Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Teknik Alat Berat

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Alat Berat Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Alat Berat ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku Teks TEKNIK ALAT BERAT untuk Sekolah Menengah kejuruan ini menguraikan konsep-konsep alat berat secara akurat dan informatif dengan bahasa yang gampang dipahami. Materi yang disajikan dalam buku ini diubahsuaikan dengan pola berpikir siswa dan berkaitan erat dengan dunia kasatmata yang dihadapi siswa. Urutan materi juga diubahsuaikan dengan pengetahuan dan kompetensi yang harus dikuasai yang sudah dirumuskan dalam Standar Kompetensi Nasional Bidang Keahlian Alat Berat dengan urutan pembahasan topik yang dibentuk selogis mungkin dengan tahapan kemampuan kompetensi yang harus dikuasai.

Buku ini juga memberi pengetahuan yang luas sebagaimana tuntutan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dimana KTSP membawa nuansa gres yang lebih kreatif alasannya ialah guru diberi kebebasan untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kondisi lingkungan. Kehadiran buku ini dibutuhkan sanggup memperlihatkan ide bagi terciptanya pembelajaran yang menarik disamping memberi informasi materi yang lengkap perihal alat berat.

Kelebihan yang ditawarkan dari buku ini ialah sistematika penyampaian materinya yang runtut, pembahasan yang tajam dan mendalam dengan bahasa teknik yang tegas dan lugas, juga sarat dengan gambar- gambar penjelas tersaji dengan apik dalam buku ini. Namun buku gres merupakan buku rujukan umum, akan dilengkapi buku-buku yang secara teknis merupakan semacam buku pedoman perbaikan dan perawatan aneka macam alat berat. 

Pemanfaatan energi hidrolik (hydraulic power) atau energi fluida bertekanan (fluid power) menyusul energi-energi yang lebih dulu ada menyerupai energi mekanik, energi listrik, energi elektronik, energi udara bertekanan atau pneumatik, energi kimia/fisika, energi automotive serta energi konvensional lainnya menyerupai air, angin, uap, surya tak pelak lagi mengakibatkan makin luasnya penggunaan aneka macam energi untuk fasilitas manusia. Pemunculan energi gres itu akan memunculkan pula teknologi. Teknologi yang tercipta itu akan memunculkan teknologi yang lebih baru. Dengan demikian perkembangannya menjadi sangat cepat. Termasuk teknologi gres itu ialah penggunaan kombinasi dari aneka macam jenis energi itu menyerupai : hidromekanik (energi hidrolik dengan mekanik), mekatronik (energi mekanik dengan elektronik), elektropneumatik (energi elektrik dengan pneumatik), elektrohidrolik (energi elektrik dengan hidrolik), autotronik (energi automotive dengan elektronik), autoelektronik (energi automotive dengan elektronik, autohidrolik (energi automotive dengan hidrolik) dan sebagainya.


Kita ketahui bersama, diantara banyak cabang-cabang ilmu dan teknologi bidang perpindahan energi yang sudah berkembang, hidrolik merupakan salah satu energi yang memiliki perkembangan pesat. Sistem hidrolik sanggup dikategorikan suatu energi yang kuno namun juga moderen. Pemakaian sudu-sudu air mengawali sejarah hidrolik. Selanjutnya penggunaan energi fluida bertekanan untuk menggerakkan dan mengontrol gerakan-gerakan rumit dan kompleks dalam tiga atau empat dekade ini terbukti paling pesat dan maju perkembangannya.

Perkembangan teknologi hidrolik yang sangat pesat merambah di aneka macam sektor. Tidak ketinggalan pemanfaatan energi hidrolik dalam bidang teknik mesin maupun teknik otomotif. Dalam bidang teknik mesin, penggunaan sistem hidrolik sudah memasuki aneka macam peralatan contohnya mesin pres hidrolik, mesin milling hidrolik, elevating platform (meja pengangkat), rocking lever (tuas pengayun), meja pengangkat untuk mengisi dan mengeluarkan, alat-alat pengangkut dan penyortir, gerakan pada jalur pendingin dan sebagainya pada industri baja merupakan sedikit teladan aplikasi sistem hidrolik. Selain itu masih pada industri baja, jalur ”pemotong besi strip” yang serba otomatik juga memakai sistem hidrolik. Pada mesin perkakas, sistem hidrolik sangat luas digunakan. Ciri yang menonjol dari sistem hidrolik pada dikala ini ialah kepresisian dan energinya yang sangat besar. Bahkan pada peralatan produksi yang dipakai secara luas, hasil optimum sanggup dicapai pada tingkat yang mengagumkan dengan sistem yang telah teruji.

Jika kita memakai telepon, memegang botol larutan pencuci atau kalau kita melihat anak bermain dengan mainan plastik, kita jarang ingat pada permesinan yang memproduksi peralatan rumah tangga itu. Ada beribu-ribu mesin untuk pemrosesan materi plastik, dan mesin-mesin tersebut dilengkapi dengan sistem-sistem perpindahan energi secara hidrolik untuk gerakan plat, untuk pemegang perkakas kerja, dan untuk penyetelan gaya dan kecepatan penutup. Pada alat-alat pengangkat di pelabuhan atau di pabrik-pabrik, perangkat hidrolik melaksanakan gerakan menyisir dan pengangkatan roda gigi atau pada mekanisme-mekanisme perputaran peralatan tersebut. Perangkat hidrolik tidak hanya dipakai pada peralatan menyerupai diatas, namun juga pada peralatan bongkar muat bagasi di airport.

Perlengkapan hidrolik yang spesifik menciptakan mesin-mesin ini menjadi menonjol dalam jenis pengendalian serta sederhana dan ekonomis. Bahkan dalam operasi yang kompleks, kita sanggup meng- gabungkannya dengan sistem energi lain dengan mudah. Dengan kemampuannya untuk sanggup diintegrasikan dengan aneka macam kelompok pengendali energi lain menjadi modul-modul yang standar pada suatu mesin, maka hal ini merupakan Iangkah besar ke arah perkembangan Iebih lanjut pada mesin perkakas pemotong logam di masa mendatang. Sebuah penggambar hidro-mekanik (hydro-mechanical tracing) merupakan teladan perangkat hidrolik presisi pada suatu mesin bubut. Penerapan hidrolik pada mesin-mesin pres sangat luas diterapkan dikala ini. Faktor keamanan untuk insan dan mesin selalu terjamin, juga penggunaan yang sangat bertenaga (powerful) dan kapasitas produksi yang sangat memuaskan. Saat ini juga telah tersedia mesin pengepres untuk mengubah logam kendaraan beroda empat bekas menjadi kumpulan logam yang Iebih kompak. Proses ini dikerjakan secara hidrolik dan melalui 3 tahap : (1) pembebanan dan pemotongan. (2) tekanan vertikal, (3) pengepresan horizontal dan pelontaran kumpulan logam ke conveyor.

Di bidang teknik otomotif, penggunaan energi hidrolik sudah cukup lama. Sejak 1920 penggunaan hidrolik telah banyak dipakai antara lain pada rem kendaraan beroda empat (hydraulic brakes), transmisi otomatik (automatic transmission), sistem pengemudian dengan dukungan hidrolik (power steering), pengaturan tempat duduk (power seats), energi untuk pembuka/penutup beling (power windows), dan pembuka/penutup atap kendaraan beroda empat (automatic convertible tops). Sekarang penggunaan energi fluida ini sangat luas dan umum kita jumpai pada alat/kendaraan berat menyerupai pada forklift, hydraulic crawler cranes, bulldozer, motor grader, shovel, crushers, loader, excavator/backhoe (bego, bigo, begu-Jw), dump truck, compactor, dan lain-lain dalam pekerjaan properti atau teknik sipil.

Suatu agenda rasionalisasi bagi penghematan ongkos dengan memakai perangkat hidrolik telah membawa banyak perubahan penting dan beberapa penyempurnaan di bidang desain dan pengepasan kapal baik diatas maupun di bawah dek. Dengan pengemudian dan tolakan buritan yang sanggup diatur secara hidrolik sanggup menjamin manuver kapal-kapal samudra berukuran raksasa di pelabuhan. Pengosongan muatan pada kapal tangker dikendalikan pula secara hidrolik melalui saluran pipa yang rumit pada kapal-kapal tersebut. Contoh lain ialah pengoperasian jaring-jaring pada kapal nelayan. Pekerjaan berat ini sanggup dipermudah dan dilakukan dengan singkat kalau dipakai derek-derek hidrolik.

Pada bidang lain contohnya sistem proteksi pantai dan terusan yang sangat penting dan menyangkut pekerjaan besar, sanggup dilakukan secara hemat dengan pengendalian hidrolik dan sistem pengaturannya. Guna melawan gaya-gaya alam yang sangat kuat, dibutuhkan silinder hidrolik besar yang sanggup bergerak dan bertindak sebagai pelindung terhadap ancaman banjir pasang, sehingga penduduk sekitar tempat itu sanggup hidup dengan aman. Dengan memakai perangkat hidrolik kanal-kanal di Eropa bisa meningkatkan daya angkut barang dengan memasang perangkat hidrolik pada gerbang kunci (lock gate) yang berderet, sehingga pengangkutan barang menjadi cepat dan aman, baik ke hulu maupun ke hilir.

Contoh yang mengagumkan dari terusan dengan permukaan yang sanggup naik turun (shift lifting channel) telah diterapkan di terusan Elbe (Swedia), beda tinggi yang sanggup dicapai ialah 36 meter. Dalam terusan ini perangkat hidrolik dipergunakan untuk mengoperasikan aneka macam dinding penutup, plat pengangkat dan penyangga. Sistem yang sama, dipakai pada sistem buka dan tutup jembatan gantung dan gerbang kunci (lock gate) di aneka macam kota di dunia.

Peralatan hidrolik dipakai pada alat-alat pengangkat dan pengangkut pada mesin yang beroperasi di pertambangan, juga bor minyak pada anjungan-anjungan yang beroperasi di Laut Utara. Traktor dan mesin-mesin pertanian yang dihubungkan dengan perangkat hidrolik, memainkan peranan penting dalam industri pertanian. Sistem pengendalian yang rumit dari antena satelait bumi (missal satelit Palapa), yang sanggup mengirim sinyal antar benua dan memerlukan tingkat kepresisisian yang tinggi dikala digerakkan, diatur dan dikendalikan dengan hidrolik yang terjamin akan keamanaan dan fungsinya. Uraian diatas memperlihatkan aplikasi sistem hidrolik dipakai sangat luas. 

Tidak ketinggalan pada aplikasi sistem hidrolik yang dipakai pada kendaraan alat berat (heavy machinery). Alat berat merupakan kombinasi pemanfaatan energi otomotif (penggerak mula berupa motor pencetus mula bensin maupun diesel) dengan energi hidrolik. Aplikasi korelasi antara sumber pencetus (mesin bensin/diesel) dan tenaga hidrolik yang dikeluarkan yang harus sedekat mungkin dan memiliki kerugian yang minimum dengan mobilitas yang tinggi, menimbulkan kendaraan alat berat merupakan tanggapan akan kebutuhan peralatan yang bisa bekerja dengan tenaga yang besar dan mobilitas tinggi.

Pada mesin/alat berat konstruksi mutakhir, perpindahan energi hidrolik berhasil memecahkan duduk perkara mekanik tersebut dengan cara yang lebih sederhana dan efektif. Karena pemindahan energi fluida sanggup dilakukan dengan selang fleksibel ke aktuator guna menggerakkan bagian-bagiannya. Kita sanggup menemukan sistem aliran tenaga pribadi pada excavator (mesin penggali tanah). Perangkat hidrolik memiliki banyak keunggulan pada variasi yang tidak terbatas dari traksi dan kecepatan, yang sanggup diterapkan pada transmisi hidrolik mesin konstruksi. Macam mesin dan variasi kegunaan dikala ini sangat luar biasa banyaknya.

Pertanyaan yang sering kita jumpai “Apakah hidrolik itu ?”, “Apakah alat berat itu ?”, “Bagaimana aplikasi hidrolik pada kendaraan alat berat ?”, “Bagaimana sistem dan konstruksi alat berat, sehingga demikian besar energi yang sanggup dihasilkan?” Semua pertanyaan ini akan terjawab dengan membaca buku ini. Buku Teknik Alat Berat ini ditulis menurut kebutuhan akan pengetahuan teori dasar, dasar kejuruan dari hidrolik dan alat berat serta kompetensi praktik dasar perihal komponen, sistem kerja, pengoperasian, perawatan pada alat berat yang pada mulanya diubahsuaikan dengan kompetensi yang harus dikuasai para lulusan agenda keahlian mekanik alat berat di SMK. Namun tidak tertutup kemungkinan sanggup dijadikan sebagai rujukan bagi aneka macam kalangan menyerupai mahasiswa, guru, teknisi, instruktur, operator, para praktisi lain yang berkecimpung dalam bidang teknik alat berat. Ditulis dalam bahasa teknis yang gampang dipahami dari A-Z perihal alat berat dengan dilengkapi gambar-gambar sebagai tambahan uraian yang cukup panjang.

Buku teks Sekolah Menengah kejuruan perihal Teknik Alat Berat ini disusun dengan mempertimbangkan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh lulusan Sekolah Menengah kejuruan agenda keahlian mekanik alat berat baik secara teoritis maupun praktis. Untuk memenuhi keluasan yang demikian maka isi dalam seluruh buku dalam 9 serpihan ini mempertimbangkan pengetahuan teori yang mendasari teknik alat berat antara lain dimulai dari fisika (besaran, satuan, konversi, ketelitian, pengukuran, alat ukur dan lain-lain), mekanika fluida (tekanan, hidrostatika, hidrodinamika, huruf fluida, fluida hidrolik, sistem hidrolik, dasar-dasar hidrolik dan lain-lain) hingga pengetahuan dan ketrampilan teknis alat berat (engine, penyuplai energi, katup kontrol, aktuator & akumulator, semua sistem yang ada di alat berat, semua jenis alat berat, pengoperasian alat berat, perawatan sistem maupun jenis alat berat, pelepasan & pemasangan dan lain-lain).

Karena ini ialah buku teks pengantar dengan keluasan yang besar, kami telah merancang penyajian materi untuk memungkinkan perkembangan secara sedikit demi sedikit akan pemahaman siswa dalam pengetahuan dan ketrampilan teknik alat berat. Setiap konsep penting ditinjau dalam cara yang sederhana dan gampang dimengerti sebelum hal rumit di bahas. Di keseluruhan buku teks ini secara konstan dipakai satu sistem satuan yaitu Sistem Internasional. Kami yakin bahwa siswa perlu mengetahui dan terbiasa dengan satuan tersebut.

Dalam tiga serpihan pertama, siswa diperkenalkan pada pengetahuan yang mendasari teknik alat berat, yakni perpektif aplikasi hidrolik pada alat berat, pengukuran dalam tanda-tanda fisika, dan prinsip-prinsip dasar hidrolik yang mencakup mekanika fluida dan sistem hidrolik. Bab 1 Pendahuluan memperlihatkan perspektif kepada siswa perihal aplikasi hidrolik pada alat berat yang diuraikan dengan pengertian hidrolik, alat berat, dan citra buku yang dibahas dalam serpihan per bab. Bab 2 Pengukuran memberi pengetahuan pada siswa perihal pengertian pengukuran tanda-tanda fisika, besaran dan satuan (pokok dan turunan), ketelitian, standar alat ukur dan karakteristik umum fluida. Bab 3 Prinsip-prinsip dasar hidrolik membahas perbandingan sistem hidrolik dengan sistem energi yang lain, prinsip sistem hidrolik, bagan dan sistem hidrolik, laba dan kelemahan sistem hidrolik, tekanan hidrolis, hidrostatika, hidrodinamika, fluida hidrolik, sistem hidrolik, perancangan diagram sirkuit, diagram sirkuit penyuplai tenaga, seleksi komponen alat berat, sistem distribusi pada alat berat, sistem reservoir, panas dalam perpindahan fluida, dan medium transmisi dalam hidrolik.

Lima serpihan berikutnya dari serpihan 4 hingga simpulan buku (bab 9) isi buku menyangkut pengetahuan teori dan teknis ketrampilan mudah yang harus di capai dan dikuasai oleh siswa. Bab 4 Komponen Alat Berat sudah membicarakan engine/penggerak mula, penyuplai energi hidrolik, katup- katup kontrol, aktuator dan akumulator, sistem pemindah tenaga hidrolik, sistem kemudi, rem dan roda gigi tirus, frame/kerangka alat berat, drive line, roda dan ban, serta under carriage. Bab 5 membicarakan lebih lanjut sistem dan konstruksi alat berat mencakup citra umum alat berat, struktur dan fungsi, citra cara kerja alat berat dan komponennya pada Gantry Crane, Hydraulic Crawler Crane, Hydraulic Excavator type Backhoe, Hydraulic Excavator type Shovel, Motor Grader, Bulldozer, Bulldozer Logging, Forklift, Dumptruck, Articulated Dumptruck, Truk jenis Rigid, Truk jenis semi trailer, Truk jenis Full Trailer, Wheel Loader, Compactor, dan Genset.

Bab 6 membicarakan sistem kelistrikan pada Alat Berat mencakup dasar-dasar kelistrikan, komponen dasar dan sistem kelistrikan pada alat berat, standar perawatan kelistrikan.

Bab 7 membicarakan pengoperasian Alat Berat yang kondusif mencakup bagaimana : bekerja dengan aman, komunikasi di tempat kerja, perencanaan dan pengorganisasian kerja, pengontrolan bahaya/resiko di tempat kerja, pertolongan pertama pada kecelakaan, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Bab 8 menguraikan Perawatan dan Perbaikan alat berat yang ruang lingkupnya mencakup : Dasar-dasar perawatan dan perbaikan, Perawatan harian (10 jam), mingguan (50 jam), bulanan (250 jam). Juga antara lain dibahas Penggunaan Hand Tools, Penggunaan Power Tools, Penggunaan Measuring Tools, Penggunaan Special Tools, Penggunaan Diagnostic Tools, Penggunaan Workshop Equipment, Penggunaan Jacking & Blocking, Penggunaan Seal & Bearing.

Bab 9 berisi uraian Pelepasan & Pemasangan Komponen Alat Berat : Komponen Alat Berat, Engine , Powertrain, Undercarriage, Sistem Kelistrikan.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Alat Berat



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Alat Berat. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Teknik Alat Berat"