesaian pekerjaan
  • Lampiran 21 : Surat pernyataan tanggungjawab belanja
  • Lampiran 22 : Berita acara serah terima

    Download Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018



    Download File:

    Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018.pdf
    Lampiran-Lampiran - Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018.docx


    Sumber: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/petunjuk-teknis-revitalisasi-desa-adat-2018/

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Petunjuk Teknis Revitalisasi Desa Adat 2018. Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Juknis Revitalisasi Desa Sopan Santun 2018"