Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Perakitan Komputer Smk Mak Kelas X Semester 1 Dan 2

Berikut ini yakni berkas Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 - Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

 Berikut ini yakni berkas Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester  Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2
Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2

Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 - Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi:

Buku teks pelajaran ini untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian dan Rekayasa Teknik Elektronika.

Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma mencar ilmu kurikulum era 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada akseptor didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara mencar ilmu akseptor didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.

Buku teks ″Perakitan Komputer″ ini disusun menurut tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan menurut pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mencar ilmu kurikulum era 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Perakitan Komputer ″ ini disusun dengan tujuan semoga supaya akseptor didik sanggup melaksanakan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui banyak sekali kegiatan proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melaksanakan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian akseptor didik diarahkan untuk menemukan sendiri banyak sekali fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai gres secara mandiri.

Peta Kedudukan Bahan Ajar
Peta kedudukan materi latih merupakan suatu diagram yang menjelaskan struktur mata pelajaran dan keterkaitan antar mata pelajaran dalam satu kelompok bidang studi keakhlian. Kelompok C1 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar bidang studi keahlian. C2 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar jadwal keahlian dan C3merupakan kelompok mata pelajaran wajib paket keahlian.

Diskripsi
Perakitan komputer yakni salah satu mata pelajaran wajib dasar jadwal keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran perakitan komputer disampaikan di kelas X semester 1 dan semester dua masing-masing 4 jam pelajaran. Untuk semester 1 topik materi pembelajaran menekankan pada pengenalan komponen – komponen yang ada pada komputer dan proses perakitan komputer. Sedangkan untuk semester 2 topik materi pembelajaran menekankan pada pengujian hasil perakitan dengan melaksanakan instalasi sistem operasi, instalasi periferal dan jadwal aplikasi.

Pembelajaran perakitan komputer ini memakai metode pendekatan scientifik. Dalam pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan hukum khusus, dimana tujuan utamanya yakni untuk menunjukkan bekal ketrampilan yang besar lengan berkuasa dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati. Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaan- pertanyaan yang tidak bisa terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya sanggup menunjukkan tanggapan melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan scientifik mencakup beberapa tahapan yaitu: mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan atau eksperimen, mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses mencar ilmu pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

Prasyarat
Berdasarkan peta kedudukan materi ajar, mata pelajaran sistem operasi ini mempunyai keterkaitan dengan mata pelajaran sistem komputer dan sistem operasi.Perakitan komputer merupakan tahapan untuk menyiapkan bagaimana seperangkat sistem komputer sanggup berjalan dengan baik. Untuk memahami proses perakitan komputer yang benar, dibutuhkan pemahaman terhadap perangkat keras komputer baik secara logical dan physical, dimana topik ini telah diuraikan dalam mata pelajaran sistem komputer. Sementara itu untuk sanggup mengoperasikan perangkat lunak yang akan mengelola pemakaian sumber daya komputer telah diuraikan dalam mata pelajaran sistem operasi.

Petunjuk Penggunaan
Buku pedoman siswa ini disusun menurut kurikulum 2013 yang mempunyai ciri khas penggunaan metode scientifik. Buku ini terdiri dari dua serpihan yaitu serpihan 1 pendahuluan dan serpihan 2 pembelajaran. Dalam serpihan pendahuluan beberapa yang harus dipelajari akseptor didik yakni diskripsi mata pelajaran yang berisi informasi umum, rasionalisasi dan penggunaan metode scientifik. Selanjutnya pengetahuan wacana persyaratan, tujuan yang diharapkan, kompetensi inti dan dasar yang akan dicapai serta test kemampuan awal.

Bab 2 menuntun akseptor didik untuk memahami diskripsi umum wacana topik yang akan dipelajari dan rincian kegiatan mencar ilmu sesuai dengan kompetensi dan tujuan yang akan dicapai. Setiap kegiatan mencar ilmu terdiri dari tujuan dan uraian materi topik pembelajaran, kiprah serta test formatif. Uraian pembelajaran berisi wacana diskripsi pemahaman topik materi untuk memenuhi kompetensi pengetahuan. Uraian pembelajaran juga menjelaskan diskripsi unjuk kerja atau langkah-langkah logis untuk memenuhi kompetensi skill.

Tugas yang harus dikerjakan oleh akseptor didik sanggup berupa kiprah praktek, eksperimen atau pendalaman materi pembelajaran. Setiap kiprah yang dilakukan melalui beberapa tahapan scientifik yaitu : 1) melaksanakan pengamatan setiap tahapan unjuk kerja 2) melaksanakan praktek sesuai dengan unjuk kerja 3) mengumpulkan data yang dihasilkan setiap tahapan 4) menganalisa hasil data memakai analisa diskriptif 5) mengasosiasikan beberapa pengetahuan dalam uraian materi pembelajaran untuk membentuk suatu kesimpulan 5) mengkomunikasikan hasil dengan membuat laporan portofolio. Laporan tersebut merupakan tagihan yang akan dijadikan sebagai salah satu tumpuan penilaaian.

Tujuan Akhir
Setelah mempelajari uraian materi dalam serpihan pembelajaran dan kegiatan mencar ilmu dibutuhkan akseptor didik dapatmemiliki kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan materi:
  • Perkembangan teknologi komputer.
  • Komponen perangkat input dan output.
  • Perangkat proses dan media penyimpan.
  • Tata letak komponen komputer.
  • Casing komputer.
  • Peralatan dan materi perakitan.
  • Tempat dan keselamatan kerja.
  • Prosedur bongkar pasang komputer.
  • Konfigurasi BIOS.

Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar
1. Kompetensi Inti 1: Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar:
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang membuat banyak sekali sumber energi di alam
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan fatwa agama dalam kehidupan sehari-hari.

2. Kompetensi Inti 2: Menghayati dan Mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menandakan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Kompetensi Dasar:
2.1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3. Kompetensi Inti 3: Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

Kompetensi Dasar:
3.1. Memahami perkembangan teknologi komputer
3.2. Memahami komponen perangkat input dan output
3.3. Memahami komponen perangkat proses dan media penyimpan
3.4. Memahami peta tata letak komponen komputer
3.5. Memahami jenis-jenis casing komputer
3.6. Memahami peralatan dan materi yang dipakai dalam perakitan komputer
3.7. Memahami daerah dan keselamatan kerja
3.8. Memahami mekanisme bongkar pasang komputer
3.9. Memahami konfigurasi BIOS
4. Kompetensi Inti 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melaksanakan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar:
4.1. Menyajikan data hasil pengamatan terhadap perkembangan teknologi komputer
4.2. Menyajikan data hasil pengamatan terhadap banyak sekali komponen perangkat input dan output
4.3. Menyajikan data hasil pengamatan terhadap banyak sekali komponen perangkat proses dan media penyimpan
4.4. Melakukan pembuatan peta tata letak komponen komputer.
4.5. Menyajikan hasil pembagian terstruktur mengenai casing komputer
4.6. Menyajikan hasil pembagian terstruktur mengenai peralatan dan materi yang dipakai dalam perakitan komputer
4.7. Menyajikan hasil kebutuhan daerah dan keselamatan kerja
4.8. Menyajikan hasil bongkar pasang komputer
4.9. Menyajikan hasil konfigurasi BIOS

Cek Kemampuan Awal
  1. Sebutkan perkembangan komputer sebelum tahun 1940?
  2. Jelaskan perangkat input dan output?
  3. Jelaskan perangkat proses?
  4. Jelaskan komponen-komponen yang ada pada motherboard?
  5. Jelaskan fungsi peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan perakitan komputer?

    Download Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 - Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X



    Download File:

    Buku SMK/MAK Perakitan Komputer X-1.pdf
    Buku SMK/MAK Perakitan Komputer X-2.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Perakitan Komputer Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas X Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 - Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Perakitan Komputer Smk Mak Kelas X Semester 1 Dan 2"