Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Pinguin Kaisar, Si Pinguin Raksasa Dari Antartika


Penguin merupakan salah satu binatang yang eksotis Fakta Unik Pinguin Kaisar, Si Pinguin Raksasa Dari Antartika
Pinguin Kaisar, Hewan Endemik Antartika
Penguin merupakan salah satu binatang yang eksotis. Burung satu ini memang tak bisa terbang, namun mereka bisa ‘terbang’ dengan cara lain di dalam air. Terlebih mereka dikenal sebagai salah satu perenang yang sangat ulung.
Nah, dari sekian banyak jenis penguin, ada yang disebut dengan nama penguin kaisar. Sesuai dengan namanya, pinguin yang mempunyai nama latin Aptenodytes forsten ini merupakan spesies pinguin paling panjang dan berat di dunia, dengan panjang mencapai 122 cm dan bobot dari 22 sampai 45kg.
Penguin kaisar merupakan spesies penguin endemik yang tinggal di Antartika. Hewan ini juga sempat dimunculkan sebagai nama abjad antagonis di serial komik Batman. Selain itu, binatang ini juga dikenal mempunyai kemampuan penyesuaian secara fisiologis dan melaksanakan kerjasama untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang keras.
Seekor penguin kaisar betina biasanya akan meninggalkan telurnya sampai menetas. Sebagai gantinya, penguin kaisar jantan yang mempunyai ukuran badan lebih besar akan bertugas untuk mengerami telur tersebut. Tak hanya itu, penguin kaisar jantan juga bertugas melindungi telur itu. Menariknya, selama mengerami telur yang berjalan sampai 3 bulan, penguin raja jantan tak akan makan apapun.
Penguin kaisar juga merupakan spesies burung yang bisa bertahan di lingkungan paling dingin, dengan suhu sampai -40 derajat Celcius dan kecepatan angin sampai 144km per jam. Untuk bertahan di lingkungan ekstrem, penguin ini mempunyai lemak setebal 2-3 cm. Penguin kaisar ialah seekor karnivora. Makanan favoritnya antara lain ialah ikan, udang serta cumi-cumi.
Selain itu, penguin kaisar merupakan seorang penyelam yang sangat andal. Mereka bisa berenang sampai 15 km dan menyelam dengan kedalaman 900 kaki selama 18 menit. Bahkan seekor bayi penguin kaisar pun tak pernah diajari orang tuanya untuk menyelam. Mereka mempunyai kemampuan tersebut secara alami.
Sumber: Binatang.net

Posting Komentar untuk "Fakta Unik Pinguin Kaisar, Si Pinguin Raksasa Dari Antartika"