Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Teknik Bodi Otomotif

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Bodi Otomotif Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Bodi Otomotif ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku Teknik Bodi Otomotif yang dirancang untuk siswa Sekolah Menengah kejuruan Program Keahlian Teknik Bodi Otomotif ini disusun sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah kejuruan 2004 yang menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis kompetensi.

Kemajuan teknologi dibidang teknologi otomotif yang diiringi dengan meningkatnya perekonomian masyarakat menjadikan jumlah kendaraan bertambah dengan cepat. Untuk melaksanakan perawatan dan perbaikan kendaraan diharapkan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya. Di masa yang akan datang, tentunya peluang teknisi khususnya di bidang perbaikan bodi otomotif menjadi lebih terbuka dan luas dimasa yang akan datang.

Dengan mempelajari buku ini diharapkan sanggup mewujudkan lulusan Sekolah Menengah kejuruan Program Keahlian Teknik Bodi Otomotif menjadi tenaga kerja yang mandiri, bisa berwirausaha, bisa menyebarkan pelayanan sebagai teknisi bodi otomotif yang ada di dunia perjuangan dan dunia industri, dan bisa melaksanakan pekerjaan sebagai teknisi bodi otomotif yang profesional.

Buku ini terdiri dari pokok bahasan dasar-dasar bodi kendaraan, peralatan yang dipakai dalam perbaikan bodi kendaraan, teknik pengelasan, teknik perbaikan bodi, fiberglass, hingga dengan pengecatan. Dengan menguasai materi dalam buku ini, diharapkan akan membantu siswa menjadi tenaga kerja yang mempunyai kompetensi di bidang bodi kendaraan untuk memasuki dunia kerja, atau sebagai bekal melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat bantu transportasi yang dipakai insan untuk berpindah dari kawasan yang satu ke kawasan lainnya. Awal kala 19-an, kendaraan hanya difungsikan sebagai alat transportasi belaka, tak heran kalau proses pembuatannya belum menjamah aspek estetika dan kenyamanan. Yang penting roda bisa berputar, sehingga pengguna bisa mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat.

Kemajuan jaman dan berkembangnya teknologi otomotif, membuat kehidupan dunia otomotif semakin dinamis. Hal ini terlihat dari kini kendaraan bermotor tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi berkembang menjadi sarana berkreasi dan meraih prestasi, bahkan kendaraan jadinya menjadi simbol status seseorang.

Sekarang, bentuk kendaraan berkembang sangat bervariasi, yaitu kendaraan dengan bodi yang aerodinamis, mempunyai banyak asesoris dan kelengkapan, dan kadang kendaraan sengaja didisain yang mempunyai ciri khas dari pabrik pembuatnya.

Bahan yang dipakai untuk membuat kendaraan beroda empat waktu itu masih berupa kayu, kemudian berganti menjadi besi baja yang mempunyai kekuatan baik, akan tetapi mempunyai kelemahan bobot yang berat. Kemudian bergeser menggunakan materi plat eyser, berkembang menggunakan bodi alumunium, maupun kini tren dengan bodi fiberglass yang mempunyai bobot sangat ringan.

Sejarah Bodi Kendaraan
Sekitar tahun 1896 – 1910, bodi kendaraan masih terbuat dari kayu untuk bab chassis maupun bodinya. Hal ini masih terpengaruh dengan bodi kereta kuda ketika itu. Kayu yang dipakai mempunyai ketebalan sekitar 10 mm. Sambungan antar komponen menggunakan paku yang terbuat dari besi tempa. Untuk bab atap kendaraan, ada yang menggunakan kain biasa, kain kanvas, namun ada juga yang menggunakan kayu dengan tujuan semoga bodi bisa kuat.

Pada tahun 1921, Weymann memperkenalkan konstruksi lantai yang menjadi penopang komponen bodi yang lain, menyerupai dinding kendaraan serta dingklik kendaraan. Lantai sengaja dibuat dari materi yang kuat, sedangkan komponen yang lain bisa dibuat dari komponen yang ringan. Sambungan dinding dengan lantai menggunakan plat baja yang dibaut, dan untuk menghilangkan celah antar sambungan biasanya dipakai kayu. Panel-panel terbuat dari kain, kanvas dan bab luar menggunakan kulit. Akan tetapi materi ini mempunyai umur yang pendek. 

Setelah undangan kendaraan semakin meningkat, maka diharapkan suatu proses pembuatan bodi yang cepat dan sanggup diproduksi massal. Perkembangan teknologi logam ketika itu ikut mempercepat perkembangan teknologi bodi kendaraan, dimana besi bisa diolah dan dibuat dengan menggunakan mesin press.

Baru pada tahun 1927 (lihat gambar 1.3) secara keseluruhan bodi kendaraan terbuat dari logam, dimana bodi kendaraan yang terdiri dari banyak sekali komponen telah dibuat dari lembaran plat yang dibentuk/ dipress. Dengan perkembangan cara pengolahan logam yang semakin meningkat, maka produksi produksi kendaraan juga sanggup meningkat.

Permintaan kendaraan yang terus meningkat, menjadikan terjadi persaingan antar perusahaan dalam memproduksi kendaraan. Ahli- hebat teknik bodi tiap perusahaan berusaha membuat bodi kendaraan sesuai dengan kebutuhan, ergonomi dan dan mempunyai kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Perkembangan teknologi bodi di bab chassis dari tahun ke tahun juga mengalami kemajuan. Sebagai contoh, roda kendaraan yang semula mempunyai diameter yang tidak sama, roda belakang lebih besar dari pada roda depan, jari-jari terbuat dari materi kayu dan roda dilapis logam baja menjadi roda yang sudah menggunakan karet dan velg logam baik besi ataupun alumunium. Bahkan kini teknologi ban sudah tidak menggunakan ban dalam (tubeless tire) yang lebih kondusif dan gampang penggunaannya.

Atap kendaraan (head lining) yang semula hanya terbuat dari kain, kemudian bergeser terbuat dari vinil maupun plastik yang lebih menarik bentuknya dan gampang dibersihkan. Proses pemasangannya pun relatif gampang dengan menggunakan adhesive (lem).

Kenyamanan penumpang dalam berkendara juga selalu ditingkatkan, contohnya kawasan duduk yang mempunyai pegas dan sanggup diatur posisinya, interior menyerupai door trim, panel-panel, dashboard yang terbuat dari materi vinil atau plastik bahkan lantai karpet yang gampang dibersihkan. Sistem kemudi yang dahulu menggunakan tongkat menjelma roda kemudi, tuas pemindah gigi percepatan juga menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan masih banyak kemajuan lainnya.

Sistem kelistrikan juga mulai dikembangkan. Pada awalnya lampu kendaraan menggunakan minyak, kemudian berkembang menggunakan acetylene (karbit) dan kini menggunakan baterai sebagai sumber listrik. Fungsi lampu yang dahulu hanya sebagai alat penerangan di malam hari, ketika ini lampu juga dijadikan sebagai arahan dan rambu-rambu dalam perjuangan meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Lampu-lampu juga menjadi kepentingan asesoris kendaraan untuk meningkatkan tampilan kendaraan.

Perkembangan bodi kendaraan, juga memegang peranan penting dalam hal kemampuan kendaraan. Pertama kali kendaraan mesin uap Cugnot diciptakan, hanya bisa berjalan sekitar 5 km/jam, akan tetapi ketika ini kendaraan sudah bisa berjalan dengan kecepatan diatas 100 km/jam namun tetap nyaman, kondusif dan tidak berisik. Kebanyakan orang mungkin hanya beropini bahwa kecepatan tergantung dari mesinnya, akan tetapi ketika ini orang mulai menyadari bahwa kecepatan kendaraan juga dipengaruhi oleh stabilitas kendaraan serta bentuk dan permukaan bodi kendaraan. Seperti di arena balap, aerodinamika suatu kendaraan sangatlah penting untuk mencapai kecepatan dan kestabilan kendaraaan, demikian halnya dengan kendaraan biasa, kini bodi menjadi salah satu hal yang sangat penting dan selalu dilakukan pengembangan.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Bodi Otomotif



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Bodi Otomotif. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Teknik Bodi Otomotif"