Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Nautika Kapal Penangkap Ikan

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Nautika Kapal Penangkap Ikan Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan
Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan

Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Nautika Kapal Penangkap Ikan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Isi buku ini sengaja disajikan secara mudah dan lengkap sehingga sanggup membantu para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mahasiswa, guru serta para praktisi industri. Adapun pengutamaan dan cakupan bidang yang dibahas dalam buku ini sangat membantu dan berperan sebagai sumbangsih pemikiran dalam mendukung pemecahan permasalahan yang selalu muncul di dalam pelaksanaan operasional kapal penangkapan ikan. Oleh lantaran itu, buku ini disusun secara integratif mencakup ilmu pelayaran dan ilmu kelautan yang saling mendukung sehingga skill yang diharapkan terkait satu dengan lainnya. Secara tuntas, kualitas maupun administrasi proses operasional standar yang berlaku di tingkat internasional termasuk di dalam wilayah pembahasan.

Ilmu Pelayaran ialah suatu ilmu pengetahuan yang mengajarkan cara untuk melayarkan sebuah kapal dari suatu daerah ke daerah lainnya dengan selamat kondusif dan ekonomis.

Disebabkan efek laut, contohnya ombak, arus, angin, maka jarak yang terpendek belum tentu sanggup ditempuh dalam waktu yang tersingkat. Dapat saja terjadi bahwa jarak yang panjang ialah pelayaran yang baik ditempuh dalam waktu yang lebih singkat lantaran dalam pelayarannya menerima arus dari belakang.

Jadi, di dalam memilih pelayaran yang akan ditempuh, kapal haruslah diperhatikan faktor-faktor cuaca, keadaan laut, sifat sifat kapalnya sendiri, dan faktor lainya sehingga diperoleh suatu rencana pelayaran yang paling hemat dan cukup aman.

Secara garis besar ilmu pelayaran sanggup dibagi atas:
  • Ilmu Pelayaran Datar, yaitu Ilmu Pelayaran yang memakai benda benda bumiawi (Pulau, Gunung, Tanjung, Suar, dlsb), sebagai pedoman dalam membawa kapal dari satu daerah ketempat lain,
  • Ilmu Pelayaran Astronomis, Yaitu Ilmu Pelayaran yang memakai benda benda angkasa (Matahari, Bulan, Bintang, dlsb), sebagai pedoman dalam membawa kapal dari satu daerah ketempat lain,
  • Navigasi Electronics, Yaitu Ilmu Navigasi yang menurut atas alat alat elektronik menyerupai radio pencari arah (RDF). RADAR, LORAN, DECCA, dlsb.

      Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan

      Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

      Buku Sekolah Menengah kejuruan Nautika Kapal Penangkap Ikan



      Download File:
      Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

      Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Nautika Kapal Penangkap Ikan. Semoga sanggup bermanfaat.

      Posting Komentar untuk "Buku Smk Nautika Kapal Penangkap Ikan"