Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Alat Ukur Dan Teknik Pengukuran

Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran
Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Alat Ukur dan Teknik Pengukuran ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini disusun dari tingkat pemahaman dasar besaran listrik, jenis-jenis alat ukur sederhana hingga aplikasi lanjut yang merupakan adonan antar disiplin ilmu. Untuk alat ukur yang wajib dan banyak dipakai oleh orang yang berkecimpung maupun yang memiliki ketertarikan bidang elektronik di bahas secara detail, dari pengertian, cara kerja alat, langkah keamanan penggunaan, cara menggunakan, perawatan dan perbaikan sederhana. Sedangkan untuk aplikasi lanjut pembahasan dititik beratkan bagaimana memaknai hasil pengukuran.

Alat ukur listrik merupakan peralatan yang diharapkan oleh manusia. Karena besaran listrik seperti: tegangan, arus, daya, frekuensi dan sebagainya tidak sanggup secara eksklusif ditanggapi oleh panca indera. Untuk mengukur besaran listrik tersebut, diharapkan alat pengubah. Atau besaran ditransformasikan ke dalam besaran mekanis yang berupa gerak dengan memakai alat ukur. Perlu disadari bahwa untuk sanggup memakai banyak sekali macam alat ukur listrik perlu pemahanan pengetahuan yang memadai perihal konsep-konsep teoritisnya. Dalam mempelajari pengukuran dikenal beberapa istilah, antara lain:
  • Instrumen: yaitu alat ukur untuk memilih nilai atau besaran suatu kuantitas atau variabel.
  • Ketelitian: harga terdekat dengan instrumen mendekati harga bahwasanya yang diukur.
  • Ketepatan: suatu ukuran kemampuan untuk hasil pengukuran serupa.
  • Sensitivitas: perbandingan antara sinyal keluaran atau instrumen terhadap perubahan masukan atau yang diukur.
  • Resolusi: perubahan terkecil dalam nilai yang diukur yang mana instrumen akan memberi respon atau tanggapan.
  • Kesalahan: penyimpangan variabel yang diukur dari harga yang sebenarnya.
Alat ukur listrik dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Alat ukur standar/absolut: Alat ukur adikara maksudnya yaitu alat ukur yang mengatakan besaran dari komponen listrik yang diukur dengan batas-batas pada konstanta dan penyimpangan pada alat itu sendiri. Ini mengatakan bahwa alat tersebut tidak perlu dikalibrasi atau dibandingkan dengan alat ukur lainnya lebih dahulu. Contoh dari alat ukur ini yaitu galvanometer.
  2. Alat ukur sekunder: alat ukur sekunder maksudnya yaitu semua alat ukur yang mengatakan harga besaran listrik yang diukur dan sanggup ditentukan hanya dari simpangan alat ukur tersebut. Sebelumnya alat ukur sudah dikalibrasi dengan membandingkan pada alat ukur standar/absolut. Contoh dari alat ukur ini yaitu alat ukur listrik yang sering dipergunakan sehari-hari.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Usaha Jasa Pariwisata ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Alat Ukur dan Teknik Pengukuran



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Alat Ukur Dan Teknik Pengukuran"